9 Penyebab Penyakit Asam Urat, Hati-hati Bisa Menyerang Siapa Saja

Oleh Woro Anjar Verianty pada 29 Sep 2022, 12:10 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 12:10 WIB
Meredakan Asam Urat
Perbesar
Ilustrasi Asam Urat Credit: unsplash.com/Imani

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit asam urat didasari oleh beberapa faktor resiko, dengan penyebab utama adalah karena makanan yang dikonsumsi. Penyakit asam urat sendiri adalah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri tidak tertahankan, pembengkakan, serta rasa panas di area persendian.

Penyakit asam urat dapat dialami oleh siapa saja baik tua, muda, pria maupun wanita. Penyebab penyakit asam urat yang utama adalah karena adanya tumbukan zat putin dalam tubuh yang mana ginjal tidak mampu untuk mengeluarkannya, hingga akhirnya menyebabkan asam urat.

Penyebab penyakit asam urat ini dapat dipicu oleh konsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin seperti makanan laut, daging binatang berkaki empat dan makanan kaya protein serta lemak. Selain makanan terdapat beberapa faktor lain yang menjadi penyebab penyakit asam urat dapat menyerang seseorang.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang penyebab penyakit asam urat, gejala yang dialami, cara mengobati dan cara mencegahnya, Kamis (29/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penyakit Asam Urat

Nyeri Sendi pada Lutut Belum Tentu Asam Urat!
Perbesar
Nyeri Sendi pada Lutut Belum Tentu Asam Urat!

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan. Ketika tubuh anda memiliki asam urat ekstra, kristal tajam dapat terbentuk di jempol kaki atau persendian lainnya, menyebabkan episode pembengkakan dan nyeri yang disebut serangan asam urat. Asam urat dapat diobati dengan obat-obatan dan perubahan pola makan serta gaya hidup.

Dokter menempatkan asam urat kedalam golongan arthritis atau berbagai penyakit sendi dan nyeri sendi. Beberapa bentuk radang sendi mengobarkan sendi, sementara yang lain tidak. Asam urat adalah bentuk umum dari radang sendi. Itu karena kristal yang disebut asam urat.

Asam urat menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada satu atau lebih sendi. Ini biasanya mempengaruhi jempol kaki. Tapi itu juga ditemukan di sendi lain, termasuk lutut, pergelangan kaki, kaki, tangan, pergelangan tangan dan siku.


Penyebab Penyakit Asam Urat

Mengalami Cedera Tangan hingga Asam Urat
Perbesar
Ilustrasi Cedera Tangan Credit: pexels.com/Kindel

Tubuh manusia membuat asam urat selama pemecahan bahan kimia yang disebut purin yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu. Produk sampingan normal ini melewati ginjal dan keluar dari tubuh saat anda buang air kecil.

Terkadang tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Atau ginjal tidak dapat menanganinya dengan baik. Ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi, atau hiperurisemia, kristal asam urat dapat terkonsentrasi di persendian. Kristal tajam seperti jarum menyebabkan asam urat.

Asam urat bisa menyerang siapa saja. Biasanya terjadi lebih awal pada pria daripada wanita. Biasanya terjadi setelah menopause pada wanita. Pria bisa tiga kali lebih mungkin terkena daripada wanita karena mereka memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi hampir sepanjang hidup mereka.

Namun terdapat beberapa faktor yang dapat memicu seseorang menderita penyakit asam urat. Diantaranya adalah:

1. Obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Gagal jantung kongestif.

3. Diabetes.

4. Memiliki riwayat asam urat dalam keluarga.

5. Hipertensi (tekanan darah tinggi).

6. Penyakit ginjal.

7. Mengkonsumsi makanan tinggi protein hewani.

8. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang signifikan.

9. Sedang minum diuretik.


Gejala Penyakit Asam Urat

Penyebab Asam Urat
Perbesar
Ilustrasi Asam Urat Credit: pexels.com/Matthias

Episode asam urat disebut serangan asam urat. Serangan asam urat sangat menyakitkan dan bisa terjadi secara tiba-tiba, seringkali dalam semalam. Selama serangan asam urat, gejala pada sendi yang terkena mungkin termasuk:

1. Nyeri sendi yang intens. Asam urat biasanya mempengaruhi jempol kaki, tetapi dapat terjadi pada sendi manapun. Sendi lain yang sering terkena termasuk pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakit kemungkinan akan paling parah dalam empat sampai 12 jam pertama setelah dimulai.

2. Ketidaknyamanan yang berkepanjangan. Setelah rasa sakit yang paling parah mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan selanjutnya cenderung bertahan lebih lama dan mempengaruhi lebih banyak persendian.

3. Peradangan dan kemerahan. Sendi atau persendian yang terkena menjadi bengkak, nyeri tekan, hangat dan merah.

4. Rentang gerak terbatas. Saat asam urat berlanjut, Anda mungkin tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.


Cara Mengobati Penyakit Asam Urat

Mengobati dengan Herbal
Perbesar
Ilustrasi Anak Demam Credit: pexels.com/Felix

Penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengobati asam urat. Beberapa obat yang membantu mengendalikan gejala antara lain:

- NSAID dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Beberapa orang dengan penyakit ginjal, sakit maag dan masalah kesehatan lainnya tidak dapat menggunakan NSAID.

- Colchicine dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit jika anda meminumnya dalam waktu 24 jam setelah serangan asam urat. Itu diberikan melalui mulut.

- Kortikosteroid dapat meredakan nyeri dan pembengkakan. Anda mengambil steroid melalui mulut atau dengan suntikan.


Cara Mencegah Penyakit Asam Urat

Gejala asam urat
Perbesar
Ilustrasi Gejala asam urat (Sumber: Pixabay)

Anda dapat membuat perubahan gaya hidup tertentu untuk membantu mencegah asam urat, diantaranya adalah:

1. Minum banyak air untuk membantu ginjal anda berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi.

2. Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Berat badan ekstra meningkatkan asam urat dalam tubuh anda dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian.

3. Lakukan yang terbaik untuk membatasi purin dalam tubuh anda, karena bahan kimia ini dapat memicu penumpukan asam urat. Makanan dan minuman yang mengandung kadar purin tinggi antara lain Alkohol, Daging merah dan jeroan, Kerang, Saus, Minuman dan makanan tinggi fruktosa.


Komplikasi Penyakit Asam Urat

Seputar Penyakit Asam Urat
Perbesar
Ilustrasi Penyakit Asam Urat Pada Kaki Credit: unsplash.com/Kris

Orang dengan asam urat dapat mengembangkan kondisi yang lebih parah, seperti:

- Asam urat berulang. Beberapa orang mungkin tidak pernah mengalami tanda dan gejala asam urat lagi. Orang lain mungkin mengalami asam urat beberapa kali setiap tahun. Obat-obatan dapat membantu mencegah serangan asam urat pada orang dengan asam urat berulang. Jika tidak diobati, asam urat dapat menyebabkan erosi dan kerusakan sendi.

- Asam urat tingkat lanjut. Asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan endapan kristal urat terbentuk di bawah kulit dalam nodul yang disebut tophi (TOE-fie). Tophi dapat berkembang di beberapa area, seperti jari, tangan, kaki, siku, atau tendon Achilles di sepanjang bagian belakang pergelangan kaki. Tophi biasanya tidak menyakitkan, tetapi bisa menjadi bengkak dan lunak selama serangan asam urat.

- Batu ginjal. Kristal urat dapat terkumpul di saluran kemih penderita asam urat, menyebabkan batu ginjal. Obat-obatan dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya