14 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami, Aman, Mudah dan Murah

Oleh Woro Anjar Verianty pada 29 Sep 2022, 10:40 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 10:40 WIB
Cara Membedakan Kulit Glowing dan Kulit Berminyak dari Dermatolog
Perbesar
Ilustrasi kulit sehat dan glowing. (Sumber foto: Pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan kulit wajah tidak hanya dengan menggunakan krim pemutih wajah, namun juga dapat dilakukan dengan menggunakan beragam bahan alami yang aman untuk segala jenis kulit. Kulit gelap, kusam dan berpigmen dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi, pilihan gaya hidup yang buruk, kondisi medis, atau bahkan stres.

Memiliki kulit cerah dan mulus adalah impian banyak orang, hal ini membuat banyak produk kosmetik berbahan kimia beredar di pasaran, sayangnya penggunaan produk kosmetik dalam waktu lama dapat merusak kulit. Oleh karena itu cara memutihkan kulit wajah secara alami menjadi salah satu pilihan terbaik.

Cara memutihkan kulit wajah secara alami tidak hanya aman, namun juga bisa diterapkan untuk semua jenis kulit. Cara ini juga akan memberikan hasil ekstra dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan kulit, dan membuat kulit lebih sehat daripada sebelumnya.

Untuk referensi, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara memutihkan kulit wajah secara alami yang bisa dicoba langsung di rumah, Kamis (29/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Memiliki Jam Tidur yang Cukup
Perbesar
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/Ketut

1. Tidur yang cukup

Cara memutihkan kulit wajah yang pertama adalah memenuhi kebutuhan tidur. Kedengarannya aneh? Tetapi memang benar bahwa kurang tidur dapat mengacaukan kulit dan wajah anda karena tubuh membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur. Anda perlu memberikan waktu yang cukup bagi tubuh anda untuk beristirahat.

Saat anda tidur, tubuh anda meningkatkan aliran darah ke kulit yang berarti anda bangun dengan kulit yang sehat. Namun jika anda kurang tidur, kulit anda bisa terlihat kusam dan tidak bernyawa, belum lagi munculnya lingkaran hitam pada area sekitar mata.

 

2. Minum air putih yang cukup

Anda harus minum air dalam jumlah yang cukup untuk kulit yang terhidrasi dan bercahaya. Anda harus minum setidaknya dua liter air dalam sehari untuk menjaga tubuh anda terhidrasi. Minum banyak air akan memperbaiki tekstur dan penampilan kulit anda dengan membuang racun.

 

3. Pakai tabir surya bahkan saat di dalam ruangan

Anda perlu melindungi kulit anda dari radiasi matahari yang berbahaya, ketika anda melangkah keluar dari rumah dan bahkan ketika di dalam ruangan karena sinarnya juga dapat menembus kaca. Oleskan lotion tabir surya atau semprotkan ke seluruh tubuh anda dan bawalah kacamata hitam, topi atau syal untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari dan polusi.


Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Penguapan wajah/dok. stylecraze.com
Perbesar
Penguapan wajah/dok. stylecraze.com

4. Melembabkan kulit

Anda perlu melembabkan kulit anda menggunakan pelembab harian atau minyak wajah dua kali dalam sehari. Melembabkan kulit akan membantu anda menyingkirkan kulit kering dan bersisik dan membuat kulit anda tampak bercahaya. Hidrasi akan memberikan dorongan instan pada warna kulit anda.

 

5. Pijat wajah dengan minyak zaitun dan madu

Untuk mencerahkan warna kulit anda, pijat kulit anda setiap hari dengan minyak zaitun dan madu. Campurkan 2 sdm minyak zaitun dan satu sdt madu dan pijat ke kulit anda selama beberapa menit. Jika anda memiliki kulit berminyak, tambahkan juga beberapa tetes jus lemon. Tunggu beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat. Obat rumahan ini akan memberi anda kulit yang lebih cerah.

 

6. Uap wajah

Metode pembersihan mendalam ini akan membuka pori-pori anda dan membersihkan semua kotoran. Tapi alih-alih menggunakan air biasa, rebus kulit lemon dalam air lalu gunakan airnya untuk menguap wajah anda. Lakukan ini selama beberapa menit dan kemudian keringkan wajah anda dengan handuk basah yang lembut. Vitamin C lemon akan meningkatkan warna kulit anda.


Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

How To: Cara Simpel Mengaplikasikan Air Mawar Ke Wajah Untuk Hasil Kulit yang Lebih Sehat dan Glowing
Perbesar
Ilustrasi air mawar dalam botol. (Sumber foto: Pexels.com).

7. Gunakan air mawar dingin

Air mawar memiliki sifat anti-inflamasi, mengurangi kemerahan pada kulit anda. Menyemprotkan air mawar dingin ke wajah akan membuat kulit anda segar dan juga meningkatkan warna kulit. Hal terbaik tentang menggunakan obat rumahan ini adalah anda dapat menggunakannya kapan saja sepanjang hari.

 

8. Ikuti diet sehat untuk mencerahkan kulit

Dengan memberi kulit Anda mineral dan nutrisi yang dibutuhkan, diet seimbang juga membuatnya tampak muda dan bersemangat. Hindari makanan olahan dan cobalah makan buah dan sayuran segar sebanyak mungkin (terutama yang tinggi vitamin A, C, dan E). Suplemen vitamin yang memiliki sifat antioksidan dan mengandung asam lemak omega-3 sangat bagus untuk rambut, kulit, dan kuku.

 

9. Masker kentang mentah

Karena konsentrasi vitamin C yang tinggi, kentang mentah dianggap memiliki efek pemutihan ringan. Dimana dalam banyak krim kulit OTC, vitamin C digunakan sebagai zat pemutih. Potong kentang mentah menjadi dua. Kemudian gosokkan bagian yang terbuka di atas area kulit yang ingin dicerahkan. Sebelum dibilas, biarkan jus kentang menempel pada kulit selama 15 hingga 20 menit. Untuk melihat hasil positif, Anda harus melakukan prosedur ini beberapa kali setiap minggu.

 

10. Masker lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki kandungan air yang tinggi (sekitar 96%), membuatnya sangat melembabkan kulit. Ini memiliki mineral seperti magnesium, seng, dan selenium yang memperbaiki kerusakan kulit dan melindunginya dari agresor lingkungan, termasuk polusi, sinar matahari yang keras, dan polutan. Selain itu, vitamin dan mineral dalam komponen ini membantu menghentikan sintesis melanin, yang mencerahkan warna kulit wajah.

 


Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Ilustrasi kulit jeruk.
Perbesar
Ilustrasi kulit jeruk. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

11. Masker kulit jeruk

Cara memutihkan kulit wajah yang selanjutnya adalah dengan masker kulit jeruk. Anda bisa mengaplikasikan masker kulit jeruk untuk mendapatkan hasil yang mencerahkan kulit. Giling kulit jeruk segar dengan susu dingin dan oleskan pasta ke wajah dan leher anda. Gunakan masker ini dua kali seminggu untuk kulit yang lebih cerah secara alami.

 

12. Lakukan eksfoliasi kulit dengan masker alami

Anda perlu mengelupas kulit anda untuk menyingkirkan penumpukan kulit mati setiap hari. Gunakan paket pengelupasan kulit buatan sendiri dengan menggabungkan 2 sdt bubuk beras dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Gosokkan campuran ini pada kulit anda untuk menghilangkan cokelat dan memperbaiki warna kulit anda.

 

13. Gunakan toner alami pada kulit dua kali sehari

Untuk membuat toner alami, anda perlu mencampur cuka sari apel dan air mawar dengan perbandingan yang sama. Kemudian rendam kapas dalam larutan dan bersihkan wajah anda dengan kapas yang sudah direndam, bilas setelah 2 menit. Toner ini akan menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dan membuat kulit anda lembut dan mencerahkan kulit.

 

14. Masker telur

Cara memutihkan kulit wajah yang terakhir adalah dengan membuat masker telur. Telur memiliki sifat astringent, dapat mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit serta mencerahkan warna kulit. Untuk membuat masker telur pemutih kulit, campurkan 2 sdt tepung maizena dan 1 putih telur, oleskan pada wajah. Untuk anda yang memiliki kulit berjerawat dapat menambahkan jus lemon ke dalam campuran masker ini untuk hasil yang lebih baik.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya