10 Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Tak Terlupakan

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 29 Sep 2022, 09:30 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 09:30 WIB
10 Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Tak Terlupakan
Perbesar
Foto: Andi Jatmiko/ Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jonggol Bogor bisa menjadi rekomendasi anda saat libur akhir pekan. Jonggol merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wisata Jonggol mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dieksplor.

Ada banyak tempat wisata Jonggol Bogor yang bisa menjadi pilihan menarik bagi pelancong, terlebih bai anda yang menyukai nuansa alam. Mulai dari taman bermain, kebun binatang, pegunungan, hingga air terjun.

Wisata Jonggol sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, pesona alamnya yang indah dan memukau membuat tempat wisata di Jonggol tak kalah dengan tempat wisata di Bogor yang lainnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Jonggol Bogor yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tempat Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Tak Terlupakan
Perbesar
Curug Cibeureum. Forum Liputan6

1. Taman Wisata Penangkaran Rusa

Tempat wisata Jonggol Bogor yang wajib dikunjungi pertama adalah Taman Wisata Penangkaran Rusa. Taman wisata ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama anak. Hal ini dikarenakan wisata satu ini memang menjadi salah satu destinasi liburan terbaik bersama dengan keluarga maupun si kecil.

Di sini anda akan bertemu dengan banyak koleksi rusa yang hidup berkeliaran dengan bebas. Meskipun begitu, anda tak perlu khawatir jika memabawa anak, sebab di sini juga sudah dilengkapi dengan jembatan gantung. Jembatan ini bisa anda gunakan untuk berinteraksi langsung dengan rusa, seperti memberi makan.

2. Villa Khayangan

Tempat wisata Jonggol Bogor yang berikutnya adalah Villa Khayangan. Apabila Anda ingin menghabiskan liburan akhir pekan dengan berenang bersama si kecil, maka Villa Khayangan yang ada di Jonggol ini akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebab, di lokasi satu ini Anda akan ditawarkan sensasi berenang di kolam yang berbeda dibandingkan dengan biasanya. Kolam renang yang terdapat di Villa Khayangan, berada di perbukitan. Sehingga anda dapat melihat pesona pegunungan nan indah dan memukau.

3. Curug Cibeureum

Wisata Jonggol Bogor selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Curug Cibeureum. Daerah Bogor memang dikenal memiliki banyak sekali air terjun, diantaranya adalah curug satu ini. Curug Cibeureum memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 30 meter.

Disini, Anda pun akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Tebing yang mengapit curug tersebut menjadi salah satu panorama yang bisa Anda saksikan ketika berada di lokasi satu ini. sehingga tidak mengherankan banyak sekali pengunjung yang ingin berswafoto saat berada di lokasi ini.


Tempat Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Tak Terlupakan
Perbesar
Curug Cipamingkis Bogor. (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

4. Hutan Pinus Cipamingkis

Tempat wisata Jonggol Bogor yang berikutnya adalah Hutan Pinus Cipamingkis. Tempat wisata ini menyuguhkan indahnya deretan pepohonan pinus yang rindang dan akan sangat bagus apabila dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto. Selain itu, ketika Anda mengunjungi wisata satu ini, maka Anda pun akan melihat kabut tipis yang membuat pemandangan hutan pinus di kawasan satu ini menjadi lebih memukau.

5. Gunung Batu Jonggol

Tempat wisatan Jonggol yang lainnya adalah Gunung Batu Jonggol. Gunung Batu Jonggol menjadi salah satu destinasi yang paling banyak diminati oleh wisatawan. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang memukau dan membuat rileks bagi siapa saja yang berkunjung.

Bagi Anda yang memiliki hobi mendaki, menghabiskan waktu di gunung satu ini ketika akhir pekan akan menjadi salah satu wisata yang wajib dicoba. Untuk Anda yang pemula pun tak perlu takut untuk mencoba. Pasalnya, wisata satu ini memang hanya memiliki ketinggian 875 mdpl saja. Dengan track nya yang tidak terlalu menanjak, membuat Anda yang baru saja mendaki gunung pun akan bisa menaklukkannya.

6. Curug Cipamingkis

Tempat wisata Jonggol Bogor yang berikutnya adalah Curug Cipamingkis. Air terjun ini masih dalam wilayah yang sama dengan hutan pinus Cipamingkis. Air terjun satu ini memang memiliki debit air yang terbilang cukup deras. Namun, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

Air terjun Cipamingkis ini memiliki ketinggian yakni sekitar 20 meter. Destinasi wisata satu ini memang memiliki pesona yang tidak kalah apik dibandingkan dengan air terjun yang lain yang berada di Bogor.

7. Curug Country

Tempat wisata Jonggol Bogor yang lainnya adalah Curug Country. Destinasi wisata air terjun ini memang tidak memiliki ketinggian yang cukup tinggi karena hanya 7 hingga 10 meter saja. Namun, dengan air terjun yang tidak terlalu tinggi tersebut, membuat pengunjung pun bisa bermain sepuasnya di kawasan wisata satu ini. Selain itu, tempat wisata Jonggol Bogor ini terbilang masih asri dan alami, sebab belum banyak orang yang mengetahuinya.


Tempat Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Jonggol Bogor yang Wajib Dikunjungi, Pesona Alamnya Tak Terlupakan
Perbesar
Taman Buah Mekarsari.

8. Situ Rawa Gede

Situ Rawa Gede menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi saat berada di Jonggol. Pasalnya, wisata satu ini memang memiliki panorama alam yang indah. Sesampainya disini, Anda pun akan langsung disuguhkan dengan danau yang sangat besar dengan ukuran yang cukup luas.

Selain itu, dengan adanya perbukitan yang mengelilinginya akan menjadi salah satu panorama alam yang akan membuat Anda kagum. Sehingga tidak mengherankan apabila banyak pelancong yang menghabiskan waktu liburannya di lokasi satu ini.

9. Wisata Jonggol Garden

Wisata Jonggol Garden merupakan salah satu wisata Jonggol yang wajib dikunjungi. Disini, Anda akan menemukan banyak sekali spot foto yang instagramable. Terdapat pula replika dari Menara Eiffel. Selain itu, anda juga akan menemukan spot wisata kuliner yang akan membuat Anda ketagihan.

10. Taman dan Kebun Buah Mekarsari

Tempat wisata Jonggol yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Taman dan Kebun Buah Mekarsari. Wisata yang satu ini cukup populer di Indonesia. Mengusung konsep wisata perkebunan, Anda akan merasakan asiknya bercocok tanam, mengurus kebun, hingga memanen hasil kebun di wisata ini. Selain wisata berkebun, Anda juga dapat menikmati serunya wahana bermain yang disediakan. Tepatnya ada dua buah jenis wahana yang dapat Anda nikmati. Wahana jenis pertama adalah wahana rekreasi. Mulai dari wahana big baloon, bunggae trampolin, 3D trick art, hingga bermacam sepeda seperti bmx dan juga skuter. Wahana yang kedua adalah wahana air. Mulai dari bermain perahu kanal, bebek air, spped boat, floating donut, rolling donut, dan juga sepeda air.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya