10 Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menyenangkan

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 28 Sep 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 16:00 WIB
10 Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menyenangkan
Perbesar
Ilustrasi candi prambanan. (Photo by Eugenia Clara on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata anak di Jogja wajib dikunjungi saat sedang libur akhir pekan dan libur sekolah. Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata, bukan hanya wisata alam dan sejarah tetapi juga destinasi edukasi untuk anak.

Tempat wisata anak di Jogja akan membuat liburan anda dan anak semakin seru. Selain itu, wisata anak di Jogja dapat memberikan pengalaman baru. Tak hanya itu, anak juga dapat bermain dan bersenang-senang dengan menghabiskan waktu di destinasi wisata dengan fasilitas permainan di dalamnya.

Sebagai referensi bagi anda ketika libur akhir pekan maupun libur sekolah, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata anak di Jogja yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tempat Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menyenangkan
Perbesar
Berbeda dengan peragaan busana pada umumnya, Sleman Fashion Festival 2016 menjadikan Jogja Bay Waterpark sebagai runaway.

1. Taman Pintar

Tempat wisata anak di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Taman Pintar. Taman Pintar merupakan wisata edukasi bagi para pelajar, sekaligus sebagai pembelajaran mater-materi mengenai lingkungan hidup.

Ada beragam wahana edukasi di Taman Pintar yang dapat dikunjungi anak-anak. Mulai dari zona pengolahan sampah, wahana bahari, science theater, playground, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.  

Lokasi Taman Pintar cukup strategis karena dekat dengan tempat wisata lainnya, yakni berada di Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, dan Benteng Vredeburg. Tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Yogyakarta. 

2. Waterboom Jogja

Waterboom Jogja dulunya bernama Jogja Bay. Obyek wisata anak di Jogja ini merupakan salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara. Keunikan Waterboom Jogja adalah dikelilingi taman yang dipenuhi pepohonan serta taman tematik. Selain itu, Waterboom Jogja mempunyai 19 wahana permainan air yang seru dan menyenangkan.

Waterboom Jogja juga memiliki wahana museum air Water for Life. Museum tersebut berisi 13 diorama tentang air, mulai dari manfaat hingga ilmu tentang air.  Obyek wisata ini dilengkapi dengan area kuliner dan toko oleh-oleh. Lokasinya sendiri berada di Jalan Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

3. Kids Fun

Kids Fun merupakan salah satu tempat wisata anak di Jogja, yang cocok dikunjungi saat libur akhir pekan maupun libur sekolah. Para orangtua bisa mengajak anak-anak bermain aneka wahana seru di obyek wisata ini. 

Di tempat wisata anak di Jogja ini terdapat sekitar 28 wahana permainan anak yang telah memenuhi standar keamanan. Tak hanya wahana anak-anak, di sini ada 13 wahana keluarga yang dapat dinikmati bersama oleh anak-anak dan orang dewasa.  Adapula sejumlah wahana yang menguji adrenalin pengunjung dan beragam atraksi.  Lokasi Kids Fun berada di Jalan Wonosari, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 


Tempat Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menyenangkan
Perbesar
Museum Dirgantara, Yogyakarta. (jalanjogja.com)

4. Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat wisata anak di Jogja yang berikutnya adalah Kebun Binatang Gembira Loka, di sini anak dapat mengenalkan dengan beragam satwa. Berdasarkan informasi dari situs Gembira Loka Zoo, ada beragam koleksi fauna di kebun binatang ini, antara lain mamalia, reptilia, aves, amfibia, dan lainnya.  Selain itu, Gembira Loka Zoo dilengkapi fasilitas di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan, menyentuh dan menangkap ikan, terapi ikan, dan sebagainya. 

Selain itu, terdapat juga sejumlah wahana seperti perahu kayuh, transportasi keliling, ATV, bumper boat, speed boat, perahu katamaran, dan lainnya. Pengunjung juga bisa menyaksikan sejumlah atraksi seperti bird show, reptil, dan edukasi satwa.  Lokasi Gembira Loka Zoo berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. 

5. The Lost World Castle

Tempat wisata anak di Jogja yang lainnya adalah The Lost World Castle. Lokasinya yang berada di Gunung Merapi membuat tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah. Konsep dari tempat wisata ini adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang. Jadi, The Lost World Castle sangat cocok untuk mengajak anak-anak yang menyukai dongeng. 

Tak hanya konsep negeri dongeng, pengunjung juga dapat berfoto pada sejumlah spot seperti replika tembok China, Stonehenge, kapal bajak laut, dan rumah pohon. Tersedia juga berbagai wahana permainan seru yang dapat dicoba oleh anak-anak maupun dewasa. Lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

6. Taman Pelangi 

Tempat wisata anak di Jogja yang berikutnya adalah Taman Pelangi. Taman Pelangi berada dalam kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali), tepatnya di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Taman ini penuh dengan lampion-lampion warna-warni, sehingga disebut sebagai Taman Pelangi. Lampion warna-warni tersebut menyerupai berbagai bentuk seperti bunga, tokoh kartun, sampai tokoh pewayangan.

7. Museum Dirgantara Yogyakarta

Tempat wisata anak di Jogja yang selanjutnya adalah Museum Dirgantara Yogyakarta. Para orangtua dapat mengajak anaknya ke Museum Dirgantara Yogyakarta guna mengenalkan angkatan udara Indonesia. Museum ini memiliki nama lengkap Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Namun kini lebih dikenal dengan nama Museum Dirgantara Yogyakarta atau Museum Pesawat Terbang.


Tempat Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi

10 Wisata Anak di Jogja yang Wajib Dikunjungi, Seru dan Menyenangkan
Perbesar
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta. (Sumber Foto: jehhay/Instagram)

8. Candi Prambanan 

Berwisata ke Candi Prambanan dapat mengenalkan anak-anak kepada sejarah dan budaya. Kompleks Candi Hindu terbesar di dunia ini sudah ditetapkan sebagai sebagai Warisan Budaya Dunia (world heritage) oleh UNESCO. Candi Prambanan sendiri memiliki tiga halaman yang ditata dengan memusat atau pola konsentris.

Berwisata di Candi Prambanan dapat mengenalkan pada anak mengenai sejarah dari Candi Prambanan. Selain itu, juga dapat memberikan pengalaman yang seru dan menarik saat melihat-lihat candi dan reliefnya. Lokasi Candi Prambanan berada di Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

9. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata anak di Jogja yang berikutnya adalah Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta menyimpan banyak saksi sejarah perkembangan budaya Jawa dan Indonesia, sehingga anak-anak dapat berwisata edukasi. Keraton ini didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada 1755, setelah Kerajaan Mataram Islam terpecah menjadi dua.

Kompleks Keraton Yogyakarta dibagi dalam tiga halaman yang membujur dari arah utara ke selatan. Wisatawan dapat melihat berbagai peninggalan keraton Yogyakarta, seperti benda pusaka, kereta kuda kerajaan, potret, dan lainnya. Selama kunjungan, wisatawan akan ditemani oleh pemandu wisata yang akan menjelaskan sejarah Keraton Yogyakarta. Dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta dapat membuat anak mempelajari dan mengenal sejarah tentang Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, anak juga dapat mempelajari tradisi jawa yang ada di Yogyakarta.

10. Museum Merapi 

Seperti namanya, Museum Merapi didirikan untuk mengenal serta mengenang fenomena letusan Gunung Merapi. Suara gemuruh bak erupsi pun menyelimuti ruangan museum. Berbagai pertunjukkan edukasi dipertunjukkan, termasuk replika sebaran awan panas dan peraga simulasi bencana alam. Museum Merapi ini sangat cocok dikunjungi bagi anak-anak. Lokasi museum satu ini sangat mendukung karena berada di kaki Gunung Merapi. Kamu bisa sekalian menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya