10 Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar yang Benar

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 28 Sep 2022, 12:10 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 12:10 WIB
Molekul ribosome
Perbesar
Sel modern yang ada di masa kini mengandung molekul ribosome. (foto: Science Photo Library)

Liputan6.com, Jakarta Bumi memiliki tingkatan atau yang kita kenal dengan urutan organisasi yang saling berhubungan dan mempengaruhi kehidupan. Adapun urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah molekul, sel hingga lingkungan. Dapat dipahami bahwa Biologi merupakan ilmu yang luas yang mempelajari tentang kehidupan, sehingga ilmu ini juga memiliki tingkatan dari yang kecil hingga terbesar.

Dalam organisme yang lebih besar, sel-sel juga bergabung dalam membuat jaringan, yang merupakan kelompok sel serupa yang menjalankan fungsi serupa atau terkait. Organ adalah kumpulan jaringan yang dikelompokkan bersama melakukan fungsi umum. Di dalam struktur biologi, organisasi kehidupan, ada urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah molekul, sel, komunitas hingga lingkungan yang cukup dipahami secara sederhana hingga kompleks. 

Urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem atau masyarakat hingga lingkungan yang mencakup bioma juga biosfer. Tentunya, setiap tingkatan organisasi makhluk hidup tersebut memiliki pengertian yang berbeda - beda. 

Berikut ini urutan organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar  yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Mengenal Organisasi Kehidupan

ilustrasi biologi
Perbesar
ilustrasi biologi (sumber: freepik)

Melansir dari laman Libertexts, makhluk hidup sangat terorganisir dan terstruktur,  mulai dari skala yang kecil hingga besar. Atom merupakan salah satu unit materi terkecil dan paling mendasar, yang kemudian membentuk molekul yang merupakan struktur kimia yang terdiri dari setidaknya dua atom yang disatukan oleh satu atau lebih ikatan kimia.

Terdapat banyak sekali molekul yang secara biologis penting adalah makromolekul, molekul besar yang biasanya dibentuk oleh polimerisasi mampu menggabungkan unit yang lebih kecil yang disebut monomer, yang lebih sederhana daripada makromolekul). Makromolekul dapat membentuk agregat di dalam sel yang dikelilingi oleh membran yang dikenal dengan organel. Perlu diketahui bahwa semua makhluk hidup terbuat dari sel, dan sel itu sendiri adalah unit dasar terkecil dari struktur dan fungsi organisme hidup.

Beberapa organisme terdiri dari satu sel dan yang lain multiseluler, sehingga sel diklasifikasikan sebagai prokariotik atau eukariotik. Prokariota adalah organisme bersel tunggal atau koloni yang tidak memiliki inti yang terikat membran, dan sebaliknya sel-sel eukariota memang memiliki organel yang terikat membran dan nukleus yang terikat membran. Dalam organisme yang lebih besar, sel-sel bergabung untuk membuat jaringan, yang merupakan kelompok sel serupa, selanjutnya organ yang merupakan kumpulan jaringan, kemudian dikelompokkan bersama melakukan fungsi umum. 

Selain itu, semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam area tertentu secara kolektif disebut populasi, setelah itu komunitas yang merupakan jumlah dari populasi yang mendiami suatu wilayah tertentu. Misalnya, semua pohon, bunga, serangga, dan populasi lain di hutan membentuk komunitas hutan. Perlu dipahami bahwa tingkatan organisasi kehidupan setelah komunitas adalah sebuah ekosistem. Ekosistem terdiri dari semua makhluk hidup di daerah tertentu bersama-sama dengan abiotik, bagian tak hidup dari lingkungan itu seperti nitrogen di dalam tanah atau air hujan.


Urutan Organisasi Kehidupan

Mengenal Fungsi Hati, Organ yang Rentan Diserang Hepatitis Akut Misterius
Perbesar
Mengenal Fungsi Hati, Organ yang Rentan Diserang Hepatitis Akut Misterius. Foto: Pixabay.

1. Molekul

Organisasi kehidupan yang pertama adalah molekul, yang terbuat dari atom, unit terkecil dari unsur kimia. Molekul dapat ditemukan di semua materi, hidup dan tidak hidup. Molekul juga memiliki membentuk dan struktur paling dasar dari makhluk hidup. 

2. Sel

Sel merupakan unit dasar kehidupan, dan terbagi atas dua bagian yaitu sel tumbuhan, yang memiliki dinding sel kaku yang terbuat dari molekul selulosa, dan sel hewan, yang memiliki membran sel yang fleksibel. Ahli biologi sel juga bahkan mempertimbangkan pertanyaan seperti metabolisme dan pertanyaan lain tentang struktur dan fungsi di dalam dan di antara sel.

3. Jaringan 

Selain itu juga terdapat jaringan yang terbuat dari sel-sel yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan saraf adalah beberapa jenis jaringan. Bahkan ahli histologi adalah contoh ahli biologi yang bekerja pada tingkat ini.

4. Organ

Organmerupakan tingkatan di mana sistem jaringan yang bekerja sama dalam skala yang lebih besar untuk melakukan pekerjaan tertentu di dalam tubuh hewan. Contoh organ adalah otak, jantung, dan paru-paru. Anatomi adalah contoh spesialisasi biologi yang berkaitan dengan tingkat ini.

5. Sistem organ

Sistem organ merupakan sekelompok organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tubuh tertentu. Sistem pernapasan, misalnya, menggunakan paru-paru, saluran udara, dan otot pernapasan untuk menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida pada hewan. Ahli fisiolog mempelajari fungsi bagian-bagian tubuh saat mereka bekerja bersama. Meskipun ahli fisiologi dapat bekerja di semua tingkat organisasi biologis, mereka sering menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sistem organ.

 

 


Urutan Organisasi Kehidupan

Kampanye selamatkan lautan
Perbesar
Penyelam dengan kostum kelici saat tampil dalam pertunjukan Rabbit Underwater Show In Mission Save The Ocean di Sea World Ancol Jakarta, Selasa (30/3/2021). Atraksi edukasi ini menceritakan bagaimana polusi sampah laut yang dapat mengganggu ekosistem di lautan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

6. Organisme

Setelah itu, urutan organisasi kehidupan selanjutnya adalah organisme yang merupakan individu yang mandiri dan dapat dikenali. Organisme dapat berupa organisme uniseluler seperti bakteri atau amuba, atau organisme multiseluler yang terdiri dari organ dan sistem organ. Salah satu contoh dari organisme multiseluler adalah manusia itu sendiri.  

7. Populasi

Populasi adalah kumpulan dari beberapa organisme dari spesies yang sama dalam suatu wilayah tertentu. Misalnya, singa kebanggaan di Kenya, Afrika, adalah populasinya.

8. Masyarakat

Selanjutnya ada masyarakat atau yang kerap dikenal sebagai tingkat komunitas, yang terdiri dari semua spesies yang berbeda dalam suatu wilayah tertentu. Populasi singa di Kenya, ditambah populasi kijang, jerapah, gajah, kumbang kotoran, dan semua spesies lain di daerah itu, bertambah menjadi sebuah komunitas.

9. Ekosistem

Selanjutnya adalah ekosistem, yang terdiri dari semua komunitas di area tertentu, serta semua komponen fisik lingkungan yang tidak hidup. Batuan, air, dan tanah adalah bagian dari ekosistem. Ahli ekologi dapat mempelajari populasi, komunitas, atau keseluruhan ekosistem.

10. Lingkungan

Urutan yang terbesar adalah lingkungan, yang mencakup biosfer di mana semua ekosistem di Bumi yang ditambahkan bersama-sama. Setiap hewan, tumbuhan, bakteri, batu, dan molekul adalah bagian dari biosfer Bumi. Non-ahli biologi, seperti ahli meteorologi dan ahli geologi, dapat bergabung dengan ahli biologi untuk menjawab pertanyaan pada tingkat organisasi biologi ini.


Tingkatan Organisasi Kehidupan

Obat Biologi
Perbesar
Obat biologi tengah dikembangkan PT Kalbe Farma Tbk (Ilustrasi: Healthline)

Adapun tingkatan organisasi kehidupan yang mencakup "tingkat mekanisme" yang diperkenalkan oleh Bill Bechtel (2008) dan Carl Craver (2007), di mana trerdapat mekanisme di tingkat yang lebih tinggi dan komponennya di tingkat yang lebih rendah. Akun mekanistik mengusulkan konsepsi kontekstual yang dapat mengartikulasikan tingkat dalam hal bagian konstitutif dalam suatu mekanisme. Tingkat mekanisme adalah tingkat di alam, dan tidak ada pemetaan langsung dari tingkat ini ke teori atau bidang ilmu pengetahuan, sehingga penjelasan mekanistik tentang level mendukung penjelasan positif tentang pluralistik dalam biologi

Lebih khusus, tingkat mekanisme telah didefinisikan sebagai berikut:

- Di tingkat mekanisme, relata berperilaku mekanisme di tingkat yang lebih tinggi dan komponennya di tingkat yang lebih rendah. Sehingga komponen tingkat yang lebih rendah diatur bersama untuk membentuk komponen tingkat yang lebih tinggi.

- Di dalam suatu mekanisme, bagian-bagian yang relevan adalah bagian-bagian yang bekerja melakukan operasi yang memungkinkan mekanisme untuk mewujudkan fenomena yang diinginkan. Seperangkat bagian kerja yang diorganisasikan dan yang operasinya dikoordinasikan untuk mewujudkan fenomena minat yang membentuk suatu tingkat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya