9 Manfaat Paprika Hijau untuk Kesehatan, Sumber Nutrisi dan Vitamin

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 28 Sep 2022, 09:25 WIB
Diperbarui 28 Sep 2022, 09:25 WIB
Paprika
Perbesar
Banyak orang heran dan kemudian bertanya-tanya mengapa paprika hijau, merah, oranye, dan kuning harganya tak sama.

Liputan6.com, Jakarta Paprika manis atau paprika hijau (Capsicum annuum) umumnya dianggap sebagai sayuran, meskipun secara teknis merupakan jenis buah. Melansir dari laman Healthline paprika memiliki dinding yang tebal, berbentuk lonceng, dan memiliki berbagai warna, termasuk merah, kuning, dan ungu. Paprika hijau memiliki rasa yang kurang manis daripada paprika merah dan kuning. Akan tetapi Anda bisa memperoleh manfaat paprika hijau untuk kesehatan jantung juga mata. 

Paprika hijau bisa dimakan mentah atau dimasak, sehingga sangat baik jika dikonsumsi serta menambahkan lebih banyak nutrisi. Paprika hijau rendah kalor sehingga tidak memiliki faktor risiko penambahan lemak. Manfaat paprika hijau bisa Anda peroleh untuk kesehatan tubuh, karena sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya, menjadikannya tambahan yang sangat baik ketika melakukan diet sehat.

Paprika hijau terkenal dengan kandungan karotenoid yang membuat makanan bergizi unik, sehingga Anda bisa memperoleh beragam manfaat. Dengan rutin mengonsumsi paprika yang diolah dengan berbagai makanan, maka manfaat paprika bisa Anda peroleh, salah satunya adalah berfungsi menjaga kesehatan usus. 

Berikut ini manfaat paprika hijau yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Paprika

Paprika
Perbesar
Ilustrasi/copyright pixabay.com/RitaE

1. Sumber nutrisi 

Manfaat paprika hijau yang bisa Anda peroleh untuk kesehatan adalah sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan. Paprika hijau menyediakan berbagai vitamin dan mineral, juga memiliki sumber serat yang baik dan relatif rendah karbohidrat. Selain itu, paprika hijau mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral lain termasuk tiamin (B1), magnesium, tembaga, dan vitamin E.

Paprika hijau sangat kaya akan vitamin C, sehingga memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, termasuk fungsi kekebalan yang tepat, sintesis kolagen, metabolisme nutrisi, dan masih banyak lagi. Paprika juga merupakan sumber vitamin B6 yang baik, serta terlibat dalam metabolisme nutrisi, fungsi kekebalan tubuh, dan sintesis neurotransmitter. 

2. Baik untuk kesehatan usus

Paprika adalah sumber serat yang baik, yang penting untuk kesehatan usus. Selain itu, dengan mengonsumsi paprika maka akan memenuhi asupan serat Anda. Melansir dari laman Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat Anda dapat melindungi terhadap kondisi sistem pencernaan seperti kanker usus besar dan penyakit radang usus. Oleh karena itu, dengan makan makanan kaya serat juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan, juga berfungsi secara optimal untuk keseimbangan bakteri usus yang sehat

3. Sifat anti-inflamasi

Manfaat paprika hijau juga bisa Anda peroleh ketika mengonsumsi dalam kadar yang sesuai. Sebagai anti-inflamasi yang baik, paprika hijau sangat baik dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang terkait dengan gangguan tulang parah seperti osteoarthritis, rheumatoid arthritis. 

 


Manfaat Paprika

Gambar Ilustrasi Buah Paprika Merah
Perbesar
Sumber: Freepik

4. Mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan

Paprika hijau mengandung berbagai senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan serta menyediakan flavonoid, vitamin C, senyawa fenolik, dan karotenoid sehingga dapat meningkatkan kesehatan. Sebuah studi tahun 2019 yang menganalisis konsentrasi senyawa bioaktif dalam paprika manis menemukan bahwa dibandingkan dengan paprika merah, oranye, dan kuning, paprika hijau memiliki lebih banyak asam fenolik, termasuk jenis kuat yang disebut asam p-coumaric.

5. Dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mata

Dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran seperti paprika hijau, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mata Anda. Bahkan sejumlah penelitian juga telah menghubungkan diet kaya buah dan sayuran dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu, paprika hijau kaya akan lutein, nutrisi karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Lutein membantu melindungi dari kerusakan akibat paparan cahaya pada sel fotoreseptor di mata, juga membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD), suatu kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. 

6. Mengatasi Asma

Manfaat paprika yang bisa diperoleh juga sangat baik bagi pasien asma, karena kandungan paprika hijau yang penuh dengan fitonutrien, kelompok khusus senyawa tanaman (pada dasarnya bahan kimia alami) yang memiliki kapasitas untuk merelaksasi saluran pernapasan dan menurunkan terengah-engah. Fitonutrien juga dikenal untuk meningkatkan kesehatan manusia secara keseluruhan yang lebih baik. Oleh karena itu, masukan paprika hijau sebagai salah satu menu yang berfungsi baik untuk kesehatan. 


Manfaat Paprika

parika
Perbesar
Ilustrasi: paprika (Foto: unsplash)

7. Dapat membantu berat badan yang sehat

Makan lebih banyak buah dan sayuran seperti paprika hijau dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat atau bahkan menurunkan berat badan. Melansir dari sumber yang sama, dengan mengonsumsi paprika manis hijau yang rendah kalori juga tinggi serat, mampu berfungsi secara optimal untuk kesehatan. Selain itu, sebuah studi juga menunjukkan bahwa orang yang makan banyak buah dan sayuran biasanya memiliki lebih sedikit lemak, di manan meliputi lemak perut bagian dalam yang sangat terkait dengan peningkatan risiko penyakit. 

8. Serbaguna dan enak

Selain bergizi tinggi, paprika hijau serbaguna dan rasanya enak baik mentah maupun dimasak. Manfaat kesehatan juga bisa Anda peroleh ketika mengonsumsi paprika. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, mulai dengan memotong dadu dan gunakan sebagai topping salad yang renyah, atau bisa digunakan untuk masak sup, semur, dan cabai.T

9. Aantioksidan kuat.

Manfaat paprika hijau untuk kesehatan juga sangat beragam. Selain itu memiliki antioksidan yang kuat, sehingga aman untuk dikonsumsi. Paprika hijau mengandung banyak vitamin A, B Kompleks, dan C, yang mampu mengimbangi efek merusak dari radikal bebas dalam tubuh kita dan menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya