20 Tempat Wisata di Jember, Mulai dari Wisata Edukasi, Alam Hingga Budaya

Oleh Liputan6.com pada 27 Sep 2022, 17:05 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 17:05 WIB
Jember Fashion Carnaval 2022 (Istimewa)
Perbesar
Jember Fashion Carnaval 2022 (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Menjadi bagian dari Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Jember tidak kalah kaya akan tempat wisata seperti kabupaten lainnya. Wisata alam berupa pantai dan bukit membentang luas di wilayah Jember. Destinasi-destinasi ini menarik perhatian wisatawan dengan keindahannya.

Menjadi kota ketiga terbesar setelah Surabaya dan Malang, Jember tidak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga tersedia berbagai wisata edukasi, kreasi dan bahkan budaya. Berbagai tempat wisata di Jember dijamin akan membuat Anda betah tinggal lama di sini.

Tidak hanya sekedar lambang, lambang daun perisai Kabupaten Jember juga diharapkan menjadi kenyataan. Lambang daun perisai adalah lambang keamanan, kententraman dan kejujuran. Diharapkan masyarakat dan bahkan wisatawan yang berkunjung ke Jember dapat menikmati ketentraman Jember dengan aman.

Mungkin Jember belum menjadi tujuan utama para wisatawan seperti halnya Bali. Akan tetapi, keanekaragaman tempat wisata di Jember patut diperhitungkan menjadi destinasi wisata andalan Anda dan keluarga.

Terdapat banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi dan Anda tidak perlu bingung. Berikut liputan6 rangkum dari Dinas Kebudayan dan Pariwisata Jember dan berbagai sumber tentang berbagai tempat wisata di Jember yang bisa Anda coba, pada Selasa (27/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Wisata Edukasi di Jember

Kolaborasi Solo Batik Carnival dan Jember Fashion Carnival
Perbesar
Presiden Jokowi Saksi Kesuksesan Jember Fashion Carnaval 2017

1. Batik Jember

Batik Jember memiliki motifnya sendiri yang tidak sama dengan batik khas Solo atau pun Yogyakarta. Motif utama yang menjadi ciri khas Batik Jember adalah daun tembakau. Hal tersebut karena Jember yang menjadi satu dari beberapa daerah penghasil tembakau terbanyak di Indonesia. Motif lainnya yang dapat Anda dapatkan pada Batik Jember, seperti kopi, kakao, JFC, egrang tanoker dll. Anda dapat mengunjungi tempat pembuatan Batik Jember secara langsung, seperti Batik Notohadinegoro atau Batik Rolla. Anda dapat berbelanja batik sekaligus memperkaya informasi tentang batik, khususnya Batik Jember di sini.

2. Kampung Belajar Tanoker

Tanoker dalam bahasa Madura berarti kepompong. Komunitas belajar tanoker yang satu ini dapat Anda temui di 25 km timur laut Kota Jember, lebih tepatnya di Kecamatan Ledokombo. Di Kampung Belajar Tanoker, anak-anak usia sekolah memainkan berbagai alat musik tradisional (jimbe, angklung, karawitan dan kentongan) dan permainan tradisional (egrang, bakiak dsb) hampir setiap hari. Jika Anda berkunjung ke daerah ini, maka sangat dianjurkan Anda menyaksikan festival egrang yang diadakan biasanya setiap Agustus. Festival ini cukup menarik minat wisatawan mancanegara dan bahkan juri dari festival ini bertaraf internasional.

3. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Jika Anda ingin berwisata sambil belajar di Jember, sepertinya agrowisata yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Berada di desa Nagosari, Kecamatan Rambipuji, Anda dapat menempuh jarak sekitar 12 km dari Kota Jember untuk sampai di sini. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang sudah ada dari tahun 1911 ini adalah lembaga penelitian kopi dan kakao satu-satunya di Indonsia. Anda dapat menikmati suasana perkebunan kopi dan coklat atau kakao seluas 160 hektar di sini. Selain itu, Anda juga dapat belajar tentang pembibitan, benih bahkan pengolahan kopi dan kakao. Setelah puas belajar, Anda dapat mencoba beberapa produk olahan seperti, minuman, permen dan ice cream. Agrowisata ini juga pasti akan sangat digemari oleh anak-anak jika Anda mengajaknya kemari.


Wisata Alam di Jember

Indahnya Pantai Tanjung Papuma di Kabupaten Jember. (Istimewa)
Perbesar
Indahnya Pantai Tanjung Papuma di Kabupaten Jember. (Istimewa)

4. Pantai Tanjung Papuma

Tempat wisata di Jember yang satu ini dijamin akan memanjakan mata siapa pun yang datang. Anda dapat menuju ke pantai cantik ini dengan menempuh jarak 45 km dari pusat Kota Jember lalu melewati hutan karena Pantai Tanjung Papuma adalah surga tersembunyi Jember. Dengan panorama pulau karang di tengah pantai dan hamparan pasir putih tidak akan membuat perjalanan Anda kemari sia sia begitu saja.

5. Pantai Watu Ulo

Masih berbasis pantai, Pantai Watu Ulo wajib masuk ke dalam list rencana tempat liburan Anda di Jember. Sebagian daratan yang menjorok ke laut dengan tekstur batu dan seperti badan ular membuat pantai ini disebut dengan Watu Ulo atau batu ular. Anda dapat menikmati pantai ini sepuasnya hanya dengan Rp10.000 dan menempuh jarak 40 km dari pusat kota selama sekitar 45 menit.

6. Pantai Paseban

Jika Anda ingin mencari suasana romantis matahari terbenam di tepi pantai, maka Pantai Paseban adalah tempat yang sempurna. Dengan tetap waspada saat berenang, Anda dapat menikmati suasana pantai ini dengan menempuh perjalanan sepanjang 52 km dari pusat kota atau selama sekitar 60 menit.

7. Pantai Payangan

Pantai Payangan merupakan salah satu dari tiga bagian Pantai Watu Ulo. Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan, memancing dan berkemah di pantai ini. Bagi anda penggemar fotografi, menjadikan pantai ini sebagai obyek merupakan pilihan yang tidak salah.

8. Pantai Puger

Tidak hanya sebagai tempat pelelangan ikan yang cukup dikenal, pemandangan di sekitar Pantai Puger juga cukup menawan. Anda juga dapat berselancar di sini. Jika beruntung saat Anda berkunjung ke pantai ini mungkin Anda akan dapat menyaksikan “Larung Sesaji” yang diselenggarakan masyarakat setempat di pantai.

9. Air Terjun Tancak

Air terjun dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut ini berada di lereng Gunung Argopuro. Anda perlu menempuh 16 km dari pusat Kota Jember untuk sampai di sini. Anda yang ingin dekat dengan alam, tempat wisata di Jember yang satu ini bisa dipertimbangkan. Tidak hanya pemandangan yang menawan, wisatawan, terutama wisatawan mancanegara juga dapat mencoba paket wisata trekking yang tersedia.


Wisata Alam di Jember

[Bintang] Jawa Timur
Perbesar
Perkebunan Teh Gunung Gambir, Jember, Jawa Timur. (ekaafandi/Instagram)

10. Wisata Kebun Teh Gunung Gambir

Sudah puas dengan berbagai tempat wisata di Jember berbasis pantai dan air, maka sekarang saatnya Anda memilih destinasi wisata alam lainnya. Wisata kebun teh ini juga tidak akan kalah cocok bagi Anda yang ingin mencari suasana tenang. Hamparan kebun teh hijau yang asri dapat Anda nikmati bersama keluarga atau teman. Di sini juga terdapat berbagai spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan untuk menangkap moment dalam foto atau video.

11. Wana Wisata Simbat

Masih dengan suasana hijau, Wana Wisata Simbat menawarkan panorama hutan dan pegunungan yang mempesona. Di sini Anda dapat mengambil foto-foto karena tersedianya berbagai spot foto.

12. Wisata Rembangan

Bagi Anda yang ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk kehidupan atau lelahnya kehidupan kerja, maka Anda dapat memanjakkan diri Anda dengan berlibur sementara di Wisata Rembangan. Anda dapat menikmati suasana yang tenang, asri, sejuk dan indahnya matahari terbit. Diiringi kicauan burung, Anda dapat tinggal di tempat wisata ini karena tersedianya fasilitas, seperti kolam, aula pertemuan, hotel, tempat makan dsb.

13. Teluk Love

Pinggiran teluk yang berbentuk hati menjadi alasan kenapa nama tempat wisata di Jember yang satu ini dikenal dengan Teluk Love atau Teluk Cinta. Anda dapat menikmati pemandangan teluk ini dari ketinggian Pantai Payangan.

14. Pulau Nusa Barong

Jember juga memiliki pulau yang sangat indah hingga dijuluki Phiphi Island- Indonesia. Pulau yang satu ini berada di tengah laut yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan laut yang biru menawan. Anda pasti akan merasa sangat senang jika berkunjung ke sini.


Wisata Buatan dan Festival di Jember

Pemandian Patemon Jember (Istimewa)
Perbesar
Pemandian Patemon Jember (Istimewa)

15. Kafe Kolong Jember

Bagi Anda yang mencari tempat nyaman untuk mengobrol dengan teman atau keluarga, Kafe Kolong Jember dapat Anda coba kunjungi. Kafe Kolong Jember merupakan tempat wisata di Jember yang unik karena tempatnya yang berada di bawah jembatan. Letaknya yang berada di bawah jembatan, bukan berarti tempat yang satu ini kotor atau bau. Sebaliknya, Anda dapat menikmati waktu bincang-bincang dengan keluarga atau teman dengan nyaman di sini.

16. Taman Botani Sukorambi

Di Desa Sukorambi, terdapat wisata buatan Taman Botani Sukorambi yang menawarkan panorama sekelilingnya berupa sawah dan kebun sayur. Pengunjung dari segala usia dapat menikmati tempat wisata di Jember in karena berbagai fasilitas yang disediakan. Mulai dari kolam renang, kolam ikan dan kolam perahu. Anda juga dapat mengunjungi perpusatakaan, kebun tanaman herbal, mencoba flying fox dsb.

17. Diara Park Jember

Liburan sekolah anak-anak Anda akan menyenangkan jika berkunjung ke Diara Park Jember. Dengan menempuh jarak 24 km dari pusat Kota Jember, Anda dan anak-anak dapat menikmati wisata dengan konsep one stop shopping pertama di Jember ini. Terdapat beragam ukuran kolam renang bagi anak-anak dan area bermain sehingga anak Anda tidak akan bosan jika berkunjung ke sini.

18. Pemandian Patemon

Masih tentang tempat wisata air di Jember, pengunjung akan disuguhkan air yang sejuk dan pemandangan yang indah jika berada di sini. Pemandian yang merupakan salah satu tempat peninggalan Belanda ini dapat Anda nikmati dengan menempuh 30 km dari pusat kota Jember atau sekitar 40 menit. Selain berenang di air yang sejuk, Anda juga dapat menikmati area sekitar yang dipenuhi dengan perkebunan kopi dan kokoa.

19. Tiara Jember Park

Tidak ada habisnya, jika rekomendasi tempat wisata bermain air sebelumnya belum juga memuaskan liburan Anda bersama keluarga, maka Anda perlu mencoba tempat wisata di Jember yang satu ini. Di Tiara Jember Park, Anda dan keluarga dapat menikmati permainan seluncur, bianglala, tora-tora, kuda terbang, menaiki ATV, kereta kencana bahkan flying fox. Anda dapat menikmati itu semua hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20.000.

 20. JFC (Jember Fashion Carnival)

JFC merupakan karnaval fashion tahunan yang diadakan di Kota Jember. Berbagai motif tradisional khas Indonesia di tampilkan di festival ini melalui kostum-kostum yang dirancang dengan mewah. Festival yang satu ini banyak menarik perhatian masyarakat, bahkan pada tahun 2019 sebanyak 6000 tamu karnaval turut serta dalam kegiatan ini. Dilansir dari Indonesia.travel, pada tahun 2019 disebutkan bahwa JFC menjadi karnaval terbaik di Asia dan menduduki peringkat tiga di dunia setelah Karnaval Rio de Janeiro, Brazil dan Karnaval Bunga Pasadena di los Angeles. Pastikan Anda tidak akan melewatkan festival luar biasa yang satu ini.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya