26 Tempat Wisata Jogja Murah dan Instagramable, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 26 Sep 2022, 14:20 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 14:20 WIB
Wisata Jogja
Perbesar
Air terjun yang indah (sumber: wikipedia)

Liputan6.com, Jakarta Saat memilih untuk mengisi waktu liburan bersama dengan keluarga, maka Yogyakarta merupakan tempat yang cocok. Jogja adalah satu diantara puluhan kota yang memiliki destinasi wisata menarik. Selain itu, banyak tempat wisata jogja murah yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan serta wisata alam dengan panorama indah sejauh mata memandang.

Tempat wisata Jogja murah dan instagramable memadukan pesona alam yang indah serta beragam tempat-tempat unik yang kekinian, membuat pengunjung ketagihan untuk terus menikmati wisata di Jogja. Tempat yang paling sering dikunjungi oleh pengunjung adalah Malioboro, Tugu Jogja, Titik nol kilometer serta bentangan pantai yang ada di Jogja. 

Tempat wisata Jogja murah dan instagramable ini sangat populer, serta memiliki sejuta spot foto menarik dan unik, yang bisa mempercantik Feed Instagram. Tidak heran jika tempat wisata di Jogja selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, khususnya  kaum milenial yang suka foto-foto cantik dan estetik. Selain itu, biaya masuk tempat wisata yang murah semakin menjadi daya tarik wisata di Yogyakarta.

Berikut ini tempat wisata Jogja murah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tempat Wisata Jogja Murah

keraton-jogja-140129c.jpg
Perbesar
Keraton

1. Teras Malioboro

Tempat wisata Jogja murah serta wajib dikunjungi adalah Teras Malioboro yang terbilang masih sangat baru. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat  banyak sekali pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di pinggir jalan Malioboro. Teras Malioboro sendiri memiliki dua lokasi yang bisa dikunjungi, Teras Malioboro 1 berlokasi di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo. Sementara itu, Teras Malioboro 2 bertempat di eks Gedung Kantor Dinas Pariwisata DIY, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD DIY. 

2. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata Jogja  murah serta wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Keraton Yogyakarta. Tempat ini  merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, serta  menjadi salah satu simbol kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Saat berkunjung, Anda akan melihat kompleks keraton yang memiliki banyak museum, serta tersedia berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan keluarga yang sarat edukasi juga budaya. 

 

3. Museum Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan mereka dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Akan tetapi sekarang Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum yang terdapat 4 diorama sejarah Indonesia khususnya Yogyakarta, minirama, media interaktif, ruang audiovisual, hingga beberapa benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

4. Pasar Beringharjo

Tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Pasar Beringharjo. Tempat wisata ini juga dekat dengan Malioboro dan tidak pernah sepi pengunjung. Pasar Beringharjo paling terkenal dengan kulakan atau belanja batik. Tak hanya itu, tempat ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, jamu, sampai souvenir pernikahan. Harga produk yang dijual juga murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar. Tetapi tetap waspada dengan dompet. Jangan sampai kecolongan gara-gara kelewat fokus belanja. Selain itu pengunjung juga bisa mencoba berbagai kuliner khas Yogyakarta. 

5. Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Tempat wisata Jogja ini dulunya adalah sebuah lokasi pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II, serta memiliki banyak sekali ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta. Namun sekarang, tempat ini dijadikan sebagai destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat liburan. 


Tempat Wisata Jogja Murah

Tugu Jogja
Perbesar
Kondisi seputar Tugu Jogja saat musim mudik (Liputan6.com / Fathi Mahmud)

6. Titik Nol Jogja

Tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi adalah titik nol kilometer. Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan, namun sering dijadikan titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni. Titik Kilometer nol Jogja ini merupakan ujung dari jalan Malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di sini sekadar mengabadikan momen di tengah hiruk pikuk perkotaan. 

7. Tugu Jogja

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati tempat wisata Jogja ini, namun harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja yang ikonik itu. Suasana malam di lokasi ini juga sangat indah, di mana tersebar sejumlah kafe dan angkringan di beberapa titik.

8. Jalan Malioboro

Bukan tanpa alasan bila Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV, karena dengan menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat itu kamu bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak. Malioboro bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Kawasan ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik. Menikmati suasana Jogja di Malioboro juga tidak dipungut biaya.

9. Alun-Alun Kidul

Tempat wisata Jogja murah serta mudah dijangkau oleh pengunjung adalah Alun-Alun Kidul. Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta, serta terdapat beringin kembar yang legendaris. Biasanya pengunjung yang datang akan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup. Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni.

10. Taman Sari

Berlibur ke Yogyakarta akan semakin indah, ketika Anda mengunjungi tempat wisata Jogja murah, dengan keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu situs yang paling tepat untuk menikmati seni arsitektur ini tentu saja Taman Sari. Tempat ini merupakan pemandian putri-putri keraton ini memang eksotis, dan sampai sekarang bangunannya juga masih terjaga. Tak heran jika sering digunakan untuk sesi pemotretan profesional atau pre-wedding cukup dengan biaya masuk sebesar Rp 5.000

11. Sate Ratu

Selanjutnya tempat wisata Jogja murah dan cukup populer adalah wisata kuliner Sate Ratu. Tempat ini sangat nyaman dan luas, dilengkapi dengan konsep semi-outdoor. Selain itu, tempat ini juga tersedia area indoor dan outdoor, dan uniknya lagi, tempat ini sudah dikunjungi tamu dari 85 negara, yang membuktikan bahwa produknya dapat diterima di lidah masyarakat lokal maupun internasional. Menu andalan yang ada di tempat wisata Jogja terbaru ialah Sate Ayam Merah yang dibuat dari bumbu merah racikan sendiri, Sate Kanak versi tidak pedas dari Sate Ayam Merah dan Lilit Basah. 

12. Rumah Indian Dlingo

Rumah Indian Dlingo adalah tempat wisata Jogja murah dan cukup populer, serta berlokasi di dalam Hutan Pinus Pengger. tempat wisata ini menawarkan kecantikan Kota Jogja yang bisa pengunjung lihat dari ketinggian. Dilengkapi dengan panorama alam yang semakin memukau bisa pengunjung temukan saat berkunjung di malam hari. Di sini, terdapat juga beberapa rumah-rumah yang mirip dengan rumah Suku Indian yang langsung mengarah ke hamparan luas lanskap Kota Jogja.

 


Tempat Wisata Jogja Murah

Heha Ocean View
Perbesar
Heha Ocean View, Yogyakarta. (Liputan6.com/IG/hehaoceanview)

13. Tumpeng Menoreh

Tempat wisata Jogja terbaru serta wajib dikunjungi saat liburan adalah Tumpeng Menoreh. Tempat wisata ini berada di Samigaluh, Kulonprogo serta terletak di puncak bukit. Karena letaknya yang berada di puncak bukit, membuat pengunjung yang datang di sini, akan melihat pemandangan 360 derajat tanpa terhalang apa pun. Pemandangan sunset yang indah juga bisa pengunjung nikmati. Selain itu pemandangan atas bukit ini sangat cocok jika difoto dengan menggunakan drone.

14. Heha Ocean View

Heha Ocean View adalah tempat wisata Jogja murah juga terbaru dan sangat populer. Tempat ini menyuguhkan pemandangan laut indah dengan berbagai spot foto yang unik. Spot foto wisata Jogja yang paling ikonik di Heha Ocean View adalah balkon kaca yang berlatarkan laut. Selain itu, Heha Ocean View juga menyediakan tempat nongkrong yang nyaman bagi pengunjung, jika lapar tersedia juga beragam stand makanan dan minuman yang bisa dicicipi.  Heha Ocean View terletak di Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul dan buka dari pukul 09.00 hingga 21.00. Harga tiket masuk juga tergantung jam berkunjung, namun harganya mulai dari Rp 15.000

 

15. Taman Bunga Nawari

Tempat wisata Jogja murah yang wajib untuk dikunjungi saat musim liburan adalah Taman bunga Nawari. Taman ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Di mana lahan seluas  560 meter serta berbentuk persegi memiliki sekitar 12 ribu tanaman bunga matahari yang telah ditanam sejak Maret 2018 lalu. Bagi pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi taman bunga satu ini, cukup untuk siapkan uang sebesar Rp 6.000 namun pengunjung sudah bisa menyaksikan hamparan bunga yang luas. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga dengan keluarga Anda, berlatar hamparan bunga matahari. 

16. De Mangol

De Mangol adalah tempat wisata Jogja murah dan populer serta terletak tak jauh dari bukit Bintang Hargodumilah. Lokasinya berada di Jalan Raya Patuk Ngoro-ngoro KM 1,4, Sumber Tetes, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta membuat pengunjung bisa menikmati indahnya sunset dan gagahnya pemandangan Gunung Merapi. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto dengan beragam spot yang telah disediakan.

17. Watu Langit Coffee

Tempat wisata Jogja murah selanjutnya, akan menawarkan waktu senja dengan segelas kopi sambil melihat pemandangan cantik. Bagi pengunjung hal ini menjadi satu hiburan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Saat berada di tempat wisata ini pengunjung dapat merasakan pengalaman tersebut. Terletak di ketinggian membuat siapapun bisa menyaksikan pemandangan Jogja dari atas. Wisata Jogja terbaru dan populer Watu Langit juga menyuguhkan aneka kopi yang lengkap dengan makanan prasmanan bagi pengunjung yang kelaparan. 

18. Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo adalah destinasi wisata di Jogja murah yang sudah ada sejak lama, namun baru jadi buah bibir beberapa bulan belakangan. Tempat ini merupakan air terjun yang indah, selain itu pengunjung bisa berswafoto dengan latar yang Instagramable. Grojogan Watu Purbo berada di Sleman, tepatnya di Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel. Bentuknya yang tak biasa, seperti terasering enam tingkat juga dialiri sederet air terjun kecil juga tidak terlalu deras. Selain itu, setiap undakan pada air terjun dilengkapi tangga, sehingga pngunjung bisa menggunakannya untuk mencapai setiap tingkat. 


Tempat Wisata Jogja Murah

Wisata Jogja
Perbesar
Pemandangan yang indah (sumber: wonderfulisland)

19. Puncak Sosok

Tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Puncak Sosok. Tempat ini berada di tenggara Kota Jogja atau berada di Jambon, Bawuran, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa, di mana pengunjung bisa menikmati matahari saat terbenam dari atas bukit sambil menikmati sajian musik live. Lebih asyik juga sambil menikmati hidangan yang disajikan oleh kios makanan yang tersedia.

20. Bhumi Merapi

Tempat wisata Jogja murah yang memiliki konsep bergaya Eropa ini adalah Bhumi Merapi. Tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai sarana berfoto namun dengan harga terjangkau. Sebelum masuk ke dalam wisata ini, terdapat sebuah dinding benteng atau kastil dengan sumur mati yang akan menyambut Anda, juga pengunjung bisa melihat bangunan tempat yang didominasi warna putih dan biru dengan atmosfer yang ada di Santorini, Yunani. Langlang Buana pun menyediakan spot foto bernama Underground Baker Street, serta tersedia berbagai lukisan dengan tema Renaissance lengkap dengan Romeo dan Juliet pun menghiasi salah satu tembok di Langlang Buana. 

21. Obelix Hills

Tempat wisata Jogja murah selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah Obelix Hills. Tempat wisata ini memiliki antrian yang cukup panjang, namun saat berada di sini pengunjung akan ditawarkan spot foto yang unik, serta dekorasi tempat yang cantik. Tempat wisata ini juga memiliki pemandangan yang indah membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung ke Obelix Hills. Tidak hanya itu, wisata Jogja terbaru dan populer juga menyediakan restoran dan berbagai macam stand makanan yang bisa menjadi menu santapan pengunjung. 

22. Suwatu by Mil&Bay

Suwatu by Mil&Bay merupakan tempat wisata di Jogja murah dengan konsep dan nuansa ala Bali, di mana tempat ini memadukan alam dan budaya. Menyuguhkan pemandangan Jogja dari atas membuat Suwatu by Mil&Bay selalu ramai dikunjungi, sehingga tempat wisata ini memberlakukan reservasi terlebih dahulu karena tempat yang terbatas. Selain itu, beragam sajian menu yang ditawarkan ada dua, yaitu paket menu Sojiwan dan Prambanan, lengkap dari starter, entrée, dessert dan beverage yang siap memanjakan lidah pengunjung. Suwatu by Mil&Bay dapat ditemukan di Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan. Namun tempat indah ini hanya di buka saat jam makan siang dan makan malam.  

23. Pantai Ngrawe

Selain wisata nuansa kuliner juga sejarah dan budaya, Tempat wisata Jogja murah juga memiliki panorama alam yang indah dan menarik. Kalau kamu ingin bersantai sambil menikmati pemandangan pantai yang indah, kamu bisa mengunjungi Pantai Ngrawe. Pantai ini memiliki konsep yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya, di mana pengunjung akan disajikan pemandangan taman dengan pepohonan dan rerumputan hijau. Di sana juga disediakan bangku-bangku taman berwarna putih yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk dan bersantai. Di pantai ini juga terdapat berbagai spot foto yang instagramable.

24. Pantai Kukup

Wisata Jogja murah yang wajib kamu kunjungi ialah Pantai Kukup. Pantai ini terletak di Kemadang, Gunung Kidul ini memiliki jarak tempuh kurang lebih sejauh 62 Km dari pusat kota Jogja atau 1-2 jam perjalanan. Saat berada di Pantai Kukup Anda bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih yang cantik serta pemandangan laut yang indah. Di samping itu, hamparan bukit-bukit karang yang terdapat di pantai ini menambah keindahan pemandangan yang disajikan oleh pantai yang telah populer di masyarakat ini.

25. Pantai Jogan

Tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Jogan. Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 74 Km dari pusat kota Jogja atau kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Berbeda dengan pantai yang lainnya, pantai ini tidak memiliki pasir putih yang cantik, bahkan tidak memiliki batas langsung dengan laut. Akan tetapi, di pantai ini anda dapat menikmati keindahan air terjun yang berada tepat di pinggir laut yang tingginya sekitar 10 meter. Selain bisa menikmati keindahan air terjun ini, anda juga bisa menikmati guyuran air terjun yang segar dengan menuruni tebing menggunakan tangga bambu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya