Pengertian Sistem adalah Metode untuk Mencapai Sesuatu, Simak Penjelasan Para Ahli

Oleh Laudia Tysara pada 26 Sep 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 27 Sep 2022, 08:17 WIB
Ilustrasi siswa, pelajar
Perbesar
Ilustrasi siswa, pelajar. (Photo by Barney Yau on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Memahami pengertian sistem adalah sesuatu yang teratur dan saling berkaitan. Istilah sistem adalah memiliki arti, bagian dari metode atau cara melakukan sesuatu. Tujuan sistem adalah berguna untuk mencapai sesuatu.

Dalam buku berjudul Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek (2016) oleh Sri Marmoah, tujuan dari diciptakannya sistem adalah untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem adalah yang digunakan sangat berpengaruh pada kegiatan dan pencapaian untuk tujuan bersama.

Dalam buku berjudul Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (2019) oleh Rahmanuddin Tomalili, pengertian sistem adalah sebuah jaringan dengan berbagai prosedur yang saling berkaitan, untuk mencapai tujuan, yakni menggerakkan fungsi utama dari suatu usaha.

Memahami contoh sistem adalah persis seperti satu set peralatan komputer dan program untuk tujuan tertentu atau sekumpulan organ atau struktur dalam tubuh yang memiliki tujuan tertentu. Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sistem, pengertian sistem, karakteristik sistem, dan jenis-jenis sistem, Senin (26/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pengertian Sistem adalah Metode untuk Mencapai Sesuatu

Manajemen Waktu dan Strategi Belajar
Perbesar
Ilustrasi Belajar. Credit: pexels.com/Hana

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pengertian sistem adalah susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dan sebagainya.

Secara bahasa, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, pengertian sistem adalah berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma). Pengertian sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan. 

Sistem adalah memiliki ciri-ciri khusus yang bisa memudahkan pengenalannya. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) mengutip dari Syubanuddin Murom, ada empat ciri-ciri sistem yang perlu diketahui. Ini penjelasan ciri-ciri sistem tersebut:

1. Interdependensi

Ciri-ciri sistem adalah memiliki interdependensi artinya komponen-komponen, saling berkaitan, berinteraksi, dan memiliki interdependensi secara keseluruhan.

2. Output

Ciri-ciri sistem adalah ada keluaran (output) daripadanya sesuai dan konsisten dengan tujuan yang sudah direncanakan.

3. Totalitas

Ciri-ciri sistem adalah memiliki eksistensi kesatuan (totalitas) dipengaruhi komponen-komponennya, dan sebaliknya masing-masing komponen dipengaruhi oleh kesatuannya.

4. Tujuan

Ciri-ciri sistem adalah berupa kesatuan yang mempunyai masukan (input) dan keluaran (output) atau tujuan tertentu.

Cambridge Dictonary, menjelaskan pengertian sistem adalah satu set benda atau perangkat terhubung yang beroperasi bersama. Dicontohkan, sistem adalah persis seperti satu set peralatan komputer dan program untuk tujuan tertentu atau sekumpulan organ atau struktur dalam tubuh yang memiliki tujuan tertentu.

Keberadaan sesuai pengertian sistem adalah tak lain untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam buku berjudul Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek (2016) oleh Sri Marmoah, tujuan dari diciptakannya sistem adalah untuk mencapai tujuan tertentu. Sistem adalah yang digunakan sangat berpengaruh pada kegiatan dan pencapaian untuk tujuan bersama.


Karakteristik dan Macam-Macam Sistem yang Perlu Diketahui

Sekolah Online
Perbesar
Ilustrasi Belajar Secara Online Credit: pexels.com/pixabay

Karakteristik Sistem:

Sistem adalah memiliki karakteristik khusus yang lebih kompleks daripada ciri-ciri sistem sebagaimana dijelaskan sebelumnya. Ini penjelasan karakteristik sistem dalam buku berjudul Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server (2007) oleh Kusrini dan Andri Koniyo:

1. Karakteristik sistem adalah memiliki komponen sistem (component), sistem terdiri atas berbagai komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama.

2. Karakteristik sistem adalah memiliki batasan sistem (boundary), ini daerah batasan sistem yang satu dengan lainnya atau dengan lingkungan kerjanya.

3. Karakteristik sistem adalah memiliki subsistem, yang menjadi bagian dari sistem yang beraktivitas dan berinteraksi satu sama lain demi mencapai tujuan sesuai sasarannya.

4. Karakteristik sistem adalah memiliki lingkungan luar sistem (environment), artinya sistem yang berada di luar batasan, yang mana dipengaruhi oleh operasi sistem.

5. Karakteristik sistem adalah memiliki penghubung sistem (interface), antarsubsistem tentunya dihubungkan oleh media penghubung. Adanya media ini memungkinkan proses pengaliran sumber daya dari satu subsistem ke subsistem lainnya.

6. Karakteristik sistem adalah memiliki masukan sistem (input) adalah energi yang masuk ke dalam sebuah sistem, seperti perawatan dan sinyal.

7. Karakteristik sistem adalah memiliki keluaran sistem (output), hasil energi yang telah diolah serta diklasifikasikan sebagai keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.

8. Karakteristik sistem adalah memiliki pengolahan sistem (process), setiap sistem dapat memiliki suatu bagian pengolah yang bisa mengubah masukan atau input menjadi keluaran atau output.

9. Karakteristik sistem adalah memiliki sasaran sistem (object) adalah tujuan yang ingin dicapai oleh sistem.

Macam-Macam Sistem:

Setelah memahami karakteristik sistem, kemudian ketahui macam-macam sistem. Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mengutip dari Hutahaean, menjelaskan ada empat macam-macam sistem yang perlu diketahui:

1. Macam Sistem Abstrak dan Fisik

Sistem abstrak adalah macam atau jenis sistem yang berupa pemikiran-pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. Sementara itu, macam atau jenis sistem fisik adalah sistem yang ada secara fisik.

2. Macam Sistem Tentu dan Tak Tentu

Sistem tentu adalah macam atau jenis sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi, sebagai keluaran sistem dapat diramalkan.

Sementara macam atau jenis sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probalistik.

3. Macam Sistem Alamiah dan Buatan Manusia

Sistem alamiah adalah macam atau jenis sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia. Sementara sistem buatan manusia adalah macam atau jenis sistem yang dibuat oleh manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin (human machine system).

4. Sistem Terbuka dan Tertutup

Sistem tertutup adalah macam atau jenis sistem yang tidak berpengaruh dan tidak berhubungan dengan lingkungan luar, sistem bekerja otomatis tanpa ada turut campur lingkungan luar.

Sementara itu, macam atau jenis sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem ini menerima input dan output dari lingkungan atau subsistem lainnya.


Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

[Fimela] ujian
Perbesar
Ilustrasi belajar. | pexels.com/@louis-bauer-79024

Apabila sudah memahami pengertian sistem secara umum, ciri-ciri sistem, karakteristik sistem secara lebih khusus, dan macam-macam atau jenis sistem, kemudian simak pengertian sistem menurut para ahli. Ini pengertian sistem menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Sistem Menurut Anwar Arifin

Pengertian sistem adalah sebuah kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian saling bergantung dan kait berkait satu dengan lainnya.

2. Pengertian Sistem Menurut Fatansyah

Pengertian sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsi dan tugas khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses tertentu.

3. Pengertian Sistem Menurut Ludwig Von Bertallanffy

Pengertian sistem adalah suatu kumpulan unsur yang berada pada kondisi yang saling berinteraksi.

4. Pengertian Sistem Menurut R. Fagen dan A.Hall

Pengertian sistem adalah suatu kumpulan objek yang meliputi hubungan antara objek tersebut, serta hubungan antara sifat yang mereka punya.

5. Pengertian Sistem Menurut Azhar Susanto

Pengertian sistem adalah kumpulan atau grup dari sub sistem/bagian/komponen atau apapun baik fisik ataupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan dapat bekerja sama untuk mencapai satu tujuan tertentu.

6. Pengertian Sistem Menurut Sutarman

Pengertian sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama.

7. Pengertian Sistem Menurut Arifin Rahman

Pengertian sistem adalah sekumpulan beberapa pendapat (Collection of opinions), prinsip-prinsip, dan lain-lain yang telah membentuk satu kesatuan yang saling berhubungan antar satu sama lain.

8. Pengertian Sistem Menurut Sutabri

Pengertian sistem adalah suatu kumpulan atau himpunan dari suatu unsur, komponen, atau variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu.

9. Pengertian Sistem Menurut A Rapoport

Pengertian sistem adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.

10. Pengertian Sistem Menurut Cambridge Dictonary

Pengertian sistem adalah cara untuk melakukan sesuatu. Ini didefinisikan seperti satu set benda atau perangkat terhubung yang beroperasi bersama. Pengertian sistem juga bisa berarti satu set peralatan komputer dan program yang digunakan bersama untuk tujuan tertentu atau sekumpulan organ atau struktur dalam tubuh yang memiliki tujuan tertentu.

11. Pengertian Sistem Menurut Meriam-Webster

Pengertian sistem adalah interaksi secara teratur atau kelompok item yang saling bergantung membentuk satu kesatuan yang utuh. Pengertian sistem adalah seperangkat ajaran, gagasan, atau asas yang terorganisasi biasanya dimaksudkan untuk menjelaskan pengaturan atau cara kerja dari keseluruhan yang sistematis.

12. Pengertian Sistem Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Pengertian sistem adalah susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dan sebagainya.

13. Pengertian Sistem Menurut Prajudi

Pengertian sistem adalah sebuah jaringan dengan berbagai prosedur yang saling berkaitan, untuk mencapai tujuan, yakni menggerakkan fungsi utama dari suatu usaha.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya