Staycation Adalah Liburan dengan Menetap di Suatu Tempat, Ketahui Manfaatnya

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 26 Sep 2022, 09:20 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 09:20 WIB
Nikmati Momen Liburan, Ini Potret Lulu Tobing Staycation Di Bali
Perbesar
Di usianya yang sudah 44 tahun ini, Lulu Tobing banyak membagikan potret kesibukannya di media sosial Instagram. Mulai dari berbagai acara film, hingga potret akrabnya dengan sahabat, salah satunya dengan Happy Salma. Sesekali ia tampil menawan saat mengunggah potret selfienya yang menuai banyak tanggapan. (Liputan6.com/IG/@lutob)

Liputan6.com, Jakarta Staycation adalah kegiatan liburan yang biasanya dilakukan dengan menetap atau tinggal disuatu tempat. Dengan melakukan staycation, mampu memberi Anda kesempatan untuk merasakan liburan unik serta dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan. Mungkin kebanyakan dari Anda tidak memiliki waktu untuk sekadar liburan ke tempat atau negara impian, namun dengan melakukan staycation akan banyak manfaat yang bisa diperoleh. 

Staycation adalah kegiatan liburan, yang umumnya terdiri dari tinggal di rumah tetapi melakukan perjalanan sehari yang menyenangkan ke tempat-tempat yang bisa jelajahi selama hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Dengan menginap akan sangat menyenangkan, karena Anda tidak perlu khawatir tentang mengemas terlalu banyak, biaya perjalanan, serta Anda juga bisa menikmati waktu libur dari pekerjaan, dan menghindari stres yang tak terhindarkan yang menyertai perjalanan.

Staycation adalah liburan yang menawarkan berbagai manfaat, salah satunya adalah kesehatan Anda menjadi terjaga karena terhindar dari stres saat melakukan perjalanan. Staycation atau kegiatan menetap yang dilakukan bersama keluarga lebih menghemat pengeluaran, namun Anda mendapat keuntungan di mana waktu perjalanan lebih sedikit dan waktu berkualitas bersama keluarga lebih banyak.  

Berikut ini staycation adalah liburan dengan banyak manfaatnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Staycation

Mau Weekend Bersama Keluarga di Tengah Kota? Jadikan Staycation Sebagai Inspirasi liburan
Perbesar
Mau Weekend Bersama Keluarga di Tengah Kota? Jadikan Staycation Sebagai Inspirasi liburan

1. Lebih murah

Manfaat yang bisa Anda peroleh ketikan melakukan staycation adalah menginap lebih hemat biaya karena begitu banyak pengeluaran yang terpotong, sehingga Anda tidak perlu memesan penerbangan, bepergian menuju bandara, atau menghabiskan uang untuk makanan mahal karena Anda tidak tahu di mana makanan dengan harga terjangkau di kota. Staycation juga melibatkan perjalanan singkat melintasi kota, memberi Anda lebih banyak uang untuk memanjakan diri. 

Tindakan sederhana dengan bepergian lintas negara atau internasional dapat memakan waktu satu hari atau lebih, tergantung dengan tempat tujuan, namun karena perjalanan membutuhkan waktu, Anda biasanya perlu menghabiskan sekitar satu minggu di sana untuk membuatnya berharga, yang berarti Anda kehilangan uang dari pekerjaan atau menghabiskan hari-hari liburan yang berharga. Dengan staycation, tidak ada waktu perjalanan, bahkan bisa memasukkan liburan ke akhir pekan jika waktunya memang singkat. 

2. Tak ada waktu persiapan

Manfaat staycation berikutnya adalah tidak ada waktu untuk persiapan yang bisa menimbulkan stres. Biasanya ketika melakukan liburan, Anda perlu memilah asuransi perjalanan, uang perjalanan dan berbagai persiapan lain yang memicu tekanan mental, maka dengan staycation, Anda bisa pulang kerja, memasukkan beberapa pakaian favorit Anda ke dalam tas travel dan melakukan perjalanan singkat ke hotel, juga melakukan hal seru dan menyenangkan lainnya. 

3. Ramah lingkungan

Banyak orang berharap mereka bisa berbuat lebih banyak untuk membantu melindungi lingkungan. Aakan tetapi dengan liburan yang semenyenangkan mungkin, sering kali meninggalkan jejak karbon yang signifikan. Namun, staycation memang membantu lingkungan, karena tidak ada penerbangan yang terlibat, itu untuk periode waktu yang lebih singkat, dan lebih cenderung meninggalkan mobil dan menggunakan cara-cara ramah lingkungan untuk berkeliling.


Manfaat Staycation

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi staycation di hotel. (dok. Pexels/Andrea Piacquadio)

4. Dukung ekonomi lokal

Manfaat staycation adalah membantu memompa uang ke ekonomi lokal yang seharusnya pergi ke tempat lain. Jika Anda melakukan staycation bersama dengan keluarga di akhir pekan, maka secara tidak langsung bisa membantu bisnis lokal dan komunitas, serta menunjang ekonomi lokal. Hal ini lebih baik dilakukan, daripada memilih untuk liburan menuju negara lain yang tentu mengeluarkan lebih banyak biaya. 

5. Tempat menginap yang menyenangkan

Mungkin alasan terbaik untuk mengambil staycation adalah Anda bisa menikmati semua keuntungan dari liburan reguler tanpa kekurangan apapun. Melakukan staycation bersama dengan keluarga, serta menikmati kemewahan kamar tamu Prairiesside Suites dan membelanjakan uang Anda untuk hal terbaik, serta melakukan perjalanan pulang singkat yang benar-benar segar setelah akhir pekan yang menyenangkan.

6. Banyak waktu berkualitas 

Adapun manfaat dari staycation yang bisa Anda peroleh adalah lebih sedikit perjalanan, namun banyak waktu berkualitas yang bisa diperoleh. Ketika Anda melakukan staycation, tidak akan membuang waktu berharga, salah satu contohnya perjalanan ke bandara, melakukan pemesanan tiket dan banyak hal tak terduga lainnya. Namun dengan staycation tidak perlu pulih dari efek penerbangan jarak jauh, kelelahan, dan jetlag. 

 


Manfaat Staycation

Berlibur atau Staycation Sebagai Terapi
Perbesar
Ilustrasi Liburan Credit: pexels.com/LeTensflix

7. Metode perjalanan berkelanjutan

Kita semua akan menjadi lebih sadar akan pariwisata yang bertanggung jawab dan bagaimana perjalanan kita meninggalkan jejak di dunia. Namun dengan melakukan staycation, sesuatu yang dapat kita lakukan masing-masing dan setiap orang, adalah mengurangi jumlah penerbangan yang kita ambil setiap tahun. Dengan melakukan ini, kita mengurangi jejak karbon yang tentu aman untuk lingkungan. 

8. Membutuhkan lebih sedikit perencanaan 

Perencanaan merupakan bagian besar dari liburan banyak orang, namun dengan keindahan dari staycation dalah Anda dapat meninggalkan rumah tanpa menyelesaikan banyak pekerjaan. Tidak perlu mencari penerbangan murah, atau mencari tahu bagaimana akomodasi yang bisa digunakan. Tidak perlu juga mengantri untuk kendaraan sewaan, tidak mengajukan visa, mata uang asing atau menimbang barang bawaan. Dengan staycation, Anda tetap asyik merencanakan, tapi tanpa beban berlebih yang berarti lebih sedikit stres.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya