Sukses

Spam adalah Penyalahgunaan Sistem Pesan Elektronik, Kenali Jenis dan Bentuknya

Spam adalah istilah yang digunakan dalam internet atau perangkat komputer dan mobile.

Liputan6.com, Jakarta Spam adalah istilah yang mungkin masih belum dipahami banyak orang, walaupun sudah sering mendengarnya. Istilah spam ini sering kali digunakan pada penggunaan surat elektronik atau email serta penggunaan aplikasi mengirim pesan.

Spam sangat mengganggu karena biasanya dikirim dalam jumlah besar. Selain itu, spam ini sering kali merupakan pesan yang bersifat komersil, yang biasanya tidak diinginkan oleh si penerima pesan. Spam menjadi istilah yang sangat umum di dunia internet.

Spam adalah istilah yang digunakan dalam internet atau perangkat komputer dan mobile. Menilik penggunaan perangkat komputer dan mobile menjadi sebuah kewajiban saat ini, kamu tentunya menjadi sangat perlu memahami apa itu spam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022) tentang spam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spam adalah

Spam adalah istilah yang wajib dipahami para pengguna perangkat komputer maupun mobile. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, spam adalah surat yang dikirim tanpa diminta melalui internet, biasanya berisi iklan. Mengutip Ditsti ITB, spam adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal.

Biasanya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan kerap kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna internet. Jadi, spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya.

Bentuk spam yang dikenal secara umum di antaranya spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, dan spam jejaring sosial.

Spam adalah pesan yang dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena  tidak memerlukan mailing list untuk mencapai para pelanggan yang diinginkan. Hambatan masuk yang rendah, membuat banyak spammers  muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi.

Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyedia jasa Internet atau Internet service provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming, sedangkan orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.

3 dari 4 halaman

Jenis Spam

Jenis-jenis spam adalah sebagai berikut:

- Spam Promosi

Spam promosi memiliki tujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan yang ditawarkan oleh sebuah brand. Spam jenis ini relatif tidak berbahaya dan tidak menimbulkan ancaman bagi penerima.

- Spam Malware

Spam malware biasanya berisi file jahat yang bertujuan untuk menyebarkan virus dan menginfeksi sistem operasi perangkat penerima. Tujuan utama dari virus malware ini juga bervariasi. Seringnya, spam jenis ini digunakan untuk mencuri data penerima atau untuk merusak data yang ada pada perangkat.

- Spam Phishing

Phishing scam adalah salah satu bagian dari spam malware. Sejatinya, phishing adalah praktik penipuan, di mana spammer berpura-pura menjadi brand terkenal yang memberikan promosi dan hadiah.

- Spam Penipuan

Spam penipuan bisa dianggap sebagai salah satu jenis spam paling berbahaya untuk penerima. Tujuan utama pesan ini adalah untuk menipu penerima dengan penawaran hadiah yang cukup besar. Spammer akan mengirimkan pesan yang berisi tentang pengumuman event undian hadiah atau semacamnya.

4 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Spam

Bentuk-bentuk spam adalah sebagai berikut:

- Surat elektronik atau email

Spam surat elektronik atau spam email adalah praktik pengiriman pesan dalam surat elektronik yang tidak diinginkan, sering bersifat komersial, dan masuk dalam jumlah besar kepada siapa pun. Spam di surat elektronik mulai menjadi masalah saat internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an. Dalam perkembangannya, spam surat elektronik saat ini dikirim melalui "jaringan zombie", jaringan virus yang terinfeksi di komputer pribadi baik rumah atau di kantor di seluruh dunia.

Hal ini mempersulit upaya untuk mengontrol penyebaran spam, seperti banyak kasus di mana spam tidak berasal dari spammers. Munculnya banyak spam yang bukan dari spammers dikarenakan pembuat perangkat perusak, spammers, dan penipu keuangan belajar satu sama lain sehingga memungkinkan mereka membentuk berbagai jenis kerja sama.

- Pesan instan

Kamu mungkin sudah mengenal beberapa aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp, Telegram, Line, dan sebagainya. Spam pesan instan memanfaatkan sistem dari pesan instan. Spam pesan instan cenderung tidak diblokir oleh firewall sehingga saluran ini sangat berguna bagi para spammers.

- Telepon genggam

Spam telepon genggam diarahkan pada layanan pesan teks atau sms di ponsel. Spam ini bisa sangat mengganggu pelanggan karena bukan hanya masalah ketidaknyamanan, tetapi juga karena biaya yang mungkin dikenakan dari setiap pesan teks yang diterima. Istilah "kejang" diciptakan di website iklan Adland pada tahun 2000 untuk menggambarkan pesan teks spam.

- Mesin pencari informasi web (web search engine spam)

Spam ini disebut juga spamdexing, singkatan dari spamming dan indexing. Spamdexing ini mengacu pada praktik di WWW dari modifikasi halaman HTML untuk meningkatkan kesempatan mereka dalam menempatkan apa itu spam di mesin pencari dengan relevansi paling tinggi.

Banyak mesin pencari modern memodifikasi pencarian algoritma mereka untuk mencoba mengecualikan halaman web menggunakan taktik spamdexing. Misalnya, mesin pencari akan mendeteksi kata kunci yang berulang sebagai spam dengan menggunakan analisis tata bahasa. Jika pemiliki web ditemukan memiliki spam untuk meningkatkan halaman palsu tersebut, situs web dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari.

- Usenet Newsgroup dan forum

Spam newsgroup adalah jenis spam yang sasarannya adalah usenet newsgroup. Jenis spam ini sebenarnya merupakan spam sebelum spam surat elektronik. Spam ini sering masuk secara berulang dengan subtansi pesan yang sama.

Spam forum adalah menciptakan pesan berupa iklan atau pesan yang tidak diinginkan di forum internet. Umumnya, spam ini dilakukan oleh robot spam otomatis. Kebanyakan spam di forum terdiri dari link ke situs eksternal, dengan tujuan selain untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari di daerah sangat kompetitif seperti penurunan berat badan, obat-obatan, perjudian, pornografi atau pinjaman, juga untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam situs web komersial itu.

- Game online

Banyak permainan online yang memungkinkan pemain untuk menghubungi satu sama lain melalui pesan, ruang diskusi, atau area diskusi publik. Syarat yang harus dipenuhi sebagai spam bervariasi dari setiap permainan, tetapi biasanya istilah ini berlaku untuk semua bentuk pesan massal dan melanggar syarat-syarat kontrak jasa untuk situs web.

Hal ini sangat umum ditemui adalah perdagangan uang secara nyata. Spammers untuk jenis ini mencoba untuk menjual permainan yang berhubungan dengan barang dan uang dalam dunia nyata. Mereka mengirim spam melalui sistem pesan dalam permainan atau bisa juga mematikan permainan kemudian membawa pemain ke situs web penjualan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.