Sukses

14 Tempat Wisata di Australia Paling Ikonik, Nikmati Festival dan Lucunya Hewan Berkantung

Simak rekomendasi tempat wisata di Australia yang wajib Anda kunjungi jika baru pertama kali datang ke Negara Kanguru ini.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tempat wisata di Australia mungkin bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang akan melakukan liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya. Apalagi ada banyak tempat wisata di Australia yang sangat menarik untuk dikunjungi, baik wisata alamnya maupun bangunan-bangunan di kotanya.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa Australia tidak memiliki hal yang menarik untuk dikunjungi. Ini jelas salah. Ada banyak tempat wisata di Australia yang sangat ikonik dan terkenal hingga di seluruh dunia.

Sebut saja Opera House Sydney. Sebagian besar orang pasti tahu tempat di Australia yang sangat ikonik tersebut. Meski belum pernah mengunjungi Opera House Sydney, setidaknya sebagian besar orang pasti pernah melihat wujud tempat wisata di Australia ini, baik itu dari gambar di Internet, maupun poster.

Itu hanya sebagian kecil tempat wisata di Australia yang sangat wajib untuk dikunjungi ketika Anda melakukan perjalanan di negara yang terkenal dengan sebutan negara kanguru itu. Yang pasti ada banyak tempat wisata di Australia yang tidak akan pernah mengecewakan.

Berikut adalah daftar tempat wisata di Australia yang wajib untuk Anda kunjungi setidaknya sekali, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (24/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Australia Paling Ikonik

1. Sydney Opera House

Tempat wisata di Australia terbaik pertama yang menjadi andalan para wisatawan adalah Sydney Opera House. Sydney Opera House telah dianggap sebagai salah satu karya terbaik arsitektur abad ke-20 yang dibangun oleh arsitek Jorn Utzon.

Bangunan ini dibangun sebagai cerminan citra sebuah kapal layar besar. Daya tarik dari gedung ini adalah bentuknya yang menyerupai cangkang. Ada kegiatan unik di dalamnya, seperti beberapa pertunjukan yang digunakan untuk menarik wisatawan. Setiap tahunnya, Sydney Opera House merupakan tuan rumah dari ribuan pertunjukan menarik.

2. Jembatan Pelabuhan Sydney

Tempat wisata di Australia selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah Jembatan Pelabuhan Sydney. Tempat wisata di Australia ini merupakan jembatan yang dijadikan sebagai jalur inti saat akan melakukan penyebrangan di Pelabuhan Sydney.

Pelabuhan Sydney menghubungkan antara pusat bisnis di Sydney dan juga bagian wilayah utara Sydney. Kamu bisa melihat jalur kereta api dan kendaraan bermotot, sepeda, bahkan ada trotoar di dalam jembatan tersebut. Ketika kamu berkunjung ke Sydney, tempat ini wajib dikunjungi karena menjadi destinasi favorit di negara Sydney dan merupakan salah satu ikon di Kota Sydney.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Australia Paling Ikonik

3. Darling Harbour

Masih di kawasan Sydney, kamu bisa berkunjung ke Darling Harbour. Tempat wisata di Australia ini merupakan pelabuhan yang bisa dicapai hanya dengan melakukan jalan kaki. Kamu bisa menempuhnya dari Paddy’s Market dengan jalan kaki, lalu melewati Chinese Garden dan masuk ke sisi bagian selatan pelabuhan.

Tempat wisata di Australia ini menyuguhkan pemandangan yang cukup indah, yaitu latar perkotaan dengan gedung-gedung tinggi dan lautan yang membiru cukup eksotis untuk dilihat dari pinggiran Kota Sydney.

Daya tarik lain Darling Harbour adalah adanya atraksi perairan yang ditujukan untuk wisatawan. Suasana pelabuhan saat malam hari pun lebih cantik dan eksotik dibandingkan siang hari.

4. Sydney Tower

Tempat wisata di Australia terbaik berikutnya adalah Sydney Tower atau menara Sydney. Menara ini memiliki ketinggian sekitar 309 meter dan dijadikan sebagai menara tertinggi di Kota Sydney.

Menara ini terbuka untuk umum, sehingga kamu pun bebas masuk ke dalam menara ini. Letaknya berada di bagian tengah lokasi bisnis dan di atas gedung Center Point. Selain menikmati pemandangan Kota Sydney, di sini setiap tahunnya diadakan lomba Sydney Tower Run-up yang akan menantang pesertanya untuk bisa menaiki menara tersebut mulai dari tingkat paling bawah hingga ke tingkat paling atas.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Australia Paling Ikonik

5. Great Barrier Reef

Rekomendasi tempat wisata di Australia selanjutnya adalah Great Barrier. Great Barrier Reef merupakan lokasi bagi sistem terumbu karang terbesar di dunia. Great Barrier Reef memiliki luas mencapai 2.300 kilometer.

Ada banyak cara untuk menikmati terumbu karang di sini. Mulai dari menyelam scuba, snorkeling, kapal berlantai kaca, jet ski, semi-submersible, hingga kapal berlayar. Bisa juga menikmati dari udara atau bahkan skydive untuk terjun langsung ke dalamnya.

6. Healesville Sanctuary

Di tempat wisata di Australia ini kamu dapat melihat koala secara langsung dan dari jarak yang cukup dekat. Binatang yang ada di Healesville Sanctuary dibiarkan hidup secara bebas, alias tidak ada binatang yang di dalam sangkar.

Kamu bisa dengan bebas berinteraksi dengan semua hewan yang ada di sini, kecuali koala karena koala kebanyakan tidur selama 20 jam per hari.

7. Kangoroo Island

Tempat wisata di Australia terbaik lainnya adalah Kangaroo Island. Pulau ini berada di bagian selatan Australia, yang merupakan pulau terbesar ketiga setelah Tasmania dan Pulau Melville.

Di sini kamu dapat menemukan binatang khas negara ini, yaitu kanguru. Selain hewan berkantung, kamu juga bisa menjumpai hewan liar lainnya seperti ekidna berparuh pendek, wallaby tammar, possum brushtail, dan bandikot coklat selatan. Kamu juga bisa melihat indahnya kehidupan bawah laut seperti ikan dan naga laut leafy. Tak perlu khawatir tersesat, pasalnya ada banyak tanda-tanda di jalan yang membuat kamu dapat belajar sekaligus mengenal keindahan Australia.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Australia Paling Ikonik

8. Kakadu National Park

Kakadu adalah taman nasional terbesar di Australia. Ada banyak hal yang dapat kamu nikmati di tempat wisata di Australia ini, termasuk karya seni suku Aborigin yang diperkirakan telah berusia lebih dari 20.000 tahun.

Taman ini juga merupakan rumah bagi banyak spesies satwa liar yang berbeda termasuk walabi, dingoes, dan buaya. Selain itu, di sini juga terdapat macam-macam spesies burung khas Australia.

9. Whitsunday Islands

Whitsunday Islands merupakan kepulauan yang terdiri dari 74 pulau yang terletak di tengah-tengah Great Barrier Reef Australia. Tempat wisata di Australia ini adalah lokasi sempurna bagi kamu yang ingin menjelajahi kehidupan warna warni bawah laut dengan snorkeling atau scuba diving.

Salah satu bagian terbaik dari Kepulauan Whitsunday adalah sebuah pantai yang bernama Whitehaven Beach. Kepulauan ini adalah pilihan lokasi wisata di Australia yang sangat cocok untuk kamu yang mencari suasana liburan bahagia dan penuh warna di pulau tropis yang indah.

10. Fraser Island, Queensland

Pulau Fraser yang indah ini terletak di Queensland dan terdaftar sebagai salah satu warisan dunia, serta merupakan pulau pasir terbesar di dunia. Tempat wisata di Australia ini menawarkan pemandangan hutan hujan, bukit pasir, tebing pasir, dan lebih dari 100 danau air tawar.

Keunikan dari tempat wisata di Australia ini adalah kamu bisa melihat pemandangan bangkai kapal yang sudah berkarat. Pulau Fraser diklaim sebagai pulau yang paling murni di seluruh Australia, karena pulau ini belum terkontaminasi oleh banyak manusia dan anjing merupakan penghuni utama pulau ini.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Australia Paling Ikonik

11. Bondi Icebergs

Terletak persis di pinggir pantai Bondi, tempat wisata di Australia ini adalah destinasi yang wajib Anda singgahi ketika merencanakan liburan di Sydney. Yang membuat tempat ini terkenal adalah pemandangan dan sensasi saat ombak menghantam pinggiran kolam renang umum ini.

12. Danau MacDonnell

Danau MacDonnell terletak di Australia Selatan. Danau MacDonnell jelas sangat indah. tempat wisata di Australia ini bahkan seperti pintu masuk ke dimensi lain. Danau ini adalah bagian dari rute road trip Semenanjung Eyre menuju Pantai Cactus yang terkenal sebagai salah satu lokasi surfing yang sangat menantang.

13. Pulau Rottnest

Pernah dengar Quokka? Mereka adalah penduduk asli pulau Rottnest di pesisir kota Perth, yang terkenal akan keramahan dan selfie-nya. Anda dapat memilih perjalanan satu hari, atau tinggal beberapa malam untuk menikmati alam liar, pantai dan makanan enak di pulau ini.

14. Grafton Jacaranda

Kota Grafton di Queensland terkenal dengan Grafton Jacaranda Festival yang memiliki pemandangan tidak kurang dari 2,000 pohon Jacaranda yang bermekaran di seluruh kota. Pohon tersebut menghasilkan daun-daun berwarna ungu yang indah dan sangat Instagrammable.

demikian adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata di Australia, yang bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang punya rencana liburan ke luar negeri dalam waktu dekat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.