Sukses

21 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah, Perawatan dari Luar dan Dalam

Berikut adalah sejumlah cara menghilangkan kerutan di wajah, yang akan membuat kulit wajah semakin kencang.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kerutan di wajah tentu memerlukan perawatan yang telaten. Perawatan yang perlu dilakukan dalam cara menghilangkan kerutan di wajah harus dilakukan dengan perawatan dari luar dan dari dalam.

Perawatan dari dalam artinya, dengan merawat kulit, sedangkan perawatan dari dalam adalah mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi yang dibutuhkan kulit. Dengan kombinasi perawatan tersebut, cara menghilangkan kerutan di wajah akan jauh lebih efektif.

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga harus dilakukan secara rutin dan telaten, apalagi jika menggunakan bahan alami. Menggunakan bahan alami dalam cara menghilangkan kerutan di wajah tentu memiliki berbagai kelebihan, antara lain adalah memiliki sedikit risiko iritasi dan alergi, serta mencegah kulit menjadi lebih parah.

Berikut adalah sejumlah cara menghilangkan kerutan di wajah dengan langkah perawatan dari luar dan dalam, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (24/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

1. Hindari Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet matahari dalam jangka panjang berkontribusi pada penuaan dini dan kerutan. Menghindari paparan sinar matahari bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah sama sekali. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan cara menghindari paparan sinar matahari bisa dilakukan dengan menggunakan tabir surya SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari. Menggunakan tabir surya secara rutin dapat memperlambat penuaan kulit dan mengurangi risiko bintik hitam dan kerutan.

2. Eksfoliasi dengan Lembut

Cara menghilangkan kerutan di wajah juga bisa dilakukan dengan cara eksfoliasi. Anda bisa mengelupas kulit kering dengan lembut di bawah mata untuk meningkatkan pertumbuhan sel baru. Gunakan hanya produk yang dibuat khusus untuk pengelupasan kulit dan pijat ke area di bawah mata.

Gunakan produk yang benar-benar aman untuk mata. Mata sangat sensitif terhadap bahan kimia yang keras. Jangan berisiko mengaburkan penglihatan atau merusak mata dengan menggunakan produk yang tidak dimaksudkan untuk digunakan di area itu.

3. Senam Wajah

Ekspresi wajah, seperti tersenyum, mengerutkan kening, dan mengerutkan alis, dapat menyebabkan garis-garis halus di wajah. Bahkan kebiasaan tidur tertentu dapat menyebabkan garis-garis halus jika otot-otot wajah yang sama didorong ke atas bantal selama tidur setiap malam.

Cara menghilangkan kerutan di wajah bisa dilakukan dengan cara senam wajah. Beberapa olahraga wajah tertentu telah dikaitkan untuk mengencangkan kulit di bawah mata. Anda bisa melakukan gerakan dahi seperti menggerakkan alis mata dengan menggunakan otot dahi, tahan 5-10 detik kemudian turunkan. Ulangi hingga 10 kali setiap pagi.

4. Petroleum Jelly

Petroleum jelly mengatur fungsi perbaikan pelindung kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Ini dapat mencegah pembentukan garis-garis halus. Mengaplikasikan petroleum jelly pada wajah dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, basahi dahi dan oleskan sedikit petroleum jelly. Beri pijatan agar kulit tidak terasa lengket.

3 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

5. Madu

Mengoleskan madu dapat menyeimbangkan pH kulit dan mengkondisikannya untuk mengurangi munculnya kerutan dan garis halus. Mengoleskan madu di kulit wajah secara teratur bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, oleskan madu pada dahi dan pijat selama satu menit atau lebih. Biarkan selama setengah jam lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat melempabkan kulit dan dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kerutan di wajah. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan aktivitas radikal bebas pada jaringan kulit. Mengaplikasikannya dapat membantu menghilangkan atau memudarkan garis halus di dahi.

Caranya, ambil sedikit minyak kelapa murni di telapak tangan. Pijat di dahi dan wajah selama beberapa menit sampai minyak terserap oleh kulit.

7. Minyak Jarak

Asam Ricinoleic yang ditemukan dalam minyak jarak dapat membantu mencegah kerusakan kulit. Ini dapat menjaga kulit dahi tetap sehat dan bebas dari garis kerutan. Mengaplikasikan minyak jarak juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, oleskan minyak jarak dengan gerakan mengetuk lembut di dahi. Biarkan semalaman. Kemudian bilas dengan air setelah bangun tidur.

8. Tomat

Tomat kaya akan beta-karoten dan likopen yang bisa mengatasi kerusakan akibat sinar matahari yang berbahaya. Garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik penuaan, dan bintik-bintik semuanya dapat dikurangi dan diringankan dengan masker tomat. Dengan kata lain ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, potong tomat menjadi dua. Gosokkan pada dahi selama satu menit. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air.

4 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

9. Pisang

Pisang mengandung minyak dan vitamin alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menghilangkan kerutan di wajah. Dengan kata lain ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, hancurkan seperempat pisang sampai menjadi pasta yang halus. Oleskan selapis tipis pasta pisang pada dahi. Biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

10. Yogurt

Menerapkan probiotik seperti yogurt pada kulit membantu membuatnya lebih kuat melawan penyebab kerusakan seperti sinar matahari. Asam laktat dan enzim alami lainnya yang ada dalam yogurt membersihkan pori-pori dan mengecilkannya. Ini memberikan efek pengencangan pada kulit, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Dengan kata lain ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, campurkan 3-4 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada dahi dan wajah. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

11. Teh Hijau

Teh hijau sarat dengan antioksidan yang membantu membersihkan tubuh, mengurangi keriput dan kulit kendur. Teh hijau dapat membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV.

Seduh teh hijau segar dengan air panas selama beberapa menit. Tambahkan madu secukupnya. Minum selagi teh hangat. Teh hijau juga bisa diaplikasikan langsung ke dahi sebagai masker wajah. Dengan kata lain ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan teh hijau halus. Aplikasikan pada dahi atau wajah. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air dingin.

12. Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk dan lemon kaya akan vitamin C dan E yang penting untuk kesehatan kulit. Flavonoid dalam buah jeruk dapat memperkuat kapiler, meningkatkan kolagen, dan elastin di kulit. Dengan kata lain ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, campur satu sendok teh air lemon dengan dua hingga tiga sendok teh air. Celupkan bola kapas ke dalam campuran dan oleskan ke dahi. Biarkan mengering dan basuh wajah dengan air.

5 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

13. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan. Lidah buaya mengandung vitamin E dan asam malat yang dikenal dapat mengurangi garis-garis halus dengan mengencangkan kulit. Mampu meningkatkan kolagen dan menghidrasi kulit lebih maksimal. Dengan kata lain ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

Caranya, siapkan satu batang lidah buaya. Kupas kulit bagian depan lidah buaya yang berdaging. Cuci dengan air bersih dan jangan sampai lendir hilang seluruhnya. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air bersih.

14. Jauhi Rokok

Mayo Clinic melaporkan bahwa selain usia, asap rokok dan merokok adalah prediktor terkuat keriput pada wanita dan pria. Merokok membuat kulit mengalami stres oksidatif ekstra, merusak kolagen dan elastinnya.

Asap rokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah, menghambat sirkulasi ke pembuluh darah dan membuat kulit kekurangan vitamin A. Gerakan wajah berulang yang dihasilkan saat merokok dan radikal bebas dalam asap rokok dapat menyebabkan kerutan wajah dini. Dengan kata lain, menghindari asap rokok dan berhenti mengonsumsi rokok bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

15. Minum Cukup Air

Kulit kering membuat kerutan tampak lebih menonjol. Kulit yang terhidrasi dengan baik membantu mengurangi tampilan kerutan di dahi. Untuk tetap terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya delapan gelas cairan setiap hari. Kamu dapat mengubah rasa air dengan menambahkan lemon atau menggunakan infuser buah. Dengan kata lain, memenuhi kebutuhan cairan bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah.

16. Konsumsi Makanan Sehat

Vitamin C, vitamin A, dan vitamin E semuanya sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Dengan memasukkan makanan yang kaya vitamin ini ke dalam makanan, akan membantu kulit dan seluruh tubuh untuk membentuk sel-sel baru yang sehat. Beberapa peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara pola makan sehat dan kulit yang tampak lebih muda dan kencang.

6 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

17. Mangga dan Mentimun

Mangga dan mentimun jika dijadikan sebuah jus maka dapat bermanfaat untuk menghilangkan kerutan di wajah Anda. Cara pembuatannya pun sangat mudah, pertama-tama kupas mangga matang dan haluskan dengan menggunakan blender. Selanjutnya, parut mentimun hingga halus dan campurkan dengan mangga yang sudah Anda siapkan. Jika sudah siap, terapkanlah jus tersebut pada mata Anda. Oleskan jus mentimun dan mangga di mata hingga merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air dingin.

18. Wortel dan Seledri

Selain mangga dan mentimun, jus yang terbuat dari campuran wortel dan seledri juga dapat membantu untuk menghilangkan kerutan di wajah Anda. Pertama, siapkan wortel yang matang dan segar lalu kupaslah hingga bersih. Setelah itu, siapkan seledri yang sudah dicuci bersih dan parutlah hingga halus wortel dan seledri tersebut. Campurkan wortel dan seledri tersebut lalu oleskanlah pada beberapa bagian di wajah Anda yang memiliki keriput. Lakukanlah secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

19. Jeruk dan Brokoli

Jeruk dan brokoli selain memiliki manfaat jika dikonsumsi, ternyata memiliki nilai positif pula jika dijadikan sebuah masker wajah yaitu untuk menghilangkan kerutan halus. Parutlah kulit jeruk hingga menjadi sebuah bubuk halus lalu campurkan pula dengan brokoli yang sudah dihaluskan dengan menggunakan blender. Oleskan ke beberapa bagian wajah yang memiliki kerutan halus, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7 dari 7 halaman

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

20. Bayam dan Jahe

Anda dapat menghilangkan kerutan di wajah hanya dengan menggunakan masker dari bahan alami yaitu dengan memulaskan jus bayam dan jahe di wajah Anda. Pertama-tama, haluskanlah bayam dengan menggunakan blender. Parut jahe hingga halus lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga merata. Oleskanlah bayam dan jahe ke wajah lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah didiamkan, bilas wajah dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

21. Kubis dan Wortel

Selain nikmat dan sehat saat dikonsumsi, bayam dan wortel ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk menghilangkan kerutan di wajah Anda. Pertama-tama, haluskan kubis dan wortel dengan menggunakan blender. Campurkan kedua bahan tersebut lalu pulaskanlah pada wajah Anda hingga merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Jika dilakukan secara berkala, maka Anda akan lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan hasil yang diinginkan yaitu hilangnya kerutan di wajah. Bagaimana, tertarik mencoba cara alami untuk hilangkan kerutan di wajah?

Demikian adalah sejumlah cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Pastikan untuk melakukannya secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.