6 Manfaat Internet bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan, Pahami Pengertiannya

Oleh Husnul Abdi pada 23 Sep 2022, 11:10 WIB
Diperbarui 23 Sep 2022, 11:10 WIB
Ilustrasi anak-anak beraktivitas di dunia maya/di internet
Perbesar
Ilustrasi anak-anak beraktivitas di dunia maya/di internet. Kredit: Marc Thele via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Manfaat internet bagi pelajar tentunya sangatlah banyak. Bahkan, teknologi ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Penggunaan internet telah memudahkan banyak sektor dalam kehidupan manusia, tidak terkecuali pendidikan.

Tidak hanya memberikan dampak dalam bidang komunikasi, internet kini bahkan telah memengaruhi cara berpikir, menjalankan bisnis, dan cara menghibur diri bagi banyak orang. Internet sendiri adalah sebuah jaringan komunikasi yang global dan terbuka. Jaringan komunikasi tersebut akan menghubungkan jaringan komputer ke beragam tipe serta jenis.

Manfaat internet bagi pelajar bisa mendukung proses belajar menjadi lebih mudah. Sulit sekali rasanya bila dunia pendidikan tidak memanfaatkan internet. Hal ini karena manfaatnya yang begitu besar dalam memudahkan proses belajar mengajar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022) tentang manfaat internet bagi pelajar.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pengertian Internet

Penggunaan Internet
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Internet Credit: pexels.com/pigjumbo

Sebelum mengenali manfaat internet bagi pelajar, kamu tentu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Penggunannya biasanya diterapkan pada smartphone ataupun komputer dan laptop untuk bekerja, mencari informasi, mendapatkan hiburan, dan lain sebagainya. Internet merupakan sebuah teknologi yang perkembangannya patut untuk kamu pahami.

Pada awalnya internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tepatnya pada tahun 1969. Internet dikerjakan pada proyek ARPA. Kemudian, dengan adanya proyek tersebut ARPA sering disebut ARPANET. ARPANET sendiri awalnya digunakan dengan tujuan kepentingan militer. Tujuannya adalah untuk upaya komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga.

Kemudian, pada akhirnya internet dikembangkan secara meluas hingga seperti saat ini. Bahkan, dengan internet sudah dapat menghubungkan dunia secara global. Bayangkan saja jika dunia tanpa internet, sudah pasti komunikasi global akan terputus.


Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Ilustrasi jaringan internet
Perbesar
Ilustrasi jaringan internet. Kredit: Pete Linforth via Pixabay

Menurut Oxford Dictionary, internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.

Berikut pengertian internet menurut para ahli:

- Sarwono. Pengertian internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global, di mana tidak seorang pun mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri

- Lani Sidharta. Pengertian internet adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang kemudian dapat memberikan pelayanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap.  Lebih lanjut Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang memberikan berbagai manfaat dalam di bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan semata.

- Ned Snell. Menurut Ned Snell, pengertian internet adalah suatu koridor bagi berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

- Sibero. Sibero menyatakan jika pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

- O’Brien. Menurut O’Brien, pengertian internet adalah suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.

- Berners Lee. Kemudian, menurut Berners Lee internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Pengertian ini memiliki konsep dimana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lain.


Manfaat Internet bagi Pelajar

Antusias Anak-Anak Berinternet Sehat
Perbesar
Siswa SDN Kemirimuka 2 Depok menggunakan internet sehat pada Operator Mobile Community Acces Point (M-CAP) di Depok, Jawa Barat, Kamis (28/7/2022). Sosialisasi yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) itu dalam rangka pengenalan perangkat komputer, pemakaian program aplikasi microsoft word dan mencari Informasi menggunakan internet sehat untuk belajar. (merdeka.com/Arie Basuki)

Melansir bamai.uma.ac.id, berikut manfaat internet bagi pelajar:

- Lebih Mudah Mencari Informasi

Manfaat internet bagi pelajar yang pertama adalah lebih mudah mencari informasi. Kamu bisa mencari berbagai informasi di internet dalam rangka menyelesaikan tugas sekolah. Selain itu, pelajar juga bisa belajar banyak dari informasi yang ada di internet.

- Lebih Mudah Mencari Referensi

Mesin pencari menjadi salah satu teknologi penunjang pada internet yang sangat membantu. Dengan memasukkan kata kunci di kolom pencarian, maka kamu sudah bisa mendapatkan informasi yang terkait atau relevan dengan cepat. Manfaat internet bagi pelajar satu ini tentunya membuat ilmu kamu lebih dalam bila terus mengulik topik yang sedang kamu ingin ketahui.

- Menjadi Tempat Belajar Baru

Manfaat internet bagi pelajar berikutnya yaitu menjadi tempat belajar baru. Hal ini tidak terlepas dari internet yang bisa membuat kamu lebih mudah mengetahui tentang topik-topik yang menarik sesua materi pelajaran di sekolah. Bila kamu tertarik dengan suatu topik pembahasan, kamu bisa langsung mempelajarinya di internet tanpa harus menunggu pembahasan tersebut dibahas di sekolah.

- Mengoptimalkan Penggunaan Bahasa Asing

Bagi kamu yang ingin menguasai bahasa Inggris, maka internet menjadi tempat yang tepat untuk belajar. Dengan membiasakan diri untuk menggunakan bahasa asing tersebut di beragam website dengan membaca artikel serta menulis Inggris, maka kemampuan berbahasa asing kamu akan lebih meningkat.

- Menunjang Proses Belajar

Manfaat internet bagi pelajar juga bisa menjadi penunjang proses belajar memberikan dampak besar. Kamu bisa mencari, mendapatkan, dan menemukan informasi yang sama sekali belum kamu ketahui.

- Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Manfaat internet bagi pelajar juga sangat penting untuk pembelajaran jarak jauh, terutama jika ada keadaan istimewa, seperti pandemi OCVID-19 sebelum ini. Internet bisa menjadi sarana pendidikan jarak jauh yang ampuh. Tanpa internet, tentunya proses belajar mengajar akan terhenti bila setiap orang tidak bisa bertemu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya