Sukses

9 Wisata di Salatiga dengan View Memukau, Cocok untuk Healing

Rekomendasi wisata di Salatiga dengan pemandangan alam yang memukau dan cocok untuk healing setelah seminggu penuh beraktifitas

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Salatiga menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Permata yang terletak di kaki Gunung Merbabu ini menawarkan ketenangan, keramahan, dan suasana yang menyegarkan. Jika anda merasa hidup semakin stres, menghibur diri ke kota kecil yang indah bernama Salatiga bisa menjadi pilihan.

Wisata di Salatiga menawarkan keindahan alam dan udaranya yang sejuk, terletak dekat dengan kota Solo, Semarang dan Jogja, akses menuju ke Salatiga sangatlah mudah dan tidak akan membuat anda stress dengan kemacetan di jalan, yang pasti perjalanan ke Salatiga akan membuat anda rileks dengan pemandangan selama diperjalanan.

Tempat wisata di Salatiga pun beragam, tidak hanya wisata alamnya yang memukau, wisata budaya dan kuliner pun menjadi daya tarik wisata di Salatiga. Menghadirkan banyak pilihan liburan yang cocok untuk menghilangkan stress selama seminggu penuh bekerja, Salatiga merupakan tempat yang cocok untuk healing.

Sebagai referensi bagi anda yang akan berlibur ke Salatiga, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022). Rekomendasi wisata di Salatiga dengan view memukau yang cocok untuk anda healing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Di Salatiga Dengan View Memukau

1. Danau Pening

Wisata di Salatiga yang pertama adalah danau pening, tidak hanya keindahan alamnya, danau ini juga terkenal dengan legenda Baruklinting yang menjadi asal mula Danau Pening. Untuk mencapai tempat yang indah ini, anda dapat menggunakan mobil melalui jalur utama atau alternatif dari Salatiga menuju Semarang.

Untuk bersenang-senang, anda bisa memasuki kawasan tersebut dengan mengambil rute dari Tol Lingkar Selatan Kilometer 3, Ambarawa. Dijalan ini anda akan melihat pemandangan hijau yang memukau selama perjalanan. Hanya dengan biaya sekitar Rp 2.500, disini anda sudah bisa menikmati swan boat, becak mini, inflatable boat, ATV dan masih banyak lagi.

 

2. Bukit Cinta

Objek wisata yang terletak di Kebondowo, Banyubiru, Ambarawai ini memiliki tiket masuk sebesar Rp 6.000 (weekdays) atau Rp 7.500 (weekends). Dulunya tempat ini merupakan tempat untuk mengamati pertumbuhan eceng gondok di danau namun karena keindahannya, Bukit Cinta kini telah berubah menjadi objek wisata alam.

Saat hendak membeli tiket, anda akan disambut oleh kepala naga Baruklinting, dimana pengunjung yang mengantri akan terlihat seolah-olah masuk ditelan makhluk itu. Selain itu, disini anda juga dapat menyewa perahu motor, menjelajahi danau, dan menikmati matahari terbenam.

 

3. Agrowisata Salib Putih

Wisata di Salatiga selanjutnya adalah mengunjungi Agrowisata Salib Putih. Waktu terbaik dan untuk datang adalah pada akhir pekan. Tempat wisata ini tidak hanya terdiri dari satu tempat. Disini anda  bisa menikmati spot-spot memukau  seperti pemandangan Gunung Sindoro dan pusat kota Salatiga.

Seluruh pemandangan yang ada akan lebih memukau pada malam hari saat lampu menyala. Jika nda tidak ingin melewatkan setiap momen indahnya pemandangan yang disajikan, anda dapat berkemah juga di area agrowisata salib putih.

3 dari 4 halaman

Wisata Di Salatiga Dengan View Memukau

4. Savana Horse Riding

Pada dasarnya Savana Horse Riding adalah sekolah berkuda alami di Jawa Tengah. Namun saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi dengan bebas oleh pengunjung. Selain pemandangannya yang indah pengunjung bisa mencoba pengalaman menunggang kuda dan tidak perlu khawatir tentang keamanannya.

Karena kuda disini telah dilatih secara khusus. Mereka melatih semua kuda menggunakan metode menunggang kuda alami dan memakan rumput serta jerami di sekitar tempat itu. Selain bisa menunggangi kuda area latihan. Anda bisa menunggang kuda untuk menjelajahi seluruh area di sekitar lainnya.

 

5. Pohon Pengantin Salatiga

Wisata di Salatiga selanjutnya adalah pohon pengantin. Nama ini diambil dari legenda yang melekat pada pohon yang tumbuh tinggi di tengah sawah, dimana orang-orang yang menempati area tersebut mengatakan setiap pasangan yang ingin hubungan mereka bertahan lama, mereka perlu mengambil foto di sini. Dan bagi yang berfoto diyakini akan berakhir dengan pernikahan.

Terdapat satu pohon besar di tengah hamparan sawah hijau yang indah. Pohon itu selalu membuat orang penasaran dan ingin mampir setiap kali mereka melewati jalan. Tidak hanya untuk pasangan, sebagian besar orang akan berfoto di bawah pohon karena latar yang instagrammable.

 

6. Air Terjun Umbul Songo

Wisata di Salatiga yang berikutnya adalah Air Terjun Umbul Songo. Air terjun ini diapit oleh Gunung Merbabu dan Telemoyo. Selama anda di sini, anda dapat melihat dapat melihat pemandangan Gunung Merbabu atau Gunung Telemoyo yang memukau

Saat anda membutuhkan tempat untuk bernafas, Air Terjun Umbul Songo adalah tempat yang cocok untuk anda. Di sini anda bisa melihat tanaman hijau, seperti lumut dan tanaman air yang tumbuh subur di tebing.

4 dari 4 halaman

Wisata Di Salatiga Dengan View Memukau

7. Air Terjun Kali Pancur

Air terjun berikutnya bernama Air Terjun Kali Pancur, salah satu air terjun yang terkenal di Salatiga. Air Terjun Kali Pancur terletak di Nogosaren, Getesan. Ketinggian air terjun sekitar 150 meter dan dikelilingi bebatuan, pepohonan, dan semak belukar.

Terdapat juga beberapa gua di sana, maka ketika anda melihat ke bawah air terjun, anda mungkin melihat gua-gua itu. Untuk menikmati air terjun yang menawan, anda harus melewati 900 anak tangga sambil menikmati pemandangan yang menawan.

 

8. Gunung Merbabu

Pilihan wisata di Salatiga yang selanjutnya adalah melakukan hiking di Gunung Merbabu. Di puncak gunung, anda bisa menikmati seluruh Salatiga dan sebagian kota Semarang.  Gunung Merbabu terkenal sebagai stratovolcano di Jawa Tengah. Jika anda punya rencana untuk berada di sini segera, pastikan anda mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapkan semua peralatan yang anda butuhkan selama hiking, termasuk obat-obatan. Jika anda ingin menikmati matahari terbit dan terbenam, anda juga bisa berkemah diarea sekitar. Anda dapat menginap setidaknya satu malam di puncak gunung dan melihat pemandangan luar biasa.

 

9. Kopeng

Kopeng adalah salah satu desa di Salatiga. Di sini, anda dapat melihat banyak hal, terutama alamnya yang memukau. Tidak hanya melihat-lihat, anda juga diperbolehkan untuk melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Seperti mencoba wahana rubah terbang, lompat laba-laba dan lain sebagainya.

Jika anda menyukai aktivitas yang memompa adrenalin, Kopeng juga menyediakan wahana untuk anda mendaki dan berjalan di sepanjang jembatan tali yang berada di ketinggian. Anda juga bisa berfoto di spot-spot memukau yang disediakan oleh pengelola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.