Sukses

Tete Mandosir Sarumi Pencipta Lagu Papua 'Apuse' Meninggal Dunia, Netizen Ikut Berduka

Tete Mandosir Sarumi hampir tak diketahui sebagai pencipta lagu Apuse oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan Tanah Air. Tete Mandosir Sarumi meninggal dunia pada Rabu (14/9/2022).

Tete Mandosir Sarumi sendiri merupakan seorang pencipta lagi. Dirinya lebih dikenal dengan nama pencipta NN atau No Name. Tete Mandosir merupakan pencipta lagu Papua 'Apuse' yang telah begitu familiar di telinga masyarakat.

Kabar meninggalnya pencipta lagu asal Papua ini juga disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melalui akun Twitter pribadinya. Yaqut Cholil pun turut menyampaikan ungkapan duka atas kepergian Tete Mandosir Sarumi.

Tak hanya diunggah oleh Menteri Agama saja, akan tetapi kabar kepergian Tete Mandosie Sarumi juga diungkapkan oleh akun Twitter @jayapuraupdate, Rabu (14/9/2022). Dalam cuitannya, akun @jayapuraupdate menyebutkan jika Tete Mandosir Sarumi meninggal dunia pada pukul 05.00 WIT di Biak Numfor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciptakan lagu Apuse berdasarkan isi hati

Meski lagu Apuse begitu terkenal dan sering dinyanyikan sejak Sekolah Dasar, akan tetapi sosok Tete Mandosir Sarumi masih cukup asing. Tete Mandosir Sarumi sendiri diketahui berasal dari Kampung Kabuow Teluk Mondama, Provinsi Papua Barat. Tete Mandosir Sarumi sendiri diketahui bermarga Sarumi.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @jayapuraupdate, Rabu (14/9/2022) lagu Apuse yang diciptakan merupakan sebuah curahan hatinya. Lagu tersebut diciptakan karena teringat kepada anak-anak yang akan pergi melanjutkan pendidikan ke Teluk Doresi, Manokwari dan mengingatkan anak-anak pada orang tua yang berada di kampung.

3 dari 3 halaman

Netizen ikut berduka

Kepergian pencipta lagu Papua 'Apuse' bukan hanya meninggalkan duka bagi keluarga dan masyarakat. Akan tetapi tak sedikit pula yang menyayangkan mengenai nama Tete Mandosir Sarumi yang selalu tertulis NN sebagai pencipta lagu 'Apuse'.

Meninggalnya sosok Tete Mandosir Sarumi yang cukup jarang terdengar di telinga masyarakat tak mengurangi rasa duka netizen. Pasalnya, lagu Papua 'Apuse' yang diciptakan telah begitu melekat di telinga masyarakat sejak anak-anak.Bukan hanya Menteri Agama, Yaqut Cholil saja, melalui media sosial, tak sedikit pula netizen yang turut menyampaikan duka kepada pencipta lagu 'Apuse'.

"Selamat pulang ke peristirahatan kekal Tete Mandosir Sarumi... Sebuah nama yang kita lebih kenal dengan nama Pencipta NN untuk lagu Papua Apuse, namanya tidak dikenal bahkan di google juga tidak ada. Karyamu abadi" tulis Yaqut Cholil Qoumas dalam akun Twitter pribadinya.

"Turut berduka buat beliau. Sungguh karya yang akan di kenang sepanjang masa" ujar akun @srikartikaadi

"Baru tahu ternyata beliau pencipta lagu tsb. Semoga keluarga diberikan penghiburan, tabah, ikhlas atas meninggalnya beliau." tulis akun @jannotama

"RIP Tete Mandosir Sarumi :( sedih skali pencipta lagu selalu tertulis NN di buku sekolah anak2" tulis @sheraregnez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.