Sukses

Mulai Disalurkan, Begini Cara Cek Penerima Subsidi Gaji 2022 Rp 600 Ribu

Cara cek penerima subsidi gaji 2022 bisa dilakukan melalui laman website resmi kemnaker.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menyalurkan bantuan subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp 600 ribu. Cara cek penerima subsidi gaji 2022 bisa dilakukan melalui laman website resmi kemnaker.

Subsidi gaji disalurkan mulai September 2022 kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah 3.5 juta. Mekanisme penyaluran subsidi gaji 2022 sebesar Rp 600 ribu ini dilakukan secara bertahap. Penyaluran BSU subsidi gaji dilakukan sesuai dengan opersional Bank Himbara.

Itu artinya penerima subsidi gaji 2022 tahap pertama diberikan kepada pemilik rekening Bank Himbara terlebih dahulu. Cara cek penerima subsidi gaji 2022 ini membuat pekerja bisa mengetahui informasi status penerima subsidi gaji 2022, lengkap dengan mekanisme penyalurannya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara cek penerima subsidi gaji 2022 yang sudah mulai disalurkan, Selasa (13/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Cek Penerima Subsidi Gaji 2022

Memahami cara cek penerima subsidi gaji 2022 atau BSU ini penting, karena penyalurannya dilakukan mulai bulan September 2022. Cara cek penerima subsidi gaji 2022 bisa dilakukan melalui laman website resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Mekanisme penyaluran subsidi gaji 2022 sebesar Rp 600 ribu ini dilakukan secara bertahap. Penyaluran BSU subsidi gaji dilakukan sesuai dengan opersional Bank Himbara. Itu artinya penerima subsidi gaji 2022 tahap pertama diberikan kepada pemilik rekening Bank Himbara terlebih dahulu.

Syarat pekerja bisa mendapat bantuan subsidi gaji 2022 adalah statusnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), aktif sebagai peserta jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sampai bulan Juli 2022. Memiliki gaji atau upah di bawah Rp 3.5 juta.

Kemudian bukan PNS, TNI, dan Polri. Bukan pula penerima kartu prakerja, program keluarga harapan, dan batuan usaha mikro. Begini cara cek penerima subsidi gaji 2022 tersebut:

1. Cara cek penerima subsidi gaji 2022 bisa dilakukan dengan mengakses laman resmi kemnaker.go.id. Saat melakukan cara cek status penyaluran BSU di laman resmi kemnaker, pastikan calon penerima sudah mempunyai akun.

3. Cara cek penerima subsidi gaji 2022 bagi yang belum menerima, harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.

4. Apabila sudah berhasil melengkapi pendaftaran akun, lanjutkan cara cek penerima subsidi gaji dengan melakukan aktivasi menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone pendaftar.

5. Cara cek penerima subsidi gaji 2022, masuk atau login menggunakan akun yang telah terdaftar, lalu lengkapi biodata, seperti foto profil, status pernikahan hingga tipe lokasi.

6. Selesaikan cara cek penerima subsidi gaji 2022 dengan cek pemberitahuan. Maka akan ditampilkan informasi berupa status penerima subsidi gaji 2022 atau BSU.

7. Informasi yang dimuat berupa nama dengan keterangan sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar sebagai calon penerima BSU, serta menunjukkan memenuhi syarat atau tidaknya.

8. Informasi selanjutnya, apabila terdaftar sebagai penerima BSU, maka akan mendapat notifikasi sesuai tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker, termasuk notifikasi dana BSU atau subsidi gaji telah tersalurkan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bansos bagi Masyarakat Indonesia

Memahami cara cek bansos dan daftar bantuan sosial (bansos) dari Kemensos ini penting agar penyaluran manfaat bantuan sosial bisa dimaksimalkan. Apa sebenarnya manfaat bansos seperti bantuan subsidi gaji sampai bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat Indonesia?

Melansir dari situs website resmi Indonesia Baik, manfaat bansos bagi masyarakat Indonesia ada dua yang perlu dipahami baik-baik. Ini penjelasan dari manfaat bansos bagi masyarakat Indonesia tersebut:

1. Masyarakat Indonesia yang menerima bansos akan secara otomatis meningkatkan daya belinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini manfaat bansos bagi masyarakat Indonesia yang akan berdampak pada peningkatan konsumsi dan memberikan dampak baik pada pertumbuhan ekonomi.

2. Keadaan masyarakat Indonesia yang sudah mendapat bantuan sosial oleh Kemensos, baik itu tunai maupun non-tunai akan sangat berdampak pada terjadinya resesi. Itu artinya manfaat bansos bagi masyarakat, mampu menurunkan angka pengangguran, menaikkan penjualan ritek, dan menghindari terjadinya kontraksi di pendapatan manufaktur.

Menghimpun data dari Indonesia Baik, pemerintah pusat sudah memberikan banyak bantuan seperti bansos tunai, bantuan langsung tunai (BLT) desa, subsidi listrik gratis 450 watt, 50 persen diskon listrik pengguna 900 watt.

Kemudian, pemerintah memberikan stimulus bagi pengusaha kecil dan menengah. Stimulus ini diberikan melalui perbankan. Kemudian, pemerintah meluncurkan bansos produktif untuk 13 juta UMKM.

Pemerintah pun memberikan bantuan lewat kartu prakerja untuk 10 orang pegawai di-PHK lewat program kartu Prakerja. Kemudian modal kerja darurat dalam bentuk uang tunai Rp2.4 juta kepada 15.7 juta pekerja di luar program Prakerja.

Beserta bantuan untuk pekerja sebesar Rp600 ribu yang berasal dari data pekerja di BPJS Ketenagakerjaan hingga pemberian gaji ke-13. Bantuan dari pemerintah sebenarnya masih ada banyak lagi, ini sebagian bantuan yang berhasil memberikan stimulus baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.