Sukses

6 Penyebab Android Lemot dan Cara Mudah Mengatasinya, Kembali Lancar

Android merupakan sistim operasi dasar ponsel dan tablet di seluruh dunia yang membuat sebuah perangkat berubah dari hanya bekerja menjadi benar-benar membuat hidup lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Handphone dan tablet yang Anda pakai mungkin adalah Android. Ya, Android mengklaim bahwa ia merupakan platform yang dapat mengubah apa yang dapat dilakukan oleh perangkat seluler. Android yang memberi daya pada ponsel, tablet, jam tangan, TV, dan mobil. 

Android ada di balik sebuah perangkat yang berubah dari hanya bekerja menjadi benar-benar membuat hidup lebih mudah. Itulah alasan GPS Anda menghindari lalu lintas padat, jam tangan dapat mengirim pesan teks dan asisten digital dapat menjawab pertanyaan.

Android adalah sistem operasi dengan 2,5 miliar perangkat aktif. Dilansir dari android authority, android adalah sistem operasi seluler yang telah ada selama hampir 15 tahun. Anda terutama akan menemukannya sebagai sistem operasi dasar ponsel dan tablet di seluruh dunia.

Selain itu, sistem operasi lain secara native mendukung aplikasi Android, termasuk Chrome, OS dan Windows 11. Banyak kegunaan dari android ini, tidak mungkin dalam penggunaannya  tidak ada kendala.

Selama penggunaan Android, Anda pasti pernah kesal ketika sedang menggunakan perangkat android Anda, tiba-tiba terlalu lambat dan bahkan berhenti beroperasi begitu saja. Hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh beberapa orang, tetapi sering dialami oleh banyak orang. Penyebab android lemot paling umum yang banyak beredar di masyarakat adalah penuhnya memori perangkat sehingga perangkat lebih sering ngelag.

Akan tetapi, penyebab android lemot tidak hanya itu saja. Terdapat beberapa, bahkan karena aktivitas pengguna dapat menyebabkan android Anda menjadi lemot. Oleh karena itu, Liputan6 telah merangkumkan dari How-to Geek dan berbagai sumber lainnya tentang 7 penyebab android lemot dan cara mengatasinya, pada Senin, (12/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi yang Lebih Berat Membutuhkan Lebih Banyak Sumber Daya

Ponsel android yang telah digunakan selama satu tahun, tentu tidak memiliki perangkat lunak yang sama seperti satu tahun yang lalu. Jika Anda menerima informasi tentang pembaruan sistem operasi android, mungkin pembaruan tersebut tidak dimaksimalkan dengan baik untuk perangkat Anda dan malah hanya memperlambatnya.

Hal lain yang dapat terjadi mungkin karena produsen yang menambahkan aplikasi bloatware tambahan dalam pembaruan tersebut yang kemudian berjalan di latar belakang sehingga memperlambat semuanya.

Jika Anda belum mendapat atau melihat pembaruan sistem operasi, aplikasi di android Anda bisa saja sudah mengalami pembaruan. Karena developer memperoleh izin akses ke perangkat keras smartphone yang lebih cepat, game dan aplikasi lain dapat dioptimalkan untuk perangkat keras yang lebih cepat ini dan berkinerja tidak lebih baik pada perangkat yang lebih lama.

Hal tersebut berlaku di setiap platform, yang mana seiring berjalannya waktu, situs web menjadi lebih berat, aplikasi desktop menginginkan lebih banyak RAM serta game PC menjadi lebih menuntut.

Misalnya, jika Anda tidak menggunakan Microsoft Office 97 lagi di komputer, lalu Anda menggunakan versi yang lebih baru dengan lebih banyak fitur yang memerlukan lebih banyak sumber daya. Aplikasi Android juga demikian.

Cara mengatasi hal ini memang tidak banyak. Akan tetapi, jika sistem operasi Anda terasa lambat, maka Anda dapat mengunduh ROM khusus yang tidak mempunyai bloatware dan skin pabrikan lambat yang disertakan banyak perangkat. Atau Anda juga bisa mencoba dengan beralih ke aplikasi versi “lite”.

 2. Proses Latar Belakang Dapat Memperlambat Segalanya

Penyebab android lemot yang pertama adalah terkait dengan proses latar belakang perangkat. Jika Anda sering atau telah mengunduh aplikasi saat masih harus menggunakan perangkat Anda, maka hal ini perlu dihentikan atau dikurangi mulai sekarang. Hal tersebut karena, jika Anda telah mengunduh banyak aplikasi di latar belakang, mereka dapat menghabiskan sumber daya CPU, mengisi RAM dan memperlemot perangkat.

Demikian juga sama jika Anda menggunakan wallpaper aktif atau punya widget di layar beranda dalam jumlah yang besar juga akan menghabiskan memori, sumber daya CPU dan grafik. Legakan layar beranda dan Anda akan melihat peningkatan kinerja.

Cara mengatasi penyebab android lemot yang satu ini, yaitu dengan menonaktifkan wallpaper hidup, menghapus widget dari layar beranda serta menghapus unduhan atau menonaktifkan aplikasi yang tidak dipakai. Jika Anda tidak memakai aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka hapus saja unduhannya.

3 dari 4 halaman

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya

3. Menyimpan Penuh Sehingga Menyisakan Sedikit Ruang untuk Menjalankan OS

Solid-state drive akan melambat saat Anda mengisinya. Hal ini memungkinkan android dan aplikasi jadi terlihat lebih lambat. Layar penyimpanan di menu pengaturan memperlihatkan seberapa penuh penyimpanan perangkat Anda dan apa yang menggunakan space tersebut.

Membersihkan file cache adalah tindakan yang bijak. Hal tersebut karena file cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan jika dibiarkan tumbuh. Dengan membersihkan file cache, maka dapat mengosongkan ruang disk dan membuat sistem file bekerja lebih baik setidaknya sampai cache tersebut terisi kembali nantinya.

Cara untuk mengatasi penyebab android lemot yang satu ini adalah dengan mencadangkan file, seperti foto dan video yang diambil dengan kamera dan sering-seringlah menghapus dari ponsel pintar Anda. Anda dapat melakukan ini secara manual, misalnya dengan google foto.

Cara lain yang dapat dilakukan, yaitu dengan menghapus unduhan aplikasi yang tidak digunakan da hapus file-file yang tidak diperlukan.  Untuk menghapus cache semua aplikasi yang diunduh sekaligus, yaitu dengan buka aplikasi Pengaturan, klik Penyimpanan, gulir ke bawah, pilih Data cache, dan klik OK (Catatan: Opsi ini hanya tersedia di Nougat dan di bawahnya).

4. Usia Baterai

Penyebab android lemot selanjutnya dilansir dari Android Authority, adalah bahwa baterai yang menua memiliki efek knock-on untuk komponen pemrosesan dan penyimpanan. Salah satu bagian dari proses penuaan baterai adalah peningkatan resistensi internal dalam baterai dari penumpukan film elektroda.

Resistensi yang lebih tinggi membuat output turun selama penarikan arus tinggi. Energi terbuang ini kemudian dihamburkan sebagai panas dan membuat baterai dan internal ponsel lainnya juga memanas yang mana tidak baik untuk kinerja perangkat.

CPU sensitif terhadap suhu, sehingga mengendalikan manajen daya ponsel dapat memutar kembali kecepatan prosesor jika ponsel menjadi terlalu panas karena baterai lama. Baterai yang sangat tua tidak dapat memberikan arus yang diperlukan dan tegangan yang stabil. 

Satu-satunya solusi untuk penyebab android lemot ini adalah mengganti baterai dengan yang baru. Akan tetapi, sangat disayangkan karena ponsel pintar kelas atas terbaru menyegel baterai mereka, yang berarti perbaikan DIY yang sulit atau membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika ingin menggantikan langsung ke pabrik.

4 dari 4 halaman

Penyebab Android Lemot dan Cara Mengatasinya

5. Memori yang Gagal

Tidak hanya baterai saja yang bisa menua, tetapi memori flash dan RAM pun juga menerima efeknya seiring berjalannya waktu. Kapasitas memori pasti akan menurun seiring waktu. Pada akhirnya, waktu pakai memori Anda akan tergantung pada seberapa banyak data baru yang dihemat. Umumnya, Anda akan dengan mudah mengetahui antara dua dan tiga tahun penggunaan.

6. Tidak Me-Restart Ponsel Secara Teratur

Ternyata dilansir dari Make Us Of, jarang me-restart atau mematikan ponsel menjadi salah satu penyebab android lemot. Jadi, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan me-restart perangkat Anda sebentar. Hal ini juga dpaat membantu memperbaiki bug apa pun yang mungkin dialami.

Nah, itu dia beberapa penyebab android lemot yang mungkin Anda sering alami. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir lagi sekarang. Dengan informasi tentang penyebab android lemot dan cara mudah mengatasinya yang telah dirangkum liputan6 dari berbagai sumber ini, Anda akan dengan mudah dan bahkan tidak memerlukan waktu lama untuk mengatasinya.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.