Infografis Adalah Informasi yang Disampaikan dalam Bentuk Grafis, Kenali Jenis dan Manfaatnya

Oleh Husnul Abdi pada 09 Sep 2022, 20:40 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 20:40 WIB
ilustrasi desain
Perbesar
ilustrasi desain (sumber: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Infografis adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Padahal, kamu mungkin sudah sering menemuinya dalam kehidupan sehari-hari. Infografis bisa ditemukan dalam bentuk cetak atau digital.

Infografis adalah salah satu cara memahami informasi dengan mudah. Biasanya infografis menyajikan informasi dengan visual yang mencolok dan menarik. Infografis adalah pilihan untuk menyampaikan informasi denga lebih cepat dan efektif.

Infografis merupakan alat yang  tepat dalam membuat informasi yang rumit menjadi mudah dimengerti. Infografis adalah alat yang berharga dalam komunikasi visual, sehingga tidak heran sekarang ini setiap industri menggunakannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/9/2022) tentang infografis adalah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Infografis adalah

ilustrasi desain
Perbesar
ilustrasi desain (sumber: Freepik)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), infografik atau infografis adalah informasi yang disampaikan dalam bentuk grafik. Infografis adalah gabungan dari kata informasi dan grafis. Infografis adalah representasi visual grafis dari informasi, data, atau pengetahuan yang dimaksudkan untuk menyajikan informasi dengan cepat dan jelas.

Melansir Techtarget, infografis adalah representasi informasi dalam format grafik yang dirancang untuk membuat data mudah dipahami secara sekilas. Orang menggunakan infografis untuk mengomunikasikan pesan dengan cepat, menyederhanakan penyajian data dalam jumlah besar, melihat pola dan hubungan data, dan memantau perubahan variabel dari waktu ke waktu.

Infografis hampir ditemukan di seluruh lingkungan publik. Ia bisa ditemukan dalam bentuk rambu lalu lintas, peta kereta, skor musik, dan grafik cuaca. Infografis digunakan di mana-mana untuk mengomunikasikan informasi kompleks dengan cara yang menarik secara visual.


Jenis Infografis

Melansir files1.simpkb.id, jenis-jenis infografis adalah sebagai berikut:

Infografis Statis

Infografis statis adalah infografis dalam bentuk gambar yang tidak bergerak. Seperti misalnya infografis pada media cetak ataupun website. Infografis ini adalah jenis infografis yang paling umum.

Infografis Animasi

Infografis animasi atau animated infographic adalah infografis dalam bentuk video animasi, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. Infografis ini dapat digunakan pada televisi ataupun media online seperti YouTube atau Vimeo.

Infografis Interaktif

Infografis interaktif adalah infografis yang ditampilkan pada website dan pengguna dapat berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface yang telah didesain. Dengan infografis interaktif pengguna dapat sesuai keinginan mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan. Pada pihak pembuat infografis pun dapat merancang tampilan agar informasi yang disampaikan seefektif mungkin sesuai perilaku user.

Untuk membuat infografis interaktif diperlukan keahlian seperti desainer, illustrator, UI/UX desainer, dan programmer. Pada infografis interaktif, programmer/developer memiliki peran yang penting agar infografis yang sudah didesain dapat berfungsi dengan maksimal dan tanpa masalah.


Manfaat Infografis

Ilustrasi bisnis desain
Perbesar
Ilustrasi bisnis desain (sumber: Pixabay)

Melansir Search Engine Journal, manfaat menggunakan infografis adalah:

- Otak manusia memproses visual lebih baik dari teks. Faktanya, manusia memproses visual 60.000 kali lebih cepat. Manusia memproses informasi yang disajikan dalam format visual jauh lebih baik daripada teks. Ini menjadi alasan mengapa infografis menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan.

- Cara yang baik menceritakan kisah visual. Ketika menyajikan cerita secara visual, cerita benar-benar dapat menjadi hidup dan dilihat jauh lebih positif daripada sekadar berbentuk teks. Infografis yang dirancang dengan baik adalah alat pemasaran konten yang kuat.

- Mudah dicerna. Tidak semua orang punya waktu untuk membaca konten berdurasi panjang, mereka juga tidak selalu menginginkannya. Infografis adalah solusi dari masalah ini. Ia tidak hanya memvisualisasikan saran yang diajukan dalam teks tetapi memungkinkan pembaca untuk merujuknya secara visual. Infografis memberikan konteks pada konten dan membuatnya lebih mudah untuk dipahami dan diterapkan.

- Dapat ditautkan. Alasan mengapa infografis menjadi terlalu sering digunakan adalah karena mereka menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan tautan, seringkali secara pasif. Misalnya, infografis yang dipublikasikan di blog atau situs web biasanya menyediakan kode sematan. Kode ini memungkinkan tautan otomatis dari situs asli ke situs.

- Dapat dibagikan. Selain dapat ditautkan, infografis mudah dibagikan. Baik itu di media sosial, antar anggota tim atau bahkan dalam postingan dan artikel blog; mereka adalah cara yang bagus untuk berbagi informasi dengan orang lain. Mereka juga mudah dibagikan di jejaring sosial dan memiliki peluang lebih baik untuk menjadi viral dibandingkan dengan teks.


Manfaat Infografis

- Meningkatkan penjualan. Infografis adalah alat penjualan yang hebat. Traffic tumbuh rata-rata 12% untuk bisnis yang menggunakan infografis. Sebuah gambar bernilai seribu kata. Dengan menggunakan infografis, kamu dapat menghemat banyak ruang terutama untuk papan reklame sekaligus meningkatkan efeknya.

- Meningkatkan kesadaran merek. Menempatkan logo dalam infografis akan membuat merek berkesan bagi audiens dan akan membantu mempromosikan bisnis. Perkuat merek, pertimbangkan warna, bentuk, pesan, dan logo. Audiens akan memiliki kesadaran merek yang efektif.

- Membangun hubungan. Untuk fitur visualisasi, proses penyajian dan promosi infografis menarik lebih banyak pemirsa. Dengan cara ini kamu dapat memperoleh lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan hubungan dengan berbagai macam individu, media, dan organisasi yang berpengaruh.

- Kredibilitas. Menerbitkan infografis yang relevan dan berguna dapat mendidik dan menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang organisasi. Mereka akan bertindak sebagai pemimpin pemikiran dalam industri, membangun kredibilitas dengan pelanggan.

- Komunikasi efektif. Infografis dapat memudahkan audiens untuk mengkomunikasikan ide, konsep, pesan, dan proses satu sama lain, memungkinkan penyebaran informasi dan transfer pengetahuan yang lebih efisien. Infografis, karena sifatnya yang mudah diakses dan viral, juga berpotensi menyebar ke seluruh pelosok organisasi, memicu perdebatan dan dialog internal yang meluas.


Situs untuk Membuat Infografis

Buatlah Desain Proposal yang Menarik
Perbesar
Ilustrasi Menyusun Proposal Credit: pexels.com/pixabay

Canva

Canva tak dapat diragukan lagi kualitasnya dalam hal mendesain online. Mirip dengan Visme, situs ini dilengkapi dengan banyak aset gratis. Dari latar belakang yang menarik hingga ikon dan bentuk yang keren, kamu dapat menjelajahi banyak opsi. Semua aset dikategorikan dengan rapi untuk menjadikan semuanya mudah diakses, bahkan jika kamu sepenuhnya baru di platform. Beberapa ikon, gambar, atau bentuk gratis, sementara yang lain dibayar.

Visme

Dengan koleksi templat yang menarik, situs ini membuat bahkan infografis dengan cara menyenangkan. Yang menarik dari situs ini adalah beragamnya koleksi ikon, font, gambar, dan grafik. Visme tersedia gratis dalam paket freemium. Paket dasar ini memungkinkan kamu membuat hingga 5 proyek dan memberimu akses ke penyimpanan 100MB. Pada versi gratis ini templat, bentuk, dan ikon juga terbatas.

PiktoChart

Jika kamu mulai bosan dengan Canva, kamu mungkin bisa mulai menggunakan PiktoChart. Yang membuat PiktoChart menonjol dari yang lain adalah template yang bersih dan informatif. Mereka bebas dari kekacauan, yang membuat informasi mudah dikenali. Dari segi stok elemen PiktoChart memiliki jangkauan yang luas. Cukup mencari mereka secara manual atau menggunakan drop-down, klik, dan item tersebut akan muncul pada layar. PiktoChart memungkinkanmu mengunduh resolusi gambar Normal dan Sedang dalam format PNG.

Snappa

Snappa adalah alat lain yang memungkinkanmu membuat infografis yang mengesankan dalam beberapa menit. Snappa memberimu banyak opsi untuk templat, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga dapat mengubah ukuran template.

Adobe Spark

Adobe Spark adalah alat keren lainnya untuk membuat infografis, mendesain poster, dan posting Instagram juga. UI di Adobe Spark memiliki nuansa old-school. Namun, set alat bawaan cukup lengkap untuk hampir semua hal. Ada banyak template yang bisa kamu mainkan. Dari timeline sederhana hingga lembar fakta yang keren, kamu akan menemukan segalanya di sini.

Infogram

Sesuai namanya, Infogram adalah pembuat infografis. Sorotan utama situs ini adalah pembuat bagannya, yang memungkinkanmu memasukkan dan mengedit data untuk bagan. Jadi jika kamu menemukan grafik Google Sheets sedikit rumit untuk digunakan, Infogram bdapat menudahkanmu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya