8 Manfaat Kopi untuk Rambut dan Cara Menggunakannya, Mudah dan Aman

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 08 Sep 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 08 Sep 2022, 18:39 WIB
Gambar Ilustrasi Secangkir Kopi
Perbesar
Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Kopi merupakan salah satu minuman favorit di berbagai kalangan. Minuman yang dipercaya dengan kemampuannya dalam menyempurnakan fokus ini juga dapat meningkatkan energi. Selain manfaat yang bisa mengembalikan fokus, kopi juga diketahui memiliki kandungan yang bisa mencegah rambut dari kerontokan. Manfaat kopi untuk rambut ini juga beragam serta pengaplikasiannya mudah untuk dilakukan. 

Sampai sekarang, fakta membuktikan bahwa ada banyak orang yang bergantung pada secangkir kopi untuk melengkapi hari-hari mereka. Selain efek energinya, manfaat kopi untuk rambut juga bisa menghilangkan uban secara alami.

Manfaat kopi untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan mudah, yakni menggunakan bahan kopi sebagai sampo untuk membilas rambut. Kopi juga dapat dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial. 

Berikut ini manfaat kopi untuk rambut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Kopi Untuk Rambut

Pabrik Roasting Kopi Common Grounds
Perbesar
Salah satu mesin yang berada di area kerja Roastery Common Grounds yaitu cooling tray. (Foto: Elly Purnama)

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat kopi untuk rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut. Melansir dari laman stylecraze, Sel matriks yang terdapat dalam folikel rambut sehat, bisa membelah setiap 39 jam, sehingga membutuhkan kandungan kafein yang terdapat di kopi untuk bisa merangsang sel - sel matriks agar membelah. Kafein juga sebagai antioksidan yang berperan baik untuk mengurangi kehilangan air transepidermal, serta membantu untuk memproduksi sel rambut yang sehat.

2. Mencegah Rambut Rontok

Manfaat kopi untuk kesehatan rambut juga dapat mencegah rambut rontok. Ketika  Anda memiliki folikel rambut yang lemah, maka sangat rentan mengalami kerontokan. Dengan manfaat dari kopi, membantu merangsang folikel rambut juga mengurangi rambut rontok. Dengan kafein maka hormon dihidrotestosteron (DHT) dapat dihindari serta memperpanjang fase pertumbuhan rambut. 

3. Rambut Sehat Dan Berkilau

Sifat antioksidan serta nutrisi yang terdapat dalam kafein, bisa memperkuat rambut juga membantu agar rambut tampak berkilau. Melansir dari sumber yang sama, bukti anekdotal menunjukan bahwa dengan membilas rambut menggunakan kopi, maka dapat mengurangi kekusaman rambut sehingga tampak halus dan berkilau. Kopi juga tidak menghilangkan minyak alami yang dimilikinya, sehingga rambut tetap lembab dan sirkulasi darah juga terjaga dengan baik. 

4. Menggelapkan Rambut Anda

Manfaat kopi untuk rambut juga berfungsi menggelapkan rambut. Melansir dari sumber yang sama, saat rambut sudah mulai beruban, maka cara alami untuk menggelapkan rambut bisa menggunakan kopi. Kopi bisa membuat rambut tampak lebih gelap, serta membantu menutupi uban dengan baik. 


Manfaat Kopi Untuk Rambut

Ampas Kopi
Perbesar
Ilustrasi Biji Kopi Credit: pexels.com/Negative

5. Membuat Rambut Lebih Lembut 

Manfaat kopi dapat membuat rambut terasa lebih lembut. Melansir dari laman healthline, ketika rambut tampak kusam, rapuh, atau bahkan kering, maka bilas rambut menggunakan kopi, agar memperbaiki rambut kusam. Kopi memiliki kandungan flavonoid, yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi rambut, serta membantu membuat rambut lembap dan terawat.

6. Menghilangkan Uban

Manfaat kopi juga sangat membantu dalam menghilangkan uban, serta caranya juga sederhana serta mudah untuk dilakukan. Kamu juga bisa mewarnai rambut yang beruban atau menggelapkan warna rambut Anda secara alami, dan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka gunakan kopi kental seperti espresso.

7. Rambut Lebih Tebal

Manfaat kopi juga bisa Anda dapatkan, ketika menggunakan kopi sebagai sampo untuk mencuci rambut. Dengan menggunakan kopi, maka rambut Anda terlihat lebih penuh dan juga bervolume. Sampo ini diperkaya dengan asam hialuronat dan biotin sehingga membantu merangsang folikel rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

8. Eksfoliasi Kulit Kepala

Manfaat kopi untuk rambut juga berfungsi sebagai eksfoliator yang baik. Dengan bubuk kopi, dapat membantu untuk mengelupas kulit kepala serta menghilangkan kotoran yang terkumpul. Kandungan yang terdapat di kopi, membantu mengurangi ketombe secara keseluruhan, serta dapat meningkatkan kualitas rambut. 


Cara Menggunakan Kopi Untuk Pertumbuhan Rambut

Kopi Kolagen
Perbesar
Proffee merupakan minuman yang sedang viral di TikTok akhir-akhir ini. Yuk simak cara membuat proffee. (pexels.com/Toni Cuenca).

1. Masker Rambut Kopi

Gunakan kopi sebagai masker rambut 

- Siapkan Kopi bubuk – 2 sendok teh

- Madu – 1 sendok makan

- Minyak (minyak zaitun atau minyak kelapa) – 1 sendok makan

Cara menggunakan: 

- Campur ketiga bahan dengan baik untuk membuat pasta yang halus.

- Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan kulit kepala Anda.

- Langkah selanjutnya adalah tutupi rambut dengan topi mandi dan biarkan selama 20 menit.

- Langkah terakhir adalah bilas masker rambut dengan air hangat.

2. Membuat Kondisioner

3. Gunakan Serum Rambut Kafein Untuk Kepadatan Rambut

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya