Wisata Pulau Komodo, Tempat Wisata Favorit di Nusa Tenggara Timur

Oleh Woro Anjar Verianty pada 07 Sep 2022, 11:50 WIB
Diperbarui 07 Sep 2022, 11:50 WIB
Pulau Komodo
Perbesar
Pulau Komodo di kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. (dok.Instagram @pulaukomodotour/https://www.instagram.com/p/BoD9yfCB0zp/Henry)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pulau Komodo merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Terkenal sebagai rumah bagi kadal terbesar di dunia, yaitu Komodo. Pulau Komodo juga menyajikan keindahan alam yang memukau dan pengalaman berwisata tidak akan bisa ditemui di tempat lain.

Terdiri dari banyak pulau, wisata pulau Komodo tidak hanya menyajikan pantai pasir putih, namun juga pantai pasir merah muda. Selain itu wisata pulau Komodo juga memiliki pegunungan yang eksotis untuk wisatawan yang menyukai trekking dan terumbu karang bagi anda yang suka diving dan menjelajahi keindahan laut.

Terletak di gugusan kepulauan Nusa tenggara Timur, wisata Pulau Komodo menjadi salah satu kebanggaan Indonesia dan menjadi salah satu destinasi wisata yang disukai oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Taman Nasional Komodo, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022) ulasan tentang tempat wisata pulau Komodo lengkap dengan atraksi yang menarik untuk dicoba wisatawan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Wisata Pulau Komodo

Siapkan Kocek Sebesar Rp 3,75 Juta Untuk Wisata Ke Taman Nasional Komodo Per 1 Agustus 2022
Perbesar
Ilustrasi komodo di Pulau Komodo. (Sumber foto: Pexels.com).

Wisata Pulau Komodo dan Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo di Indonesia terkenal sebagai rumah bagi komodo yang buas yang merupakan kadal terbesar di dunia, dan ini adalah tempat yang sangat indah dengan banyak atraksi liburan dan perjalanan yang sayang untuk dilewatkan oleh para wisatawan.

Taman Nasional Komodo memiliki lusinan pulau dengan pantai pasir putih dan merah muda, pegunungan eksotis untuk trekking dan terumbu karang untuk menyelam, dan pulau Komodo adalah satu-satunya tempat di dunia di mana anda dapat melihat komodo dari dekat di alam liar dan berfoto bersama mereka.

 

Lokasi Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah bagian dari Taman Nasional Komodo, sekelompok pulau tropis yang terletak di lepas pantai Flores, di Indonesia timur. Tiga pulau utama di taman ini adalah pulau Komodo, pulau Rinca, dan pulau Padar, tetapi ada banyak pulau yang lebih kecil lainnya yang memiliki keindahan alam yang memukau untuk dijelajahi.

Kota terdekat yang bisa dicapai adalah kota nelayan Labuan Bajo di Flores, yang memiliki bandara sendiri dan banyak hotel serta restoran untuk dikunjungi di sela-sela kunjungan ke wisatawan ke taman nasional Komodo.


Cara Menuju Pulau Komodo

Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Foto Istimewah
Perbesar
Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Foto Istimewah

Cara Menuju Pulau Komodo

Satu-satunya cara untuk mengunjungi wisata Pulau Komodo dan taman nasional lainnya adalah dengan tur perahu dari Labuan Bajo, tempat bandara berada. Saat ini wisatawan tidak bisa langsung terbang ke Pulau Komodo dan harus melewati kota Labuan Bajo.

Ada banyak penerbangan ke bandara Labuan Bajo (LBJ) setiap hari dari Bali, dengan waktu penerbangan 1 jam dan terdapat banyak maskapai menawarkan harga tiket yang beragam sesuai dengan budget wisatawan. Wisatawan juga bisa terbang ke bandara Labuan Bajo dari Jakarta dan Surabaya.

Setelah anda tiba di Labuan Bajo, anda dapat memesan tur perahu ke Pulau Komodo di pelabuhan, atau anda dapat memesan tur sehari secara online terlebih dahulu sebelum menuju Labuan Bajo. Pulau Komodo terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Labuan Bajo saat burung gagak terbang, dan perjalanan biasanya memakan waktu 3 jam dengan kapal lambat, atau kurang dari setengahnya dengan kapal cepat.

 


Atraksi Menarik di Pulau Komodo

Liburan Syahnaz dan Jeje Govinda
Perbesar
6 Potret Liburan Syahnaz Sadiqah dan Suami di Pulau Komodo, Bak Pengantin Baru (Sumber: Instagram/syahnazs)

1. Pulau Padar

Sudut pandang paling indah dari Taman Nasional Komodo adalah di pulau kecil Padar. Atraksi menarik di pulau ini adalah pendakian singkat selama 30 menit ke puncak, dan anda akan melihat salah satu pemandangan terbaik di Asia Tenggara.

Pulau ini memiliki bentuk X raksasa, dengan tiga teluk di mana anda dapat melihat pantai putih, pantai hitam, dan pantai merah muda. Masing-masing warna pasir ini istimewa untuk dilihat, dan melihat semuanya di satu tempat adalah hal yang menakjubkan.

Meskipun Padar adalah salah satu pulau terkecil di Taman Nasional Komodo, pemandangan indah ini telah menjadi landmark alam yang terkenal di Indonesia, dan bahkan telah ditampilkan pada uang kertas 50.000 Rupiah.

 

2. Pantai Merah Muda

Atraksi liburan yang menarik selanjutnya adalah keberadaan pantai merah muda. Wisata pulau Komodo adalah rumah bagi beberapa pantai pasir merah muda, yang mana warna tersebut berasal dari organisme kecil di karang yang disebut foraminifera.

Keberadaan Pantai dengan warna merah muda sangat langka dan hanya ada beberapa di seluruh dunia. Dimana pantai merah muda ini memiliki warna paling cerah, terletak di tempat yang tersembunyi di sebuah teluk di sisi utara Pulau Padar, pantai merah muda menjadi salah hal memukau di Taman Nasional Komodo yang sayang untuk dilewatkan.

 

3. Perjalanan Mengunjungi Naga Komodo

Daya tarik utama Taman Nasional Komodo adalah melihat komodo yang berada di alam bebas. Taman Nasional Komodo adalah satu-satunya tempat di dunia di mana anda dapat menemukan Komodo di alam bebas dan berinteraksi langsung ditemani oleh guide yang berpengalaman.

Untuk mencoba tur ini, Anda dapat mengunjungi salah satu dari dua pulau utama tempat komodo tinggal yaitu pulau Rinca atau wisata Pulau Komodo. Anda dapat melakukan perjalanan singkat mencari komodo sambil ditemani oleh penjaga taman. Jalur trekkingnya datar dan cocok untuk semua orang.

Untuk tujuan wisata, tidak ada banyak perbedaan antara Pulau Rinca atau Pulau Komodo, dan banyak tur bersama dengan pemandu wisata di lokasi ini secara bergantian. Ada banyak komodo yang hidup di kedua pulau ini.

Anda hampir dijamin akan melihat setidaknya beberapa komodo dan dengan bantuan pemandu anda bahkan dapat berfoto dengan mereka, tour di wisata pulau Komodo akan menjadi salah satu pengalaman yang luar biasa, dimana anda bisa melihat hewan-hewan ini dari dekat di alam liar.


Atraksi Menarik di Pulau Komodo

[Bintang] Pulau-pulau Terbaik di Kepulauan Komodo untuk Melakukan Pendakian
Perbesar
Padar. | via: travel.nationalgeographic.com

4. Snorkeling Di Pantai Pink

Pantai Pink juga merupakan salah satu tempat terbaik di wisata pulau Komodo untuk snorkeling. Disini terdapat terumbu karang yang berwarna-warni dan air yang jernih. Tidak jauh dari pantai, bahkan di daerah yang dangkal, Anda akan melihat ratusan ikan berenang di sekitar terumbu karang yang menawan.

Jika Anda memutuskan untuk memilih perjalanan perahu selama 2 hari 1 malam, kemungkinan besar anda akan menghabiskan malam di atas kapal di tepi pantai merah muda, jadi pastikan untuk keluar pada malam hari dan menyaksikan Bima Sakti di langit malam.

 

5. Berenang Dengan Manta Rays Di Manta Point

Pengalaman menakjubkan lainnya dari perjalanan ke wisata pulau Komodo adalah berenang bersama ikan pari manta di Manta Point. The Manta Point adalah tempat di laut tempat Ikan Pari Manta suka berkerumun. Anda bisa mengikuti tur bersama dengan kapal besar yang dijalankan oleh kapten dan beberapa kru kapal yang berpengalaman.

Pertama kapten perlahan-lahan akan berlayar di sekitar area Manta Point, sementara kru mencoba melihat pari manta dari dek. Dengan kombinasi ukuran raksasa, kulit berwarna gelap dan air jernih di sekitar Taman Nasional Komodo, tidak butuh waktu lama sampai kru melihat kumpulan ikan pari manta dan memandu anda untuk turut serta berenang bersama dengan ikan pari manta.

 

6. Bersantai Di Pulau Kanawa

Atraksi liburan di Taman Nasional Komodo berikutnya adalah berkunjung ke pulau kanawa. Pulau Kanawa adalah pulau kecil yang dikelilingi oleh pantai pasir putih di mana wisatawan dapat bersantai di bawah sinar matahari, menikmati smoothie buah dan makanan lokal yang dijual di restoran -restoran di pulau Kanawa,

Disini wisatawan juga bisa melakukan lebih banyak aktivitas menyenangkan seperti snorkeling atau hanya sekedar berenang di laut yang tenang. Pulau Kanawa adalah tempat yang sempurna untuk mengakhiri perjalanan yang menakjubkan di wisata pulau Komodo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya