Sukses

10 Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Diketahui, Pahami Keuntungan dan Kekurangannya

Manfaat kartu kredit salah satunya adalah mendapat tanggungan asuransi.

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang sering digunakan untuk melakukan transaksi secara cashless. Salah satu manfaat kartu kredit sering digunakan karena bisa melakukan tarik tunai tanpa bunga, selain itu jenis pembayaran yang dilakukan juga efisien dan nyaman. 

Hampir semua bank menawarkan layanan kartu kredit, namun perlu diketahui bahwa kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit. Kartu kredit merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank namun dengan syarat tertentu. Akan tetapi ketika menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, maka manfaat kartu kredit bisa Anda peroleh salah satunya mendapat tanggungan asuransi. 

Saat ini, pembuatan kartu kredit bisa dilakukan dengan langkah yang cukup mudah, karena bisa dibuat secara online, di bank langsung, melalui surat, atau hanya dengan telepon. Manfaat  kartu kredit sekarang sudah diperluas, baik itu untuk membeli bahan makanan, pakaian dan aksesoris, memesan tiket bioskop, belanja online, membeli peralatan rumah tangga, membayar tagihan listrik dan banyak lagi.

Berikut ini manfaat kartu kredit yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kartu Kredit

1. Beli secara kredit

Salah satu manfaat kartu kredit yang bisa diperoleh adalah limit kredit yang diberikan kepada pemegang kartu. Melansir dari IDFC First BANK, Anda bisa membeli apapun dan membayar nanti, namun dalam batas yang telah ditentukan. Anggaran bulanan sama sekali tidak akan berpengaruh, bahkan jika Anda membeli barang bernilai tinggi secara kredit. Salah satu manfaat terpenting dari kartu kredit adalah Anda dapat mengubah jumlah total pembelian Anda menjadi EMI berbiaya rendah. 

2. Metode pembayaran yang paling diterima

Melansir dari sumber yang sama, Anda dapat bepergian ke mana saja, tanpa membawa banyak uang jika memiliki kartu kredit. Manfaat selanjutnya adalah, penggunaan kartu kredit menjadi metode pembayaran yang paling diterima, sehingga kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar apa pun.

3. Tarik tunai tanpa bunga

Manfaat kartu kredit berikutnya adalah nasabah bisa melakukan penarikan tunai tanpa bunga. Beberapa kartu kredit yang memungkinkan untuk menarik uang hingga batas tertentu dalam keadaan darurat, namun tanpa bunga yang dikenakan hingga 45 hingga 50 hari. 

4. Poin hadiah tak terbatas

Dengan kartu kredit, manfaat yang bisa diperoleh nasabah adalah poin hadiah tak terbatas. Sehingga Anda bisa menggunakan poin yang diperoleh, serta mudah untuk ditukarkan.

5. Pertanggungan asuransi

Manfaat penggunaan kartu kredit juga mendapat pertanggungan asuransi. Tanggungan yang diperoleh adalah pertanggungan kecelakaan diri, serta pertanggungan asuransi perjalanan yang komprehensif.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kartu Kredit

6. Permudah perjalanan

Manfaat penggunaan kartu kredit dalam perjalanan menjadikannya penting, salah satunya ketika sedang melakukan perjalanan melalui lounge di bandara dan stasiun kereta api.

7. Diskon dan cashback

Salah satu manfaat serta keuntungan kartu kredit, juga mencakup diskon di beberapa tempat hiburan serta tempat makan, juga aplikasi perjalanan dan belanja. Manfaat kartu kredit juga membuat kamu dapat menikmati keringanan biaya bahan bakar di pompa bensin di seluruh negeri.

8. Tingkatkan skor kredit Anda

Manfaat kartu kredit tidak terbatas pada belanja secara kredit, namun sebaliknya, hal ini akan membantu meningkatkan skor kredit Anda. Jika Anda tahu cara menggunakan kartu kredit dan cara memanfaatkan periode kredit juga membayar jumlah yang digunakan tepat waktu, maka  membantu Anda untuk mendapatkan pinjaman tanpa mengalami kesulitan di masa depan.

9. Menawarkan keamanan

Manfaat kartu kredit juga menawarkan kenyamanan, karena nasabah tidak perlu membawa banyak uang jika memiliki kartu kredit.

10. Catat pengeluaran Anda

Dengan adanya laporan yang Anda dapatkan setiap bulan dari netbanking, maka akan membantu Anda untuk memeriksa pengeluaran serta merencanakan pembayaran tanpa penundaan.

4 dari 5 halaman

Keuntungan Kartu Kredit

- Kenyamanan

Melansir dari 360financialliteracy.org, saat menggunakan kartu kredit, maka tidak perlu khawatir tentang berapa banyak uang tunai yang dimiliki. Dengan kartu debit Anda tidak akan berada dalam bahaya menumpuk utang yang akan dikenakan biaya bunga tinggi jika Anda tidak melunasinya setiap bulan, seperti yang berlaku pada kartu kredit. Namun yang perlu untuk diingat adalah melacak saldo rekening giro Anda untuk memastikan Anda dapat menutupi apa yang Anda beli.

- Pencatatan

Kartu kredit juga memberikan catatan yang berguna tentang pengeluaran Anda melalui laporan bulanan juga rekening online, yang juga akan terjadi jika mengandalkan kartu debit untuk pengeluaran. Namun, dalam beberapa kartu kredit juga mengirimkan ringkasan akhir tahun, sehingga hal ini bisa menjadi sumber yang bagus saat membayar pajak. 

- Pinjaman berbiaya rendah

Keuntungan kartu kredit juga bisa diperoleh, karena pinjaman yang dilakukan berbiaya rendah. Ketika kamu ada dalam situasi kekurangan uang, tetapi ada pembelian yang harus Anda lakukan hari ini. Anda dapat menagih pembelian Anda sekarang, serta melakukan pelunasan nantinya. Kuncinya di sini adalah untuk memastikan Anda akan mampu melunasi tagihan pada tanggal jatuh tempo.

- Uang muka

Dengan kartu kredit, nasabah juga akan mendapatkan uang saat dibutuhkan. Ketahuilah bahwa uang muka sering kali memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi, jadi penting bagi Anda untuk memiliki rencana yang realistis untuk membayar kembali uang muka tersebut.

- Fasilitas anggota

Dengan beberapa belanja cerdas, Anda dapat memilih dari berbagai diskon atau uang kembali berdasarkan pembelian yang telah dilakukan, karena keuntungan fasilitas anggota yang dimiliki. 

- Bangun riwayat kredit yang baik

Dengan menggunakan jalur kredit dalam pembelian serta melakukan pelunasan tepat waktu, maka akan membantu Anda mendapatkan peringkat kredit yang baik dari lembaga pemeringkat kredit, sehingga membuat pemberi pinjaman lebih mungkin meminjamkan serta menawarkan suku bunga.

- Perlindungan pembelian

Kartu kredit juga membantu jika Anda ingin menyengketakan tagihan atau mengembalikan produk yang cacat. Meskipun kartu debit mungkin menawarkan perlindungan serupa, namun harus menunggu sampai masalah diselidiki sebelum mendapatkan kembali.

5 dari 5 halaman

Kekurangan Kartu Kredit

- Godaan

Selain keuntungan yang diperoleh nasabah, kekurangan dari penggunaan kartu kredit memiliki godaan tersendiri karena sangat mudah digunakan, sehingga mereka juga mudah mengeluarkan uang terlalu banyak.

- Biaya bunga

Jika nasabah melakukan pembelian namun tidak segera melunasinya, nasabah tidak hanya akan membayar harga pembelian tetapi juga biaya bunga atas barang tersebut. Dengan kata lain, jika Anda membawa saldo, semua pembelian Anda akan dikenakan biaya lebih sedikit.

- Biaya

Beberapa akun kartu kredit juga memiliki biaya tahunan. Mungkin juga ada biaya untuk penarikan tunai, bersama dengan tingkat bunga yang tinggi. Oleh sebab itu pastikan manfaatnya lebih besar daripada biayanya.

- Pengawasan bulanan

Kamu juga harus meninjau kemabali tagihan setiap bulan untuk memastikan bahwa tagihan tersebut secara akurat mencerminkan pembelian serta tidak ada tanda-tanda penipuan penggunaan kartu Anda. Kartu kredit adalah target utama scammers.

- Suku bunga penggoda jangka pendek yang rumit

Melansir dari sumber yang sama, suku bunga rendah mungkin tampak seperti kesepakatan yang bagus, namun banyak orang akan terkejut menemukan bahwa suku bunga itu hanya sementara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.