Sukses

Bacaan Doa Sholat Istikharah Jodoh Terbaik, Lengkap Tata Caranya

Membaca bacaan doa sholat istikharah jodoh terbaik sama dengan menyerahkan pilihan jodoh kepada Allah SWT semata.

Liputan6.com, Jakarta - Bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik ini penting diketahui setiap muslim yang dihadapkan dengan masalah untuk menentukan pasangan hidup. Dalam Islam, membaca bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik sangat dianjurkan setelah menunikan tata cara sholat Istikharah.

Membaca bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik sama dengan menyerahkan pilihan jodoh kepada Allah SWT semata. Kemudian menunaikan tata cara sholat Istikharah dan membaca bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik sama dengan meminta kebaikan atas petunjuk Allah SWT.

Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Keajaiban Sholat Istikharah oleh Muhammad Abu Ayyash. Ada beberapa dalil yang menunjukkan kebahagiaan seorang muslim yaitu saat menyerahkan pilihannya kepada Allah SWT. Begini bunyi hadis yang dimaksudkan:

"Salah satu dari kebahagiaan anak Adam adalah menyerahkan pilihannya kepada Tuhannya, dan keridhaannya terhadap ketentuan. Dan salah satu kesengsaraan Bani Adam adalah meninggalkan Istikharahnya kepada Allah ta'ala dan membenci adanya ketentuan." (HR. Abu Asy-Syaikh Ibnu Hibban, Al-Ashbahani, dan Al-Bazzar)

Berikut Liputan6.com ulas bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik bahasa Arab, latin, dan artinya, lengkap waktu mustajab dan tata cara sholat Istikharah, Senin (5/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Sholat Istikharah Jodoh Terbaik Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa Sholat Istikharah Jodoh Terbaik Bahasa Arab:

 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

 

Bacaan Doa Sholat Istikharah Jodoh Terbaik Latin:

 

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub.

Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih.

Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

 

Arti Bacaan Doa Sholat Istikharah Jodoh Terbaik:

 

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini.

Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah urusan ini dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku rida menerimanya.

 

3 dari 3 halaman

Waktu Mustajab dan Tata Cara Menunaikan Sholat Istikharah Jodoh Terbaik

Memahami waktu mustajab memanjatkan bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik ini akan memudahkan doa diberi jawaban oleh Allah SWT. Waktu mustajab untuk membaca bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik adalah di sepertiga malam terakhir dan setelah sholat fardu.

Adanya penjelasan waktu mustajab membaca bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik ini ditegaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi sebagai berikut:

"Suatu hari ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW, 'Ya Rasulullah, doa manakah yang paling didengar oleh Allah?' Rasulullah pun bersabda, 'Pada tengah malam dan sesudah shalat fardu." (HR. At-Tirmidzi)

Selain memahami waktu mustajab, ketahui bahwa bacaan doa sholat Istikharah jodoh terbaik ini paling utama dipanjatkan setelah sholat Istikharah. Waktu menunaikan sholat Istikharah jodoh terbaik ini tidak ada waktu khususnya, boleh siang maupun malam hari. Hanya saja, tetap dilarang di waktu-waktu terlarang untuk sholat.

Jumlah rakaat sesuai tata cara sholat Istikharah jodoh terbaik yang disunnahkan adalah dua rakaat. Begini tata cara sholat Istikharah jodoh terbaik dan bacaan niat sholat Istikharah jodoh terbaik yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Membaca niat sholat Istikharah.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

"Aku berniat melaksanakan shalat sunnah Istikharah dua rakaat karena Allah Taala.”

2. Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah.

3. Membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat pendek Al-Qur’an, diutamakan surat Al-Kafirun.

4. Rukuk dengan tumaninah.

5. Iktidal dengan tumaninah.

6. Sujud dengan tumaninah.

7. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.

8. Sujud kedua dengan tumaninah.

9. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.

10. Membaca surat Al-Fatihah dan membaca surat pendek Al-Qur’an, diutamakan surat Al-Ikhlas.

11. Rukuk dengan tumaninah.

12. Iktidal dengan tumaninah.

13. Sujud dengan tumaninah.

14. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.

15. Sujud kedua dengan tumaninah.

16. Tahiyat akhir dengan tumaninah.

17. Mengucapkan salam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.