Sukses

8 Penyebab Gatal di Selangkangan yang Sering Terjadi, Lengkap Cara Mengatasinya

Salah satu penyebab gatal di selangkangan yang paling umum adalah akibat infeksi jamur.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab gatal di selangkangan dapat terjadi karena beberapa hal. Selangkangan gatal merupakan kondisi umum yang seing terjadi pada siapapun, baik laki-laki maupun wanita. Untuk dapat mengatasinya, anda perlu mengetahui penyebab gatal di selangkangan.

Salah satu penyebab gatal di selangkangan yang paling umum adalah akibat infeksi jamur yang mirip dengan kurap. Lokasi selangkangan yang berada di dalam dan terdapat lipatan dapat dengan mudah dihinggapi oleh jamur.

Jamur tersebut dapat berkembang biak, karena selangkangan mudah lembab dan hangat. Gejala yang sering terjadi aapabila selangkangan gatal adalah mengelupas, lecet, kemerahan, hingga  perih. Kondisi ini akan semakin parah apabila anda sering menggaruknya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai penyebab gatal di selangkangan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

1. Infeksi jamur

Penyebab gatal di selangkangan yang sering terjadi pertama adalah infeksi jamur. Selangkangan merupakan salah satu tempat yang strategis untuk jamur berkembangbiak dengan cepat karena lembab dan hangat. Infeksi jamur di bagian selangkangan disebut dengan tinea cruris atau kurap. Sebenarnya, jamur penyebab kurap secara alami hidup di jaringan kulit, rambut, dan kuku yang mati.

Pada dasarnya, keberadaan jamur ini tidak berbahaya. Akan tetapi, jamur berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika daerah yang ditinggalinya hangat dan lembap. Selain selangkangan, bagian lainnya yang rentan terkena infeksi, yaitu paha dalam dan bokong. Infeksi ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung melalui kulit.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan krim anti jamur yang mampu menyerang sel-sel jamur yang menyebabkan infeksi dan mempertahankan sel-sel kulit yang sehat tanpa cedera.

2. Kutu kemaluan

Penyebab gatal di selangkangan yang berikutnya adalah kutu kemaluan. Kutu adalah parasit yang bisa menyebabkan gatal di selangkangan. Parasit ini umumnya menular lewat aktivitas seksual. Apabila Anda mengalami rasa gatal, iritasi, dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan, bisa jadi Anda terkena kutu kemaluan.

Rasa gatal ini umumnya memburuk di malam hari ketika kutu lebih aktif dan memakan darah manusia. Kutu kemaluan juga menyebabkan luka pada daerah genital disertai tanda abu-abu biru kecil yang dikenal sebagai macula cerulae. Cara mengatasinya adalah dengan periksa ke dokter. Gunakan sampo atau lotion yang mengandung permetrin atau pyrethrins dengan piperonil butoksida, yang akan membunuh kutu.

3 dari 5 halaman

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

3. Iritasi kulit

Penyebab gatal di selangkangan yang berikutnya adalah iritasi kulit. Gesekan kulit antara paha dan selangkangan saat Anda berlari atau berjalan dapat menyebabkan kulit paha menjadi sensitif dan meradang.

Jika Anda menggosok atau menggaruk daerah yang gatal, hal ini akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit. Akibatnya, kulit selangkangan tampak kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal, dan bahkan kulit bersisik. Apabila tidak segera diobati, ruam kemerahan ini akan makin basah dan lembap akibat keringat sehingga membuat lecet semakin parah.

4. Dermatitis kontak

Penyebab gatal di selangkangan yang berikutnya adalah dermatitis kontak. Dermatitis kontak terjadi ketika kulit kontak dengan penyebab iritasi. Kemungkinan penyebabnya, deterjen atau pelembut kain. Anda juga mungkin akan mengalami gatal-gatal pada bagian tubuh lainnya.

Sementara itu, dermatitis kontak iritasi terjadi ketika kulit mengalami iritasi dari suatu zat meskipun tidak memiliki alergi terhadap zat tertentu. Zat yang menyebabkan iritasi dapat bervariasi mulai dari keringat, urine, kotoran, kosmetik, perhiasan dan pakaian ketat. Iritasi di bagian selangkangan ini selanjutnya akan memicu rasa gatal. Pada umumnya gatal akibat dermatitis kontak tidak parah, tapi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

4 dari 5 halaman

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

5. Intertrigo (kemerahan pada lipatan kulit)

Penyebab gatal di selangkangan yang berikutnya adalah intertrigo. Gejala yang ditimbulkan oleh kondisi intertrigo adalah muncul ruam merah yang gatal, ruam tersebut muncul di daerah yang banyak mengandung uap air dari keringat, seperti pangkal paha, antara lipatan perut, di bawah lengan Anda, atau antara jari-jari kaki.

Biasanya, area yang muncul intertrigo akan tampak kemerahan atau kecokelatan berbentuk “ladang” ruam besar tepat di lipatan yang dipisahkan dengan segaris putih. Bahkan kulit anda akan terlihat kering dan berkerak, terasa sangat gatal, dan bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

6. Kutil kelamin

Kutil kelamin adalah gejala umum dari human papillomavirus (HPV). Saat tersentuh terasa lembut dan berwarna. Bahkan mungkin menyerupai kembang kol. Kutil yang muncul bisa hanya satu atau berkelompok. Cara mengobatinya adalah dengan periksakan diri ke dokter. Dokter akan meresepkan obat yang mengandung Imiquimod, yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membersihkan kutil.

5 dari 5 halaman

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

7. Herpes

Penyebab gatal di selangkangan yang berikutnya adalah herpes. Penyakit herpes ini disebabkan oleh virus Herpes simplex. Gejala yang ditimbulkan dari herpes ini adalah bengkak, terasa panas, berwarna kemerahan, dan nyeri. Tidak jarang, lecet atau lenting berisi cairan bisa terbentuk.

Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa orang dapat mengalami gejala tersebut beberapa kali dalam setahun dan beberapa orang dapat tidak mengalami gejala sama sekali. Penyakit ini tidak dapat menyebar dengan sentuhan, tetapi akan menyebar ketika berhubungan seksual.

8. Kurang menjaga kebersihan alat kelamin

Penyebab gatal di selangkangan yang berikutnya adalah kurang menjaga kebersihan alat kelamin.  Selangkangan adalah salah satu area tubuh yang selalu tertutup dan rawan terkena penyakit. Area ini biasanya ditutupi lebih dari satu lapisan pakaian sehingga membuat udara di sekitarnya jauh lebih hangat.

Jika Anda tidak rutin menjaga kebersihan daerah kelamin, hal ini akan membuat daerah selangkangan berkeringat dan lembap. Adanya rambut kemaluan juga membuat keringat menjadi lebih banyak, sel kulit mati, dan kuman rentan berkembang. Hal inilah yang memicu orang mengalami kulit gatal di selangkangan. Cara mengatasinya adalah dengan rutin membersihkan alat kelamin, dan ganti pakaian dalam setiap hari 2 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.