Sukses

Apa Itu Effort dalam Hubungan? Ketahui Pengertian dan Manfaatnya

Berikut ini adalah pengertian effort dalam hubungan, termasuk ulasan mengenai bentuk-bentuk dan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu effort dalam hubungan? Pertanyaan ini mungkin terlintas dalam benak beberapa orang yang tengah berusaha membangun hubungan romansa dengan lawan jenis atau hanya sedang ingin tahu saja.

Apa itu effort dalam hubungan? Secara sederhana, effort sendiri artinya adalah usaha atau upaya. Effort adalah segala bentuk tindakan baik berupa tindakan fisik atau pikiran yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Jika dikaitkan dengan suatu hubungan tertentu, effort berarti suatu tindakan yang dilakukan untuk membangun suatu hubungan, baik itu hubungan pertemanan, keluarga, atau romansa, agar berjalan dengan harmonis.

Tentu saja, dalam hubungan jenis apa saja, usaha dan upaya jelas diperlukan agar hubungan berjalan lancar dan sedikit mengalami konflik. Hubungan yang tidak diperjuangkan dengan effort akan terasa hambar dan tidak menggairahkan.

Lalu apa itu effort dalam hubungan? Bagaimana bentuknya? Berikut adalah bentuk-bentuk effort dalam hubungan seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu effort dalam hubungan?

Effort dalam hubungan bisa berarti memberikan perhatian pada pasangan. Effort juga bisa diartikan melakukan yang terbaik untuk menjaga hubungan tetap berjalan..

Memberikan hal-hal material seperti hadiah yang diinginkan pasangan bisa terhitung sebagai effort dalam hubungan. Namun, effort dalam hubungan lebih dari sekadar memberikan hadiah pada pasangan. Effort juga bisa berbentuk kesediaan Anda untuk meluangkan waktu bersama pasangan Anda, meski hanya sekadar untuk bercakap-cakap.

Effort juga bisa berarti segala sesuatu yang bisa Anda lakukan untuk membuat pasangan merasa dicintai dan dihargai dengan keterlibatan Anda dalam hubungan tersebut.

Effort bisa berbentuk hal-hal kecil seperti belaian tangan pada rambut pasangan Anda. effort juga bisa berbentuk kesediaan Anda untuk mendengar keluh kesah pasangan, untuk membuatnya merasa lebih baik. effort juga bisa berbentuk dukungan terhadap pasangan Anda.

Apapun bentuknya, segala sesuatu yang membuat pasangan Anda merasa dicintai dan dihargai, serta membuat suatu hubungan berjalan secara harmonis termasuk effort dalam hubungan.

3 dari 4 halaman

Mengapa effort dalam hubungan penting?

Effort dalam hubungan menunjukkan seberapa kuat komitmen Anda terhadap pasangan. effort juga menunjukkan seberapa besar keinginan Anda untuk terus bersama pasangan.

Jika dijelaskan analogi bahwa hubungan cinta adalah sebuah perjalanan, makan effort adalah bahan bakar yang akan membuat hubungan cinta Anda dan pasangan terus berjalan mencapai tujuan yang kalian harapkan, yakni kebahagiaan.

Tanpa adanya effort, suatu hubungan tentu akan terasa hambar dan tidak menggairahkan. Parahnya lagi, hubungan tanpa effort akan rentan berakhir.

Jika Anda ingin hubungan Anda berkembang dan berkembang, Anda harus mengupayakannya terus-menerus. Jika tidak, hubungan itu akan perlahan-lahan menyimpang.

Jadi, mengapa effort itu penting? Tujuannya di sini adalah untuk membuat satu sama lain merasa istimewa dan diinginkan selamanya.

4 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Effort dalam Hubungan

Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua strategi. Setiap hubungan itu unik. Akan tetapi yang menentukan kualitas suatu hubungan adalah seberapa besar effort yang Anda lakukan dan seberapa kuat keinginan Anda untuk membuat hubungan Anda berhasil.

Berikut adalah bentuk-bentuk effort yang bisa Anda lakukan untuk menjaga hubungan tetap berjalan harmonis.

1. Komunikasi

Bicaralah dengan pasangan Anda tentang segala hal. Selain itu, tunjukkan kesediaan Anda untuk mendengarkan mereka dengan penuh kasih ketika mereka harus mengatakan sesuatu, bahkan ketika Anda tergoda untuk memotongnya.

2. Tunjukkan kasih sayang satu sama lain

Tidak hanya di ruang privat tetapi juga di depan umum, tergantung pada tingkat kenyamanan pasangan Anda.

3. Pergi keluar dan lakukan sesuatu bersama

Alih-alih atau bersamaan dengan menonton TV, temukan minat yang sama dan dapatkan pengalaman baru bersama. Ketika kita menghabiskan waktu bersama dalam kegiatan yang menyenangkan, kita memperkuat hubungan kita.

4. Saling Percaya dan Mendukung

Jika pasangan Anda bekerja untuk mencapai tujuan tertentu, bantu dan dukung mereka untuk berhasil. Dukung impian dan ambisi mereka.

5. Berikan Pujian

Jangan berhenti memberikan pujian kepada pasangan Anda. Biarkan mereka tahu seberapa cantik penampilan mereka. Pujilah betapa pintar dan pekerja keras mereka.

6. Berikan Kejutan

Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak uang. Hanya gerakan sederhana akan membuat pasangan Anda merasa istimewa.

7. Selesaikan masalah bersama

Alih-alih lari dari masalah, bekerjalah untuk menyelesaikannya bersama. Ini akan membawa hubungan Anda ke tingkat yang lebih tinggi, memperkuat ikatan dan membangun kepercayaan.

8. Dengarkan kebutuhan pasangan Anda

Hubungan ini tidak selalu tentang Anda. Anda perlu berusaha dalam suatu hubungan untuk mendengarkan kebutuhan pasangan Anda dan mengikutinya.

9. Bersikaplah bijaksana

Melakukan sesuatu tanpa diminta. Bersikaplah bijaksana saat menunjukkan tindakan kepada pasangan Anda. Ini akan menjadi tanda upaya dalam suatu hubungan dan membuat pasangan Anda menghargai Anda.

10. Jadilah perhatian

Perhatikan perasaan atau minat pasangan Anda saat Anda melakukan atau merencanakan sesuatu.

11. Tunjukkan minat dengan mengajukan pertanyaan

Seperti menanyakan tentang bagaimana pasangan Anda menjalani harinya. Jika pasangan Anda terlihat tidak bahagia atau stres, bicarakan dan tanyakan bagaimana Anda dapat membantu.

12. Berikan waktu dan perhatian Anda

Jauhkan ponsel Anda, matikan tv, dan fokuskan seluruh perhatian Anda pada pasangan. Ini menunjukkan betapa pentingnya mereka dan hubungannya bagi Anda.

13. Jangan berhenti bersikap romantis

Kita cenderung mulai santai ketika kita bersama seseorang untuk waktu yang lama. Ucapkan "I love you" setiap hari. Mungkin terdengar sederhana, tetapi tiga kata ini membuat banyak perbedaan.

14. Jangan menahan diri untuk mengatakan "Saya minta maaf"

Ini adalah tiga kata ajaib lainnya yang dapat menghadirkan keajaiban. Jangan biarkan ego Anda masuk ke dalam hubungan Anda.

15. Tumbuh Bersama

Dengan bekerja bersama, Anda berdua akan belajar bagaimana kekuatan dan kelemahan individu Anda dapat bekerja sama. Saling merangsang secara intelektual, emosional, mental, spiritual, dan fisik.

Ini akan memperdalam pemahaman Anda satu sama lain dan membawa Anda lebih dekat satu sama lain sebagai sebuah tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.