Sukses

Bias adalah Istilah dalam Dunia K-Pop, Pahami Maknanya Beserta Kata Lainnya

Bias adalah istilah yang berkaitan dengan idola yang difavoritkan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Bias adalah istilah yang sekarang ini kerap digunakan di dunia K-Pop. Kamu mungkin tidak jarang mendengar pertanyaan tentang siapa bias kamu di dalam suatu girl grup ataupun boy grup. Kamu tentu perlu memahami makna bias terlebih dahulu untuk menjawab pertanyaan ini.

Bias merujuk kepada seorang idol yang paling disukai dalam sebuah grup. Seperti yang diketahui, dalam sebuah grup ada beberapa member, dan bias merujuk pada salah satu member yang paling kamu sukai.

Bias adalah istilah yang berkaitan dengan idola yang difavoritkan seseorang. Kamu tentunya memiliki idola dalam sebuah grup yang membernya begitu banyak. Mungkin ada salah satu member yang penampilannya lebih menonjol atau memang kamu menyukai penampilan atau kepribadiannya yang unik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022) tentang bias.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bias adalah

Bias adalah istilah yang sangat sering diucapkan oleh penggemar musik Korean Pop atau K-Pop. Bias adalah istilah yang memiliki banyak arti dalam bahasa Indonesia, namun sekarang ini penggunaannya lebih banyak berkaitan dengan K-Pop. Bias adalah istilah yang merujuk pada member atau idol yang paling kamu sukai.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bias adalah anggota grup idola yang difavoritkan. Penggunaan kata bias adalah istilah yang sangat umum digunakan di dunia K-Pop. Istilah bias muncul karena biasanya girl grup atau boy grup memiliki banyak anggota, dan setiap orang memiliki member yang paling disukainya di antara yang lainnya. Jadi, dari 9 member, kamu menyukai satu di antaranya.

Selain bias, ada pula istilah ultimate bias. Ultimate bias adalah istilah yang merujuk pada idola atau member yang benar-benar kamu sukai lebih dari yang lainnya. Contohnya saja pada girl grup Twice yang beranggotakan 9 member, bias kamu adalah Jihyo. Namun, orang lain bisa saja memiliki bias Mina atau member lainnya.

Bias adalah member favorit seseorang, di mana tentunya bisa saja berubah. Istilah ini disebut juga sebagai bias-wrecker. Bias-wrecker ini merujuk pada seorang member dalam grup yang tiba-tiba sangat kamu sukai, sehingga mengusik kesukaanmu kepada bias utamamu sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Arti Bias dalam Bahasa Indonesia

Selain arti bias yang sering digunakan dalam dunia K-Pop, kamu juga perlu memahami arti bias yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bahasa Indonesia. Dalam KBBI ada tiga makna bias selain maknanya yang merujuk pada dunia K-Pop.

Pertama, bias adalah kecenderungan untuk mendukung atau menentang sesuatu hal, orang, atau kelompok, daripada yang lain dengan cara yang kurang adil. Kedua, ada pula arti bias dalam fisika, yaitu belokan arah dari garis tempuhan karena menembus benda bening yang lain (seperti cahaya yang menembus kaca, bayangan yang berada dalam air). Ketiga, arti bias dalam statistik, yaitu galat sistematis dalam pengambilan sampel atau pengujian dengan memilih atau mendorong satu hasil atau jawaban atas yang lain.

4 dari 5 halaman

Istilah K-Pop Lainnya

Bias adalah anggota grup idola yang difavoritkan. Selain bias, dunia K-Pop memiliki istilah-istilah lainnya yang mungkin belum dipahami oleh setiap orang. Dunia K-Pop yang semakin digandrungi anak muda di Indonesia tentunya membuat istilah-istilah dalam bahasa Korea juga semakin sering kamu dengarkan. Apalagi, drama korea juga sangat diminati di Indonesia.

Melansir KapanLagi, berikut isitlah dalam dunia K-Pop lainnya yang perlu kamu kenali:

- Idol, artinya idola atau bintang.

- Center, artinya idol yang jadi pusat atau posisi tengah ketika tampil.

- Leader, artinya pemimpin.

- Maknae, artinya member paling muda di group.

- Visual, artinya memiliki wajah yang rupawan.

- Sunbae, artinya senior.

- Hoobae, artinya junior.

- Trainee, artinya calon idol yang masih tahap pelatihan.

5 dari 5 halaman

Istilah K-Pop Lainnya

- Comeback, artinya kembali merilis lagu atau karya.

- Aegyo, artinya bergaya imut dan lucu.

- Rookie, artinya pendatang baru di dunia hiburan K-Pop.

- Fan Chant, artinya teriakan penggemar selama konser.

- Light Stick, artinya tongkat dengan bentuk yang beragam memiliki warna dan tanda digunakan oleh penggemar group K-Pop.

- Stan, artinya sebuah aksi untuk mendukung suatu group.

- All-Kill, artinya group yang berhasil memuncaki tangga lagu di Korea Selatan.

- Hallyu, artinya gelombang korea yang berpengaruh di dunia internasional hingga muncul istilah Korean Wave.

- Antis, artinya Anti Fans.

- Sasaeng, artinya penggemar fanatic yang terlalu terobsesi.

- Idolsation, artinya tindakan ekstrem untuk penampilan yang sempurna seperti operasi plastic.

- Hwaiting, artinya kamu pasti bisa! Atau ungkapan untuk semangat.

- Daebak, artinya luar biasa atau mengagumkan.

- The BIG 3, artinya agensi besar di Korea yakni SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment.

- Andwae, artinya Jangan.

- Jeongmal, artinya sungguh atau serius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.