10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi dan Vitamin

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 30 Agu 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 30 Agu 2022, 10:00 WIB
ilustrasi kacang hijau/pexels
Perbesar
ilustrasi kacang hijau/pexels

Liputan6.com, Jakarta Kacang hijau yang memiliki nama lain Vigna radiata merupakan tumbuhan jenis polong-polongan dengan protein tinggi. Berbagai olahan kacang hijau, terutama bubur sudah lama terkenal di Indonesia. Selain diolah menjadi bubur, kacang hijau juga bisa diolah menjadi puding, bolu dan kecambah. Berbagai manfaat dapat diperoleh, salah satunya manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. 

Manfaat kacang hijau untuk  ibu hamil dapat mencegah kecacatan pada janin, juga membantu ibu hamil dalam mencegah anemia. Kacang hijau yang mengandung banyak vitamin juga mineral, sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. 

Selain itu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dapat diperoleh ketika rutin mengonsumsi kacang hijau. Banyaknya kandungan nutrisi kacang hijau, dapat membantu untuk menyehatkan tubuh seperti karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, Vitamin C, asam folat dan mineral. 

Berikut ini manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau yang kaya nutrisi
Perbesar
Kacang hijau yang kaya nutrisi

1. Membantu Mengatasi Morning Sickness

Selain sebagai sumber energi bagi ibu hamil, ternyata ketika ibu hamil rajin mengonsumsi kacang hijau dapat membantu untuk mengatasi morning sickness. Manfaat ini sangat berkaitan erat dengan kandungan Vitamin B2 dan B1 yang terdapat pada kacang hijau, dapat membantu mengatasi gejala muntah serta yang umumnya dialami ibu saat awal kehamilan.

2. Menjaga Sel dan Cairan Tubuh

Dengan rutin mengonsumsi kacang hijau, maka dapat membantu menjaga sel dan cairan tubuh selama masa kehamilan. Hal ini sangat berkaitan dengan kandungan kalium dalam kacang hijau yang membantu tubuh untuk mempertahankan produksi sel dan gerakan cairan tubuh yang baik.

3. Mencegah Kecacatan

Kekurangan asam folat selama masa kehamilan akan sangat berisiko menyebabkan kecacatan pada bayi yang akan dilahirkan. Kelainan seperti bibir sumbing, kelainan jantung pada bayi baru lahir, bahkan sampai kerusakan pada otak. Oleh sebab itu dengan mengonsumsi kacang hijau yang mengandung asam folat dapat membantu mencegah kecacatan. 

 


Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang Hijau
Perbesar
Ilustrasi Kacang Hijau Credit: pexels.com/Sarah

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Ibu hamil seringkali mengalami gangguan pencernaan. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kacang hijau, maka manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena kacang hijau adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan serat. Serat makanan memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, haemorrhoids dan diverticulosis.

5. Mencegah Anemia

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, membantu mencegah anemia. Anemia saat masa kehamilan memang sangat berbahaya, juga berisiko dan menyebabkan pendarahan saat persalinan nanti dan juga keguguran. Dengan mengonsumsi kacang hijau, anemia dapat di hindari karena adanya zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

6. Sebagai Sumber Energi

Kandungan lain yang terkandung saat mengonsumsi kacang hijau adalah karbohidrat. Dengan mengonsumsi kacang hijau maka energi dalam tubuh akan selalu terjaga. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan menyusui adalah sebagai sumber energi.


Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang Hijau
Perbesar
Ilustrasi Kacang Hijau Credit: pexels.com/Karolina

7. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C pada kacang hijau bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas. Reaksi radikal bebas tersebut mampu menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat berubah menjadi karsinogenik. Antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Oleh sebab itu, penting menjaga kesehatan dengan konsumsi kacang hijau. 

8. Mencegah Infeksi

Manfaat kacang hijau berikutnya dapat mencegah tubuh dari infeksi. Manfaat ini tentu berkaitan erat dengan sejumlah kandungan vitamin seperti Niacin dan Tiamin yang terkandung dalam kacang hijau. Kandungan ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik, sehingga mencegah munculnya infeksi di dalam tubuh.

9. Membuat Bugar dan Sehat Selama Masa Kehamilan

Selain kacang hijau yang sarat akan vitamin C, kacang hijau juga terkandung mangan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas karena merupakan co-factor untuk antioksidan. Berkat kandungan tersebut, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dapat membuat bugar dan sehat selama masa kehamilan.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, dapat menjaga kesehatan tulang. Dengan rajin mengonsumsi kacang hijau selama kehamilan sangat bermanfaat, karena kacang hijau mengandung vitamin K. Vitamin tersebut berperan sangat penting dalam pembekuan darah serta menyembuhkan luka. Vitamin ini juga mempertahankan tulang yang kuat pada ibu dan janin dalam kandungan.


Kandungan Nutrisi pada Kacang Hijau

Kacang hijau
Perbesar
Ilustrasi kacang hijau

- Protein

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang mengandung protein nabati tinggi yakni sebanyak 24% (sekitar 7 gram/100 gram kacang hijau). Protein sangat penting bagi tubuh dalam  pembentukan otot dan sel-sel tubuh. Sebagian dari gangguan yang terjadi apabila tubuh kita kekurangan protein. 

- Karbohidrat

Kacang hijau memiliki sekitar 19 gram/100 gram karbohidrat kompleks. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibanding biasanya untuk mencerna, namun energi yang dihasilkan akan lebih stabil. Itulah sebabnya kita akan kenyang meski hanya mengkonsumsi segelas kacang hijau.

- Serat

Kandungan serat kacang hijau adalah sekitar 7,6 gram/100 gram. Serat penting bagi tubuh terutama untuk melancarkan pencernaan, mencegah dari konstipasi (sembelit).

- Vitamin

Kacang hijau mengandung banyak vitamin seperti vitamin A (157 IU), vitamin B1 (0,72 mg/100 gram), vitamin B2 (0,45 mg/100 gram), dan vitamin C (3,0 mg/100 gram). Masing - masing vitamin memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

- Asam Folat

Kacang hijau juga mengandung sekitar 159 µg untuk 100 gram sajiannya. Asam folat tentu sangat penting bagi tubuh terutama, yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. 

- Lemak

Kandungan lemak yang dimiliki kacang hijau terbilang sangat rendah sehingga olahannya tidak mudah basi. Kacang hijau juga mengandung lemak yang tak jenuh sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan organ jantung kita.

- Mineral

Kacang hijau juga memiliki kandungan kalsium (27 mg/200 gram) dan fosfor (99 mg/100 gram) sehingga penting bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang. Kondisi ini juga akan baik untuk perkembangan janin.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya