Sukses

Penyebab Polio Adalah Virus, Pahami Cara Penyebaran dan Gejalanya

Penyebab polio adalah virus polio yang dapat menyerang siapapun.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab polio penting untuk diketahui, karena polio merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menginfeksi siapapun. Polio merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf dan beresiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas hingga kematian.

Penyebab polio yang utama adalah virus yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui rongga mulut, kemudian masuk ke saluran pencernaan, lalu ke aliran darah hingga akhirnya masuk ke sistem saraf pusat. Dapat menyerang semua kelompok umur, namun kelompok paling rentan penyakit ini adalah anak berusia 1-15 tahun.

Di Indonesia sendiri penyebaran virus polio telah diatasi dan telah diakui bebas polio sejak tahun 2014, hal ini dapat terjadi dengan adanya upaya imunisasi yang massif dilakukan oleh pemerintah pada kala itu dengan menerapkan program pekan imunisasi nasional untuk semua warga Indonesia terutama anak-anak.

Meski demikian, tetap penting untuk mengetahui lebih dalam tentang penyebab polio dan bagaimana penyakit ini dapat menyebar serta gejala yang ditimbulkannya. Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang penyebab polio, Jumat (26/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Polio dan Jenisnya

Pengertian Polio

Polio (juga dikenal sebagai poliomielitis) adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Anak-anak di bawah 5 tahun lebih mungkin tertular virus daripada kelompok lain. Penyakit ini menyebabkan gejala ringan atau tidak ada pada kebanyakan orang, tetapi pada beberapa orang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian.

Ada tiga variasi virus polio, yang disebut virus polio liar tipe 1, 2 dan 3 (WPV1, WPV2 dan WPV3). Polio liar tipe 2 dan 3 telah diberantas (tidak ada lagi), dan polio liar tipe 1 hanya ada di beberapa bagian dunia. Polio tipe 1 paling mungkin menyebabkan kelumpuhan.

 

Penyebab Polio

Polio disebabkan oleh virus (virus polio). Virus polio menginfeksi tenggorokan dan usus anda, yang awalnya akan menyebabkan gejala seperti flu. Virus ini kemudian dapat menyebar ke otak dan tulang belakang dan menyebabkan kelumpuhan.

Virus ini sering menyebar karena kontak dengan kotoran dari seseorang yang terinfeksi. Bisa juga terjadi dari makan atau minum makanan atau air yang terkontaminasi dan dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin tetesan yang terinfeksi ke udara.

 

Jenis-jenis Polio

Polio dapat mempengaruhi tubuh anda secara berbeda tergantung dimana virus berkembang biak dan menyerang. Hal ini membuat para peneliti kemudian membagi polio menjadi beberapa jenis antara lain:

- Poliomielitis yang gagal menyebabkan gejala seperti flu dan usus. Itu hanya berlangsung beberapa hari dan tidak menyebabkan masalah jangka panjang.

- Poliomielitis non-paralitik dapat menyebabkan meningitis aseptik , pembengkakan area di sekitar otak anda. Ini menyebabkan lebih banyak gejala daripada poliomielitis yang gagal dan mungkin mengharuskan anda untuk tinggal di rumah sakit.

- Poliomielitis paralitik terjadi ketika virus polio menyerang otak dan sumsum tulang belakang Anda. Ini dapat melumpuhkan otot-otot yang memungkinkan anda bernapas, berbicara, menelan, dan menggerakkan anggota tubuh anda. Tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena, ini disebut polio tulang belakang atau polio bulbar. Polio spinal dan bulbar dapat muncul bersamaan (bulbospinal polio). Kurang dari 1% penderita polio mengalami poliomielitis paralitik.

- Polio Ensefalitis adalah jenis polio langka yang kebanyakan menyerang bayi. Ini menyebabkan pembengkakan otak.

- Sindrom pasca polio adalah ketika gejala polio kembali bertahun-tahun setelah infeksi polio.

 

3 dari 6 halaman

Penyebab Polio dan Gejalanya

Gejala Polio

Diperkirakan 95 hingga 99 persen orang yang tertular virus polio tidak menunjukkan gejala, bahkan tanpa gejala, namun orang yang terinfeksi virus polio masih dapat menyebarkan virus dan menyebabkan infeksi pada orang lain.

1. Polio non lumpuh

Tanda dan gejala polio non-paralitik dapat berlangsung dari satu hingga 10 hari. Tanda dan gejala ini bisa seperti flu dan dapat mencakup:

- Demam

- Sakit tenggorokan

- Sakit kepala

- Muntah

- Kelelahan

- Meningitis

 

2. Polio lumpuh

Sekitar 1 persen kasus polio dapat berkembang menjadi polio paralitik. Polio paralitik menyebabkan kelumpuhan pada sumsum tulang belakang (spinal polio), batang otak (bulbar polio), atau keduanya (bulbospinal polio). Gejala awal mirip dengan polio non-paralitik. Namun setelah seminggu, gejala yang lebih parah akan muncul. Gejala-gejala ini termasuk:

- Hilangnya refleks

- Kejang parah dan nyeri otot

- Anggota badan yang longgar dan terkulai, kadang-kadang hanya pada satu sisi tubuh

- Kelumpuhan mendadak, sementara atau permanen

- Anggota badan yang cacat, terutama pinggul, pergelangan kaki, dan kaki

Kurang dari 1 persen dari semua kasus polio akan mengakibatkan kelumpuhan permanen. Dalam 5-10 persen kasus kelumpuhan polio, virus akan menyerang otot-otot yang membantu anda bernapas dan menyebabkan kematian.

4 dari 6 halaman

Penyebab Polio dan Cara Penyebarannya

Cara Penyebaran Virus Polio

Sebagai virus yang sangat menular, polio menular melalui kontak dengan kotoran yang terinfeksi. Benda-benda seperti mainan yang berada di dekat kotoran yang terinfeksi juga dapat menularkan virus. Kadang-kadang dapat menular melalui bersin atau batuk, karena virus ini hidup di tenggorokan dan usus.

Orang yang tinggal di daerah dengan akses terbatas ke air mengalir juga sering tertular polio dari air minum yang terkontaminasi oleh kotoran manusia yang terinfeksi. Virus ini sangat menular sehingga siapa pun yang hidup dengan seseorang yang memiliki virus juga dapat tertular.

Wanita hamil dengan sistem kekebalan yang lemah yang dalam kasus khusus mereka yang HIV dan anak kecil adalah yang paling rentan terhadap virus polio. Dan jika anda belum divaksinasi, resiko tertular dapat meningkatkan ketika:

- Bepergian ke daerah yang baru saja mengalami wabah polio

- Merawat atau hidup dengan seseorang yang terinfeksi polio

- Menangani spesimen laboratorium virus

- Amandel anda sudah diangkat

- Memiliki stres ekstrem atau aktivitas berat setelah terpapar virus.

- Minum air yang terkontaminasi atau masuk ke mulut Anda.

- Makan makanan yang telah menyentuh air yang terkontaminasi.

- Berenang di air yang terkontaminasi. Air bisa terkontaminasi ketika seseorang yang diare berenang di dalamnya.

- Tidak mencuci tangan setelah dari kamar mandi atau menyentuh kotoran (seperti mengganti popok).

5 dari 6 halaman

Penyebab Polio dan Pengobatannya

Pengobatan Polio

Dokter hanya dapat mengobati gejalanya selama infeksi berjalan dengan sendirinya. Tetapi karena tidak ada obatnya, cara terbaik untuk mengobati polio adalah dengan mencegahnya melalui vaksinasi. Perawatan suportif yang paling umum meliputi:

- Istirahat di tempat tidur

- Obat penghilang rasa sakit

- Obat antispasmodik untuk mengendurkan otot

- Antibiotik untuk infeksi saluran kemih

- Ventilator portable untuk membantu pernapasan

- Terapi fisik atau kawat gigi korektif untuk membantu berjalan

- Bantalan pemanas atau handuk hangat untuk meredakan nyeri otot dan kejang

- Terapi fisik untuk mengobati rasa sakit pada otot yang terkena

- Terapi fisik untuk mengatasi masalah pernapasan dan paru-paru

- Rehabilitasi paru untuk meningkatkan daya tahan paru-paru

6 dari 6 halaman

Penyebab Polio dan Cara Pencegahannya

Cara Pencegahan Polio

Cara terbaik untuk mencegah polio adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Anak-anak harus mendapatkan suntikan polio sesuai dengan jadwal vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah melalui Dinas Kesehatan dalam program Program Pekan Imunisasi Nasional. Pada kasus khusus, suntikan ini dapat menyebabkan reaksi alergi ringan seperti:

- Masalah pernapasan

- Demam tinggi

- Pusing

- Gatal-gatal

- Pembengkakan tenggorokan

- Detak jantung cepat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.