Sukses

19 Tempat Wisata di Jambi yang Unik dan Menarik, Alam hingga Sejarah

Tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera yang memiliki 11 kabupaten/kota. Tempat wisata di Jambi menjadi salah satu potensi besar yang cukup dimiliki provinsi ini. Tempat wisata di Jambi menawarkan serangkaian pilihan rekreasi yang cukup beragam, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga rekreasi buatan yang begitu sayang dilewatkan.

Jika tertarik untuk berwisata ke Jambi, maka jangan sampai melewatkan berbagai tempat wisata di Jambi yang selalu populer. Wisata di pulau Sumatera khususnya kawasan provinsi Jambi memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi, mulai dari penampang alam gunung, air terjun, taman bunga, hingga penangkaran hewan langkah khas Sumatera.

Sarana dan prasarana juga disediakan di berbagai tempat wisata di Jambi dan sudah dikelola dengan baik. Jika Anda berkunjung ke provinsi Jambi, maka serangkaian pilihan wisata Jambi ini patut untuk disambangi.

Berikut ini tempat wisata di Jambi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/8/2022).  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jambi

1. Jembatan Gentala Arasy

Jembatan gentala arasy merupakan tempat wisata Jambi yang selalu populer. Jembatan untuk pejalan kaki ini memiliki bentuk yang berkelok-kelok dan terbentang di atas Sungai Batanghari di sini bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan. Di ujung jembatan juga terdapat Menara Gentala Arasy yang merupakan museum tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi. Selain museum, pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang tersedia di sini. 

2. Danau Sipin

Danau Sipin adalah salah satu tempat wisata di Jambi yang selalu populer. Pemandangan alam juga panorama yang khas menjadikan tempat ini sebagai rekomendasi untuk dikunjungi. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat deretan perumahan khas melayu Jambi. Danau Sipin pada dasarnya, termasuk dalam kategori Danau Laguna karena permukaan airnya dipengaruhi Sungai Batanghari melalui Anak Sungai Legok sebagai penghubungnya.

3. Air Terjun Tegan Kiri

Tempat wisata di Jambi selanjutnya adalah Air terjun tegan kiri. Tempat wisata Jambi yang cukup populer ini dan berada di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Air terjun ini memiliki panorama alam yang indah juga masih terjaga asri sampai sekarang. Tempat wisata dengan ketinggian 10 meter ini, memiliki sumber air di perbukitan dengan ketinggian 26 meter.

4. Rumah Batu Olak Kemang

Tempat wisata di Jambi berikutnya yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Olak Kemang. Tempat yang terletak di Kecamatan Danau Teluk, Seberang Kota Jambi ini tak jauh dari Kota Jambi dan hanya terpisah oleh aliran Sungai Batanghari. Desa ini sangat populer di Jambi karena terdapat sebuah situs bersejarah, yakni Rumah Batu Olak Kemang. Uniknya tempat wisata Jambi yang selalu populer ini, karena memiliki bangunan yang mencerminkan perpaduan tiga budaya, yakni China, Eropa, dan Islam di masa kesultanan.

Desa ini dapat pengunjung tempuh hanya beberapa menit saja dari Kota Jambi dengan cara menyeberangi Sungai Batanghari. Di tempat wisata Jambi yang selalu populer ini tak hanya kental dengan adat Islamnya, namun jejak sejarah masuknya Islam di Sumatera dan tonggak berdirinya Kesultanan Jambi.

Rumah Batu juga menjadi satu bangunan cukup mencolok di tengah permukiman penduduk Desa Olak Kemang. Menurut penuturan Syarifah Aulia yang juga pengurus Rumah Batu adalah peninggalan seorang penyebar agama Islam di Kota Seberang pada abad ke-18 bernama Sayyid Idrus Hasan Al-Jufri yang dijuluki Pangeran Wiro Kusumo.

5 Makam Raja Orang Kayo Hitam

Tempat wisata di Jambi yang wajib untuk dikunjungi adalah Makam Orang Kayo Hitam. Tempat yang berada di Desa Simpang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan darat untuk menuju situs raja paling bersejarah di Jambi ini.

Lokasi tempat wisata ini berada di tepian Sungai Batanghari. Namun sayang, kondisinya kini terancam rusak akibat abrasi sungai. Dari catatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, makam Raja Orang Kayo Hitam bersanding dengan makam istrinya yang bernama Puteri Mayang Mangurai serta makam kucing kesayangannya. Makam ini memiliki ukuran besar yakni panjang 5,2 meter dan lebar 1,5 meter. Sedangkan, makam istrinya berukuran panjang 3,7 meter dan lebar 1,4 meter.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jambi

6. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan salah satu tempat wisata Jambi yang selalu populer. Gunung ini adalah yang tertinggi di Sumatera. Gunung kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Indonesia, dengan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.

Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan. Gunung ini juga dikelilingi hutan lebat, Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau Sumatera dan badak Sumatera. Tempat wisata Jambi bisa menjadi rekomendasi untuk liburan menyenangkan.

7. Museum Negeri Jambi

Museum Negeri Jambi adalah salah satu bangunan yang dibangun menyerupai Rumah Kajang Lako, rumah adat di Jambi. Tempat wisata di Jambi pengunjung akan menemukan banyak sekali koleksi benda bersejarah yang memiliki nilai seni budaya Jambi dari masa ke masa,  seperti peralatan berburu, anyaman khas Jambi, serta batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang diawetkan. Wisata sejarah ini berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi.

8. Makam Belanda atau Kerkhof

Tempat wisata di Jambi yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah makam Belanda. Tempat yang berlokasi di Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, merupakan bagian dari saksi sejarah ketika Belanda berkuasa di Jambi antara 1833 hingga 1945.

Di samping makam orang Belanda dan keturunannya, ada juga makam tentara Jepang yang pernah menduduki Jambi. Berdasarkan sejumlah catatan, total ada 31 makam Belanda di tempat wisata Jambi yang selalu populer ini. Satu makam yang cukup terkenal adalah makam Anna Catharina Block. 

9. Taman Makam Raja-Raja

Taman makam raja-raja ini merupakan salah satu tempat wisata di Jambi, dengan lokasi tempat yang berada di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Legok, Kota Jambi. Makam Rajo-Rajo ini merupakan tempat pemakaman Sultan Mahmud Mahidin bersama istrinya R. Isah. Sultan Mahmud Mahidin memerintah Kesultanan Jambi antara 1821 hingga 1826.

Di komplek pemakaman ini juga terdapat makam Raden Muhammad Tahir atau biasa disebut Raden Mattaher. Raden Mattaher dikenal sebagai salah satu pejuang yang melawan kolonial Belanda, serta menjadi penerus perjuangan Sultan Thaha Syaifudin yang merupakan salah satu sultan ternama di Jambi.

10. Taman Anggrek Sri Soedewi

Tempat wisata di Jambi selanjutnya ini, akan sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai bunga. Wisata Jambi ini menyajikan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar. Tersedia juga informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya. Tanaman anggrek ini berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan Kantor Gubernur Jambi.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jambi

11. Danau Gunung Tujuh 

Tempat wisata di Jambi ini akan sangat cocok untuk dikunjungi, jika kamu sedang mencari ketenangan karena penat dengan rutinitas sehari-hari. Destinasi satu ini dinobatkan sebagai danau vulkanik tertinggi se-Asia Tenggara, bersantai di danau ini tentunya menjauhkanmu dari bisingnya keramaian. Kalau kamu ingin menghabiskan waktu lebih lama, maka tersedia tempat untuk berkemah dengan membawa peralatan sendiri. Tempat ini memiliki lokasi yang berada di Pesisir Bukit, Gn. Tujuh, Kerinci, Jambi

12. Danau Kaco

Tempat wisata di Jambi ini merupakan danau dengan air sebening kaca. Tempat wisata ini juga sangat populer di kalangan wisatawan lokal. Danau ini juga terdapat tanaman hijau di sekelilingnya, serta menawarkan atmosfer yang menenangkan. Perjalanan menuju danau ini memang cukup menantang, namun lelahmu akan terbayarkan dengan perasaan rileks ketika kamu mencapai danau. Tempat ini memiliki lokasi yang berada di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi

13. World of Water Water Park

Tempat wisata di Jambi ini menjadi rekomendasi yang cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Terdapat berbagai wahana menarik yang bisa dicoba, baik itu untuk anak - anak maupun orang dewasa. Tersedia Masurai Tower, perosotan yang memiliki tinggi 15 meter memicu adrenalin, kamu bisa bisa bersantai di Lazy River dan rileks sambil membiarkan arus yang tenang membawamu. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya East Avenue Blok A No 1, Mendalo Darat, Kec. Jambi. 

14. Kelenteng Hok Tek

Tempat wisata Jambi yang selalu populer juga tertua di Jambi adalah Kelenteng Hok Tek. tempat wisata ini terletak di Jalan Husni Thamrin, Kelurahan Beringin, Kecamatan Pasar, Kota Jambi. Bangunan Kelenteng Hok Tek menghadap arah timur laut, sebagaimana tercermin dari altar yang ada di dalam bangunan.

Bentuk atap ruang yang ada di depan bangunan berjurai dan pelana (hsuan shan). Sedangkan, ruang utama dan samping atap tempat wisata Jambi yang selalu populer ini berbentuk pelana dengan dinding tembok (ngang shan). Kelenteng Hok Tek juga telah mengalami renovasi, dan tercatat pada tahun 1931 dan 1970. Sejak 4 Februari 1984, kelenteng ini sudah tidak difungsikan lagi sebagai tempat ritual, namun keberadaannya tetap dilestarikan hingga sekarang. 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Jambi

15. Candi Muaro Jambi

Salah satu tempat wisata di Jambi  yang wajib dikunjungi saat liburan. Situs Candi Muaro Jambi merupakan tempat wisata yang selalu populer. Wisata jambi ini bisa dibilang situs terluas dan paling bersejarah di Jambi. Letaknya juga berdekatan dengan aliran Sungai Batanghari, sungai terpanjang di Sumatera.

Tempat wisata di Jambi yang selalu populer ini adalah salah satu situs kota kuno di Sumatera. Candi yang disebut-sebut sebagai peninggalan masa Hindu-Buddha ini merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Luasnya mencapai hingga 12 kilometer persegi atau delapan kali luas Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

16. Taman Rimba

Tempat wisata di Jambi juga memiliki versi Taman Mini-nya sendiri, serta menjadi tempat wisata Jambi yang selalu populer. Taman Rimba memiliki luas sekitar 10 Hektar, yang berisi hewan endemik langka yang dilestarikan di Provinsi Jambi. Di tempat wisata Jambi terdapat rumah adat tiap daerah atau kabupaten se Provinsi Jambi. Taman Rimba terletak di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, 7 km dari pusat kota dan 500 m dari Bandara Sultan Taha.

17. Geopark Merangin

Wisata alam di tempat wisata Jambi memang cukup populer untuk dikunjungi. Tempat yang terletak di Kabupaten Merangin, menawarkan arung jeram juga beragam keunikan fosil flora berusia 350 juta tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan tempat wisata di Jambi cukup populer serta masih diselimuti hutan lebat yang memiliki beragam jenis tanaman. Untuk mencapai lokasi tempat wisata di Jambi, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provinsi Jambi.

18. Masjid Seribu Tiang

Tempat wisata di Jambi selanjutnya adalah Masjid seribu tiang atau masjid Agung Al-Falah. Sama seperti situs Candi Muaro Jambi, masjid ini juga terletak di pinggir Sungai Batanghari. Bedanya, Masjid Seribu Tiang ini berdiri di jantung Kota Jambi.

Masjid ini merupakan salah satu wisata Jambi yang wajib dikunjungi dan berada di Jalan Sultan Thaha Syaifuddin No 60, Kelurahan Legok, ini diresmikan Presiden Soeharto pada 1980. Lokasinya cukup dekat dengan Bandara Sultan Thaha, Jambi, yakni sekitar 20 menit saja. Di sekeliling masjid juga terdapat lokasi bersejarah lain, seperti Pasar Tradisional Angsoduo, menara air peninggalan Belanda, serta Museum Perjuangan Jambi.

19. Tanggo Rajo

Tempat wisata di Jambi berikutnya adalah Tanggo Rajo. Tempat wisata Jambi ini memang cukup populer, serta menawarkan pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Selain pemandangan Sungai Batanghari yang menyuguhkan indahnya matahari saat terbenam, pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang banyak dijual di warung tenda sekitar tempat wisata ini. Tanggo rajo berada di kawasan depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jl. Sultan Taha, Kecamatan Pasar Jambi. Kawasan wisata Jambi yang selalu populer ini sering menjadi tujuan rekreasi keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.