Sukses

18 Tempat Wisata di Sumatera Barat, Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Sumatera Barat bisa jadi pilihan destinasi berlibur. Waktu liburan merupakan hal yang dinantikan oleh semua orang, karena selain digunakan untuk istirahat, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata sekedar menikmati suasana juga menghilangkan penat. Rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat wajib anda kunjungi saat liburan bersama keluarga ataupun teman, karena tempat ini memiliki banyak potensi destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Dengan terkenalnya tempat wisata di Sumatera Barat bernuansa alam, banyak para wisatawan baik itu lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Ranah Minang tersebut. Tak hanya itu, wisata Sumatera Barat juga terkenal dengan banyak objek wisata budaya yang memiliki sejarahnya. 

Tempat wisata di Sumatera Barat juga memiliki keunikan,yang menjadi daya tarik tersendiri, mulai dari bangunan bersejarah, pantai, pegunungan, hingga danaunya. Semua tempat wisata Sumatera Barat menawarkan berbagai destinasi liburan yang menyenangkan.

Berikut ini tempat wisata di Sumatera Barat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sumatera Barat

1. Air Terjun Lembah Anai

Tempat wisata di Sumatera Barat yang tidak asing lagi, karena sering disorot di televisi adalah Air Terjun Lembah Anai. tempat yang berlokasi di pinggir jalan, membuat air terjun lembah anai ini tentunya sangat mudah dikunjungi. Lokasinya berada di jalan antara Padang ke Bukittinggi. Saat berada di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati air terjun ini dari mobil saja, namun bisa juga turun dan menikmati airnya yang dingin. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh karena banyak yang berjualan di sekitar tempat ini.

2. Kawasan Wisata Mandeh

Tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya adalah Kawasan Wisata Mandeh. Tempat wisata ini terkenal dengan sebutan Raja Ampat-nya Sumatera Barat, karena panorama serta pesona tempat ini hampir sama dengan pesona Raja Ampat yang terkenal itu. Bahkan sekarang kawasan wisata mandeh juga sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara karena keindahan alamnya tersebut. Keindahan daratan dan keindahan bawah lautnya tidak perlu diragukan lagi. Wisata ini menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga. 

3. Pulau Mentawai

Bagi pengunjung yang menyukai keindahan pemandangan pantai  juga keindahan alam bawah laut tentu bisa menjadikan Pulau Mentawai untuk dikunjungi. Tempat wisata ini terdiri dari beberapa pulau yang memiliki pantai dan keindahan laut yang masih jarang dijamah, Pulau Mentawai menjadi tempat favorit wisatawan  karena Pulau Mentawai memiliki spot surfing yang sudah berskala internasional.

4. Pantai Padang 

Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib dikunjungi, yaitu Pantai Padang. Tidak hanya bisa menikmati air laut yang biru menawan, namun di tempat ini pengunjung juga dapat melihat matahari terbenam. Selain itu, Pantai Padang juga memiliki beberapa warung makan tenda yang berjajar di tepi pantai, sehingga pengunjung bisa makan sambil menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba aneka menu makan lezat yang tersedia di tempat wisata ini.

5. Benteng Fort de Kock

Bukittinggi memang memiliki berbagai monumen masa lalu yang sekarang dijadikan tempat wisata. Peninggalan sejarah selanjutnya selain Jam Gadang dan Lubang Jepang adalah Benteng Fort de Kock. Benteng yang merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda, ini adalah tempat yang luas serta berbukit dengan berbagai peninggalan benteng. Dari sini, wisatawan bisa sekalian masuk ke Kebun Binatang Bukittinggi yang hanya dipisahkan oleh jembatan gantung, yang bernama Jembatan Limpapeh.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sumatera Barat

6. Kota Sawahlunto

Kota Sawahlunto adalah salah satu kota yang masuk dalam nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Tempat ini dulu dikenal sebagai kota batu bara, namun sekarang dikenal sebagai kota wisata. Salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik. Seperti Danau Biru yang merupakan bekas galian tambang batu bara. Airnya yang berwarna biru pekat sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Jika pengunjung ingin melihat pemandangan Kota Sawahlunto, bisa langsung menuju Puncak Cemara City View yang berjarak 6 km dari pusat kota. Ada juga titik lain untuk melihat kota tersebut yaitu Puncak Polan, juga dikenal sebagai Puncak Sungai. 

7. Jembatan Kelok Sembilan

Salah satu tempat wisata di Sumatera barat  adalah Jembatan Kelok Sembilan. Jembatan ini sebenarnya adalah ruas jalan yang menghubungkan antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang berkelok-kelok dan berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh. Jembatan kelok sembilan ini mempunyai tikungan yang sangat tajam dengan lebar yang mencapai 5 meter, serta berbatasan langsung dengan jurang dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Kini jembatan itu makin cantik dengan beragam pembangunan yang dilakukan di sana.

8. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan salah satu wisata pantai di Sumatera Barat yang hanya berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Padang. Pantai ini memiliki lokasi yang tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur, serta terkenal akan keindahannya sejak zaman kolonial Belanda. Dari Pantai Nirwana pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal yang berlabuh maupun berlayar, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja dan menjelang malam, tampak kerlap kerlip lampu di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah.

9. Pulau Angso Duo

Tempat wisata di Sumatera Barat berikutnya yang wajib dikunjungi saat musim liburan adalah Pulau Angso Duo. Pulau ini berada di pantai Pariaman yang jaraknya 2 mil dari tepi pantai. Saat berada di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas seru, mulai dari bermain air, snorkeling atau sekedar main pasir dan riak ombak sambil menikmati lalu lalang para nelayan di pantai. 

10. Ngarai Sianok

Tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya adalah Ngarai Sianok. Tempat ini berlokasi di Bukittinggi. Ngarai Sianok ini memiliki panorama alam yang sangat indah, sehingga pengunjung juga bisa bermain air dan sekadar nongkrong bersama teman di bawah ngarai ini. Bila ingin menikmati pemandangan ngarai dari atas, kamu juga bisa masuk ke Taman Panorama serta menyaksikan keindahan Ngarai Sianok dari sini.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sumatera Barat

11. Danau Singkarak

Tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya adalah Danau Singkarak. Danau ini memiliki salah satu endemik yaitu ikan bilih. Ikan bilih pertama kali ditemukan oleh dua peneliti Belanda, Weber dan Beaufort, pada 1912. Ikan dengan sisik perak berkilauan ini hanya bisa berkembang hingga ukuran sekitar 5 cm. Selain itu, pengunjung bisa mengarungi danau dan menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri. Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat. Saking besarnya, danau ini membentang pada dua kabupaten, Solok dan Tanah Datar.

12. Pulau Setan

Tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya adalah Pulau Setan. Kendati namanya yang mungkin terdengar menyeramkan, namun pesona alam yang ditawarkan sangat elok. Pulau yang tidak memiliki penghuni ini, terdapat hamparan laut biru yang dihiasi oleh perbukitan asri. Jika ingin berenang pengunjung tidak perlu khawatir karena gelombang ombak di sekitarnya terbilang kecil. Selain berenang, kegiatan wisata lain yang bisa kamu lakukan adalah mengelilingi pulau.

13. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang adalah salah satu jembatan unik yang menghubungkan kedua wilayah di Nagari Puluik-puluik, Pesisir Selatan. Saat pengunjung berada di sini, maka akan menemukan deretan pohon beringin besar, yang menurut warga setempat, deretan pohon tersebut sudah berusia puluhan bahkan lebih dari ratusan tahun. 

Dari Sungai Batang Bayang, pengunjung akan menemukan jembatan sepanjang lebih dari 15 meter yang menjulur dari akar panjang pohon beringin, serta saling membelit satu sama lain. Selain pemandangan jembatan yang unik, pengunjung  juga bisa menikmati keindahan aliran sungai yang tidak terlalu deras. Biasanya, anak-anak di sekitar kawasan tersebut kerap kali melompat dari jembatan untuk berenang di sungai sedalam 2-3 meter tersebut.

14. Taman Nasional Kerinci Seblat

Tempat wisata di Sumatera Barat berikutnya adalah Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman Nasional Kerinci Seblat adalah salah satu kawasan yang digunakan sebagai pelestarian alam. Tempat ini terdapat satu atraksi wisata bernama Air Terjun Lumpo. Saat berkunjung ke air terjun, tidak hanya menikmati gemericik air terjun, namun pemandangan hutan juga bisa dinikmati oleh pengunjung karena masih asli dan lebat. Bagi pecinta tempat wisata yang memiliki medan yang cukup menantang, mungkin Air Terjun Lumpo adalah atraksi wisata yang harus dikunjungi.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sumatera Barat

15. Jam Gadang

Tempat wisata di Sumatera Barat yang sangat populer adalah Jam Gadang. Saat berkunjung ke Bukittinggi, tidak akan lengkap jika tidak berfoto dengan Jam Gadang. Menara jam yang sudah berusia lebih dari 90 tahun ini masih mempertahankan bentuk aslinya. Terdapat pelataran yang berlatarkan taman juga pepohonan indah juga asri. Jam Gadang, menurut beberapa catatan sejarah, dibangun pada 1926 setelah Ratu Belanda memberi mesin jam ini kepada Sekretaris Kota Bukittinggi Rook Maker. Pembangunannya dilakukan oleh dua orang arsitek setempat, Yazin dan Sutan Gigi Ameh, yang menghabiskan dana kurang lebih 3.000 Gulden.

16. Istano Basa Pagaruyung

Salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang merupakan andalan di Tanah Datar adalah Istano Basa Pagaruyung. Istana ini adalah sisa dari kejayaan Kerajaan Pagaruyung. Bangunan yang berdiri saat ini bukanlah bangunan asli, namun bangunan asli yang terdapat di Bukittinggi habis dilalap api, namun beberapa benda peninggalan kerajaan masih bisa diselamatkan dan disimpan dengan baik. Bangunan saat ini juga tidak kalah megah dan menarik dari bangunan aslinya. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa menyewa pakaian adat Minang sembari belajar seputar Kerajaan Pagaruyung.

17. Pantai Air Manis

Malin Kundang adalah salah satu karakter dalam sebuah cerita rakyat yang terkenal durhaka kepada ibunya setelah menjadi kaya. Akibat perlakuannya yang membuat ibunya sakit hati, dia pun dikutuk jadi batu. Hingga saat ini, batu menjadi rumor sebagai Malin Kundang bisa pengunjung lihat saat berada di Pantai Air Manis. Konon katanya, bebatuan yang berada di dekat batu Malin Kundang ini merupakan barang-barang tokoh tersebut yang juga ikut berubah menjadi batu. Gelombang ombak yang rendah juga bisa pengunjung manfaatkan untuk berenang di sekitar pantai, sambil menikmati panorama indah Gunung Padang. Jika tertarik, kamu juga bisa berkunjung ke pulau bernama Pisang Kecil dan Pisang Besar menggunakan perahu.

18. Lembah Harau

Indahnya Lembah Harau membuat tempat ini menjadi destinasi liburan yang menarik di Sumatera Barat. Tempat wisata ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Meskipun tempatnya yang berjarak lebih dari 100 km dari Bandara Minangkabau, namun sunyinya Lembah Harau, juga nilai kebudayaan dan agama yang dijunjung tinggi, membuat tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain itu, pemandangan alam yang indah dan memesona, akan membuat energimu terisi kembali. Bagi pecinta wisata ekstrem, di tempat wisata ini, terdapat titik panjat tebing setinggi lebih dari 50 meter dan mungkin tersedia atraksi wisata yang patut untuk dicoba. Saat berkunjung ke Lembah Harau, pengunjung akan belajar kebiasaan masyarakat setempat yang tidak segan memperkenalkan kearifan lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.