Sukses

4 Cara Transfer Kuota Telkomsel, Ketahui Syarat dan Ketentuannya

Berikut adalah cara transfer kuota Telkomsel yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kuota internet.

Liputan6.com, Jakarta Cara transfer kuota Telkomsel sebenarnya cukup mudah. Setidaknya ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirimkan sebagian kuota internet Telkomsel Anda ke nomor lain. Hanya saja, cara transfer kuota Telkomsel ini hanya berlaku ke sesama nomor Telkomsel saja.

Selain itu, cara transfer kuota Telkomsel ini juga dibatasi. Jadi jumlah kouta yang bisa Anda kirimkan ke nomor Telkomsel lain terbatas, maksimal hanya 500MB untuk sekali transfer.

Selain jumlah kuota yang dibatasi, cara transfer kuota Telkomsel ini juga hanya berlaku untuk pelanggan prabayar. Jadi pelanggan pascabayar tidak bisa menggunakan layanan berbagi kuota internet.

Kuota minimal yang bisa ditransfer dalam satu kali transaksi adalah 50MB dan maksimal 500MB. Maksimum 6 kali transaksi atau total 3GB dalam satu hari.

Selain itu, masih ada sejumlah ketentuan lagi, yang harus dipenuhi. Berikut adalah sejumlah cara transfer kuota Telkomsel, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Transfer Kuota Telkomsel via MyTelkomsel

MyTelkomsel adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses semua layanan Telkomsel, mulai dari pembelian pulsa, paket data, customer service, hingga mengakses informasi promo.

Selain itu, MyTelkomsel juga memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk melakukan salah satu cara transfer kuota Telkomsel.

Berikut adalah cara transfer kuota Telkomsel dengan menggunakan MyTelkomsel:

1. Download aplikasi MyTelkomsel di Play Store atau App Store, lalu buka aplikasi.

2. Klik opsi 'Beri Hadiah'.

3. Pilih 'Transfer Kuota'.

4. Masukkan nomor penerima kuota.

5. Selanjutnya, tentukan nominal kuota yang hendak dikirim.

6. Selesai, tunggu pesan balasan dari Telkomsel dan verifikasi kuota yang ditransfer.

3 dari 6 halaman

Cara Transfer Kuota Telkomsel via USSD

Cara transfer kuota Telkomsel juga bisa dilakukan melalui metode USSD. Berikut adalah cara transfer kuota Telkomsel dengan menggunakan USSD:

1. Tekan *363#.

2. Pilih menu 'Paket Lainnya'.

3. Pilih layanan 'Gift'.

4. Masukkan nomor telepon penerima kuota Telkomsel.

5. Pilih menu 'Paket Flash Gift': Bulanan, Mingguan, atau Harian.

6. Pilih paket yang akan ditransfer dan tunggu notifikasi kuota telah berhasil ditransfer.

4 dari 6 halaman

Cara transfer kuota Telkomsel via UMB

UMB adalah layanan dari Telkomsel yang memungkinkan pelanggan berbagi kuota internet ke teman atau orang terdekat dengan Transfer Kuota. Transfer kuota internet hingga 500MB di semua jaringan terbaik dari Telkomsel khusus untuk pelanggan prabayar.

1. Buka menu "Panggilan" di ponsel kamu.

2. Akses *500*2#.

3. Pilih “1. Ya” untuk melakukan transaksi berbagi kuota Telkomsel.

4. Masukkan nomor penerima transfer kuota Telkomsel.

5. Masukkan jumlah kuota yang akan ditransfer.

6. Pilih “1. Setuju” untuk mengonfirmasi transfer kuota Telkomsel.

7. Pengirim akan menerima notifikasi berbagi kuota Telkomsel.

8. Biaya pengiriman kuota melalui UMB mencapai Rp 5.000. Kamu bisa mengirim kuota sebesar 50 - 500 MB. Selain itu, kamu juga harus memiliki kuota tersimpan sebanyak 500 MB setelah melakukan transfer pulsa.

Cara transfer kuota Telkomsel ini berlaku ke sesama pelanggan prabayar Telkomsel baik pemakai kartu simPATI, KARTU As dan Loop.

5 dari 6 halaman

Cara Transfer Kuota Telkomsel via SMS

Selain menggunakan tiga cara yang telah dibahas sebelumnya, Anda juga bisa berbagi kuota Telkomsel dengan sesama pengguna Telkomsel lainnya melalui SMS. Berikut adalah cara transfer kuota Telkomsel melalui SMS:

1. Buka menu perpesanan pada ponsel.

2. Untuk membagikan kuota 100 MB, ketik 100. Opsi lain, untuk membagikan 1 GB ketik 1000. Contoh bisa dilihat sebagai berikut

Contoh: TRF (spasi) 100 (spasi) Nomor tujuan.

3. Kirimkan pesan tersebut ke 363.

4. Tunggu hingga ada pesan konfirmasi masuk dari operator.

5. Bila sudah ada pesan dari operator, balas dengan TRF "YA".

6. Selesai. Kamu hanya menunggu notifikasi bagi pulsa berhasil.

6 dari 6 halaman

Syarat dan Ketentuan Transfer Kuota Telkomsel

Berdasarkan laman pemasaran Telkomsel, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang berlaku ketika Anda ingin menggunakan cara transfer Kuota Telkomsel.

Yang pertama adalah ketentuan batas kuota yang dikirim. Seperti yang dibahas sebelumnya, untuk sekali transfer, kuota minimal yang bisa dikirimkan adalah 50MB dan maksimal 500MB. Sedangkan dalam satu hari maksimal hanya dapat mentransfer kuota Telkomsel maksimal 6 kali. Dengan kata lain, maksimal kuota yang bisa ditransfer adalah 3GB.

Masa berlaku kuota internet yang ditransfer adalah 3 hari dihitung sejak kuota internet diterima. Kuota internet pengirim akan berkurang sejumlah kuota yang ditransfer, sedangkan masa aktif kuota internet pengirim tidak akan berubah. Pengirim akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp5.000/transaksi. Minimal sisa pulsa pengirim setelah melakukan Transfer Kuota adalah Rp1.000.

Demikian sejumlah cara transfer kuota Telkomsel yang bisa Anda coba untuk mengirimkan kuota internet maksimal 3GB per hari. Selain itu, sejumlah layanan transfer kuota Telkomsel ini dikenakan biaya transfer, sehingga penting untuk memeriksa sisa pulsa Anda sebelum melakukan transfer kuota Telkomsel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.