Sukses

8 Penyebab Komputer Restart Sendiri, Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Penyebab komputer restart sendiri karena faktor eksternal dan internal, lengkap dengan cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab komputer restart sendiri bisa disebabkan oleh faktor internal dalam sistem komputer dan eksternal karena salah dalam penggunaannya. Komputer yang tiba-tiba restart seringkali menjadi hal yang menjengkelkan, terutama jika terjadi saat anda belum menyimpan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Restart pada komputer kerap dianggap sebagai hal yang wajar, namun kenyataannya gangguan pada komputer ini termasuk masalah yang serius dan memerlukan penanganan segera. Oleh karena itu penting untuk mengetahui penyebab komputer restart sendiri, sebelum memutuskan solusi untuk memperbaikinya.

Terdapat banyak penyebab komputer restart sendiri, mulai dari karena hardware komputer yang kotor hingga adanya serangan virus di komputer yang dapat membahayakan sistem operasi dan file yang ada di dalamnya. Beda penyebab kerusakan maka beda pula cara mengatasinya.

Untuk memahami lebih jauh tentang penyebab komputer restart sendiri, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Restart Sendiri

1. Blue Screen atau Stop Error

Penyebab komputer restart sendiri yang pertama adalah reboot setelah adanya blue screen atau stop error. Untuk mencegah masalah perangkat lunak atau driver memulai ulang komputer anda berulang kali setelah Stop Error, lakukan hal berikut:

- Menggunakan Menu WinX Windows 10, buka System. Selanjutnya klik pada Pengaturan sistem lanjutan> tab Lanjutan> Startup dan Pemulihan> Pengaturan.

- Hapus centang pada kotak Mulai ulang secara otomatis . Klik Terapkan / OK dan Keluar.

Sekarang jika Windows anda crash karena Stop Error, itu tidak akan me-restart komputer tetapi akan menampilkan pesan kesalahan, yang dapat membantu anda memecahkan masalah Blue Screen.

 

2. Kegagalan Perangkat Keras

Penyebab komputer restart sendiri yang berikutnya adalah karena adanya kegagalan perangkat keras. Kegagalan perangkat keras atau ketidakstabilan sistem dapat menyebabkan komputer melakukan boot ulang secara otomatis. Masalahnya bisa berupa RAM, Hard Drive, Power Supply, Kartu Grafis atau perangkat Eksternal seperti masalah overheating atau BIOS.

 

3. Pembaruan Windows

Jika Windows anda terjebak dalam loop reboot tanpa akhir, coba masuk ke Safe Mode atau akses  Advanced Boot Options. Di sini anda dapat membuka command prompt windows atau system restore atau melakukan Automatic Repair. Jika diinginkan, Anda juga dapat mencegah Windows memulai ulang setelah Pembaruan Windows dengan menggunakan Kebijakan Grup atau Editor Registry.

3 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Restart Sendiri

4. Masalah driver

Jika anda baru saja memperbarui driver perangkat anda dan sekarang menemukan bahwa Windows anda restart tanpa peringatan, anda mungkin ingin memecahkan masalah Driver anda atau mempertimbangkan untuk mengembalikan driver Anda ke versi sebelumnya.

 

5. Masalah RAM 

Masalah dengan RAM dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk restart yang tiba-tiba dan berulang. Bisa jadi RAM itu sendiri bermasalah, atau ada debu yang terkumpul di slot RAM. Jika anda melihat bahwa komputer akan restart dan mendengar suara bip, maka ini merupakan indikasi yang baik bahwa masalahnya ada hubungannya dengan RAM.

Untuk memperbaikinya dan mencegah komputer anda restart sendiri, mulailah dengan melepas RAM dari slotnya. Pastikan Anda membersihkan tempat itu sebelum memasang kembali RAM. Periksa apakah masalah berlanjut atau tidak setelah anda membersihkan RAM. Jika masalah tetap ada, sebaiknya beralih ke ahli perbaikan komputer.

 

6. Catu Daya Rusak

Jika anda menentukan bahwa tidak ada kesalahan pada RAM, area lain yang perlu diperhatikan adalah catu daya. Sama seperti RAM, masalah pada catu daya dapat menyebabkan komputer restart berulang kali. Ada berbagai cara Anda dapat memperbaiki masalah khusus ini.

Salah satu hal paling sederhana yang dapat anda lakukan adalah melepas catu daya yang ada. Anda kemudian harus menggantinya dengan yang lain yang anda tahu dalam kondisi baik, dan lihat apakah masalahnya masih ada. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, cari kemungkinan penyebab lain.

4 dari 4 halaman

Penyebab Komputer Restart Sendiri

7. Prosesor Terlalu Panas

Prosesor yang terlalu panas adalah salah satu masalah paling umum yang terkait dengan komputer yang terus restart. Ada beberapa alasan mengapa prosesor bisa terlalu panas dan satu hal yang jelas hal ini dapat membawa sejumlah masalah. Prosesor yang terlalu panas dapat menjadi alasan mengapa komputer melakukan boot ulang secara acak dan berulang kali.

Untuk memperbaiki masalah ini, anda dapat membuka komputer dan membersihkan CPU. Pastikan anda juga membersihkan kipas prosesor dan bagian sekitarnya. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa apakah kipas prosesor berfungsi dengan baik.

 

8. Infeksi Virus

Serangan virus dan malware adalah alasan paling umum di balik komputer yang terus restart. Ketika masalah terjadi terus-menerus bahkan ketika Anda telah memeriksa faktor-faktor lain yang tercantum di atas, maka virus bisa menjadi biang keladinya.

Jika Anda mengalami masalah karena infeksi virus dan malware, aktifkan fitur pemindaian waktu booting. Fitur ini akan secara otomatis melakukan pemindaian waktu boot saat berikutnya PC anda restart sendiri. Fitur ini juga akan menghapus virus sebelum dimuat.

Pilihan lain adalah mem-boot Windows anda saat dalam mode aman. Ini akan mencegah malware apa pun dari memuat setelah komputer anda berhasil dihidupkan ulang. Segera setelah PC dalam mode aman, anda dapat melakukan pemindaian virus secara penuh. Kemudian, gunakan perangkat lunak anti-virus anda untuk menghapus file berbahaya apa pun di sistem anda.

Pilihan lain adalah memformat ulang hard drive komputer. Ini akan membantu menghilangkan semua virus di komputer anda dan membuatnya bersih. Namun, anda harus memformat ulang hanya jika anda telah mencoba semua opsi lain tetapi tidak dapat memperbaiki masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.