Sukses

9 Manfaat Banyak Minum Air Putih untuk Ibu Hamil, Mengatasi Morning Sickness

Salah satu manfaat banyak minum air putih untuk ibu hamil, mampu mengatasi mual di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta Dengan menjaga kesehatan tubuh ketika sedang mengandung sudah pasti menjadi prioritas. Jika kesehatan ibu hamil terjaga maka kesehatan janin dalam kandungan ikut terjaga dengan baik. Kesehatan ibu dan janin bisa didapat dari manfaat banyak minum air putih hangat. Selain membantu mengatasi mual di pagi hari, dengan minum air putih juga membantu menghidrasi tubuh dengan baik. 

Memang terlihat cukup sepele, namun manfaat banyak minum air putih hangat sangat ampuh untuk mengurangi rasa lelah, dehidrasi, konstipasi, kram, yang diderita ibu selama kehamilan. Namun, tetap ada yang harus diperhatikan adalah konsumsi air minum yang hangat, bukan air minum panas. 

Selain itu manfaat banyak minum air putih juga membantu menjaga kesehatan jantung baik itu untuk ibu hamil maupun tidak. Untuk ibu hamil, jangan minum air putih yang panas  karena dapat membakar langit-langit mulut ibu hamil, bahkan juga bisa menyebabkan asam lambung naik.

Berikut ini manfaat banyak minum air putih hangat untuk ibu hamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Banyak Minum Air Putih

1. Menjaga Kesehatan Bronkial

Manfaat banyak minum air putih hangat untuk ibu hamil juga dapat menjaga kesehatan Bronkial. Mungkin belum banyak ibu yang mengetahui bahwa ketika tengah mengandung, sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan. Termasuk obat-obatan yang biasa dikonsumsi ketika meriang, misalnya obat flu, batuk, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi efek samping obat-obatan ini yang akan memengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Mungkin saja ibu menjadi lebih sehat, tetapi belum tentu janin memiliki daya tahan tubuh yang sama dengan sang ibu.

Terutama ketika memasuki musim dingin atau musim hujan. Kerentanan terhadap infeksi saluran pernafasan dapat menjadi penyebab batuk, pilek, dan flu akan semakin besar. Sehingga ibu sangat dianjurkan untuk minum air hangat untuk bisa menghangatkan diri, menguatkan sistem imun, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit yang memungkinkan ibu untuk mengonsumsi obat-obatan.

2. Menghidrasi Lebih Baik

Jika dibandingkan dengan mengonsumsi air biasa, maka dengan minum air hangat justru akan menghasilkan hidrasi yang lebih baik. Hidrasi yang lebih baik ini juga yang nantinya juga akan membantu tubuh dalam menjalankan fungsi atau metabolismenya menjadi lebih mudah. Perubahan kadar hormon tubuh saat hamil juga membuat sistem tubuh membutuhkan semua hidrasi yang bisa diperoleh untuk melanjutkan fungsi normalnya, sehingga mampu mengatasi masalah kehamilan yang umum terjadi seperti edema, morning sickness, kram, dan pusing.

3. Mengontrol Berat Badan

Dengan mengonsumsi air putih hangat saat hamil, dipercaya mampu mengontrol berat badan. Hal ini disebabkan air hangat mampu merusak timbunan lemak jahat sehingga mampu membantu ibu hamil dalam menurunkan berat badan menjadi lebih ideal ketika dalam masa kehamilan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Banyak Minum Air Putih

4. Membantu Detoksifikasi dan Pencernaan

Manfaat banyak minum air putih hangat juga membantu pencernaan ibu hamil dengan membersihkan semua racun yang ada dalam tubuh. Jika saluran pencernaan bisa dibersihkan dengan baik maka penyerapan nutrisi ibu hamil juga lebih optimal. Penyerapan nutrisi yang lebih baik tentu membantu meningkatkan kesehatan saat masa kehamilan, bahkan mampu memaksimalkan tumbuh kembang janin.

Perlu diketahui bahwa terdapat banyak sekali racun yang tertimbun pada usus manusia, terutama saat ada dalam masa kehamilan. Hal ini harus lebih ekstra diperhatikan karena khawatir akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Dengan air putih hangat, akan membantu proses detoksifikasi, feses, pengeluaran racun melalui keringat, serta urin bisa menjadi lebih mudah untuk diatasi. 

5. Mengurangi Morning Sickness dan Menenangkan Pikiran

Kebanyakan ibu hamil  juga akan mengalami morning sickness yang merupakan salah satu aspek tersulit dari proses kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil akan merasa mual yang disebabkan karena kekurangan cairan. Ketika diihadapkan dengan permasalahan ini maka ibu hamil akan dianjurkan untuk mengonsumsi air putih hangat.

Selain dapat membantu tubuh ibu untuk dapat terhidrasi kembali, air hangat ini juga mampu membantu menenangkan pikiran. Membantu pikiran ibu menjadi lebih tenang dan nyaman, maka ibu hamil juga akan terhindar dari stres yang berkepanjangan, hingga janin bisa tumbuh dan berkembang lebih maksimal.

6. Meredakan Sembelit

Penyakit langganan ibu hamil ini yakni sembelit. Ketika ada dalam masa kehamilan, Ibu hamil akan mengalami pola makan yang berbeda dari biasanya. Tidak heran jika masalah sembelit akan sering ditemui, sehingga air hangat ini akan membantu meredakan sembelit.

Namun akan lebih baik untuk mengonsumsi air putih hangat dari pada teh. Hal ini disebabkan karena air putih hangat sangat efektif untuk meningkatkan peregangan usus, juga dapat mengatasi masalah sembelit. Perlu diketahui juga bahwa air hangat sangat mampu untuk memecah sejumlah partikel makanan yang masuk dengan melalui usus.

4 dari 4 halaman

Manfaat Banyak Minum Air Putih

7. Redakan Kram dan Membuat Kulit Lebih Bersinar

Rasa kram yang sering dialami oleh ibu hamil, juga bisa diatasi dengan minum air hangat. Hal ini disebabkan karena air yang hangat mampu untuk menenangkan otot-otot yang tegang. Manfaat banyak minum air putih hangat ampuh menangani ibu yang seringkali merasa pegal karena belum terbiasa dengan kehamilannya. Selain mampu menghilangkan racun dalam tubuh, air hangat juga membuat ibu menjadi lebih cantik dari biasanya.  Pasalnya, air hangat dapat membantu mengatasi masalah peradangan pada kulit seperti ruam dan jerawat. Mengonsumsi air hangat akan membuat wajah ibu hamil lebih cerah dan bersinar.

8. Membuang Racun dari Dalam Tubuh

Pada saat kurang minum air, racun seperti urea bisa menumpuk di dalam tubuh. Pada saat urea menumpuk, sejumlah fungsi tubuh bisa menurun dan keseimbangan elektrolit bisa menjadi tak normal. Kondisi ini dapat menimbulkan efek domino yang menyebabkan gangguan elektrolit dan berujung terjadinya delirium. Dampak serupa juga bisa menimbulkan infeksi saluran kencing yang bisa dihindari dengan cukup mengonsumsi air putih di pagi hari. 

9. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Ketika tubuh kekurangan sejumlah hal yang dibutuhkan, misalnya air, maka tubuh akan kesulitan untuk bekerja secara optimal. Hal ini juga menyebabkan organ tubuh termasuk jantung bekerja lebih keras. Penelitian pada tahun 2021 juga membuktikan seberapa besar dampak air putih pada kesehatan jantung. Disebut bahwa cukup minum air putih bisa membantu mencegah atau memperlambat perubahan yang bisa menyebabkan gagal jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.