Sukses

6 Cara Belajar Bahasa Jepang, Mudah Serta Efektif untuk Pemula

Cara belajar Bahasa Jepang efektif untuk pemula bisa dilakukan dengan menonton film.

Liputan6.com, Jakarta Dengan memasukkan kurikulum bahasa asing di Indonesia dimaksudkan agar memperluas keterampilan para pelajar untuk menghadapi persaingan globalisasi yang semakin luas, salah satunya Bahasa Jepang. Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa asing yang mulai banyak diajarkan di Indonesia, serta materi pelajaran Bahasa Jepang juga mulai dikenalkan di bangku sekolah menengah atas. Cara belajar Bahasa Jepang juga bisa dilakukan dengan mudah, yaitu menonton film dan mendengarkan lagu.

Dalam hal ini, Jepang merupakan salah satu negara yang menjalin hubungan kerja sama baik dengan Indonesia. Oleh karena, penting bagi anak-anak muda untuk melatih kemampuan Bahasa Jepang untuk mendukung tujuan tersebut. Bukan hanya itu, Jepang juga kerap menjadi negara tujuan bagi warga Indonesia untuk bekerja maupun melanjutkan studi yang lebih tinggi, maka sangat penting untuk mengetahui cara belajar Bahasa Jepang yang efektif selain melalui pendidikan formal. 

Terdapat beberapa cara belajar Bahasa Jepang yang cepat, serta bisa kamu praktikkan. Beberapa cara ini dapat membantu Anda belajar Bahasa Jepang dengan lebih mudah dan seru. Seperti menyimak percakapan Bahasa Jepang melalui film atau kartun, mempelajari kata dasar dan tata bahasa, hingga melatih kemampuan berbicara.

Berikut ini cara belajar Bahasa Jepang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Belajar Bahasa Jepang

1. Mendengarkan lagu

Cara belajar Bahasa Jepang selanjutnya, yang dilansir dari Squline bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu. Sama seperti menonton film, mendengarkan lagu berbahasa Jepang dapat membantu melatih kemampuan mendengarkan dengan efektif. Bagi Anda yang suka dengan lagu-lagu Jepang, hal ini akan mempermudah upaya menguasai bahasa tersebut. Namun, bagi yang tidak begitu menyukai musik Jepang, tidak ada salahnya untuk mencoba. Pilihlah lagu-lagu Jepang yang menarik untuk Anda, dengarkan secara berulang dan simak setiap lirik yang ada dalam lagu tersebut, maka akan sangat membantu dalam proses belajar Bahasa Jepang.

2. Menonton film

Melansir dari laman Squline, cara belajar Bahasa Jepang dengan cepat, bisa dilakukan dengan menyimak atau menonton film. Melalui cara ini, akan cukup menyenangkan untuk dicoba, di mana Anda bisa terhibur dengan kisah cerita film yang disajikan, sekaligus dapat menyimak dialog Bahasa Jepang yang dilakukan setiap tokohnya.

Cara ini juga dapat membantu kamu melatih kemampuan, dengan mendengarkan setiap kata dalam Bahasa Jepang. Pada awalnya, akan terdengar asing juga susah setiap kata-kata yang terucap. Namun, jika dilakukan dengan rutin, maka Anda akan terbiasa dan mulai bisa menangkap kata-kata dalam dialog tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara Belajar Bahasa Jepang

3. Mempelajari kata dasar

Cara belajar Bahasa Jepang berikutnya, bisa dilakukan dengan mempelajari kata dasar. Anda bisa mengambil kursus online atau sekarang sudah banyak  situs-situs yang menyediakan layanan gratis untuk belajar Bahasa Jepang. Mulailah untuk mempelajari bagaimana penulisan dan pelafalan kata, angka, hingga kata ganti. Untuk pemula, kamu juga bisa mempelajari berbagai kata sapaan dalam Bahasa Jepang yang sering digunakan. Kata-kata tersebut juga bisa dipraktikkan dalam satu kalimat, sehingga Anda bisa memahami arti dengan lebih jelas. Beberapa materi dasar ini cukup sederhana, namun sangat penting untuk dipelajari bagi para pemula secara bertahap, hingga tingkat yang lebih mahir.

4. Mempelajari tata bahasa

Dengan mempelajari tata bahasa juga termasuk salah satu cara belajar Bahasa Jepang yang perlu Anda lakukan. Setelah mengerti dan memahami materi-materi dasar, berikutnya bisa mempelajari tata bahasa dalam Bahasa Jepang. Seperti bahasa pada umumnya, Jepang juga memiliki aturan tata bahasa khusus yang digunakan. Kamu juga harus mempelajari bagaimana cara menyusun kalimat berdasarkan konteks dan waktu yang tepat. Mulai dari kalimat dengan konteks waktu sekarang, masa lalu, dan masa depan. Meski bukan suatu hal yang mudah, akan tetapi dengan mempelajari tata bahasa Jepang dapat mendukung komunikasi yang lebih baik.

 

4 dari 4 halaman

Cara Belajar Bahasa Jepang

5. Melatih penulisan kalimat

Cara belajar Bahasa Jepang berikutnya, mulai dengan melatih penulisan kalimat. Setelah mengetahui kata-kata dasar juga tata bahasa, menuliskan kalimat yang baik dan benar juga harus memperhatikan setiap bentuk hurufnya, baik huruf hiragana, katakana, dan kanji. Masing-masing huruf tersebut mewakili penyebutan suku kata yang berbeda. Dengan begitu sangat penting mengetahui setiap perbedaannya dengan baik. Melalui cara ini, akan efektif untuk membantu melatih kemampuan penulisan bahasa yang benar.

6. Melatih pengucapan kalimat

Cara belajar Bahasa Jepang dengan cepat juga bisa melatih pengucapan kalimat. Selain mengerti bagaimana cara penulisan kalimat dalam Bahasa Jepang, sangat penting untuk melatih kemampuan pengucapan setiap kata dengan benar. Dalam hal ini, melatih pengucapan dengan menirukan kata-kata dalam dialog film atau lirik lagu. Selanjutnya, Anda bisa berlatih mengucapkan kalimat secara penuh. 

Mulailah dengan kalimat-kalimat yang mudah juga sering digunakan dalam dialog Bahasa Jepang. Lakukan cara ini secara bertahap, Anda bisa melatih kemampuan dengan mempelajari kalimat-kalimat sulit. Namun latihan agar mahir bahasa Jepang ini juga dibutuhkan ketekunan. Karena semakin sering Anda berlatih maka kemampuan juga semakin berkembang hingga bisa berbicara Bahasa Jepang dengan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.