Sukses

12 Penyebab Susah Hamil, dari Kondisi Kesehatan Hingga Gaya Hidup

Penyebab susah hamil biasanya dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab susah hamil perlu dipahami oleh pasangan suami-istri. Pasalnya, hal ini bisa berkaitan dengan kondisi medis atau masalah kesehatan tertentu yang dialami maupun karena pola hidup yang tidak sehat.

Masalah kesuburan kerap kali menjadi bahasan utama mengenai sulitnya mendapatkan kehamilan. Kondisi kesehatan tertentu dapat memengaruhi kesuburan seseorang. Pada wanita, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sulitnya mendapat kehamilan.

Penyebab susah hamil biasanya dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu. Oleh karena itu, pasangan suami-istri sudah sepatutnya memeriksakan diri ke dokter terkait dengan penyebab susah hamil. Hal ini juga diperlukan untuk merencanakan kehamilan dengan lebih baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022) tentang penyebab susah hamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Susah Hamil

Menopause prematur

Penyebab susah hamil yang pertama adalah menopause prematur, yaitu ketika menstruasi wanita berhenti sebelum menginjak usia 40. Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa hamil jika mengalami kondisi ini. Beberapa wanita masih bisa hamil dengan telurnya sendiri. Tetapi bagi banyak orang, satu-satunya pilihan mereka untuk kehamilan adalah dengan sumbangan telur. Gejala dari menopause prematur yaitu menstruasi tidak teratur, serta gejala menopause seperti kekeringan vagina, hot flashes, dan perubahan mood.

Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi bagian dalam rahim memasuki organ tubuh lainnya, seperti perut dan saluran tuba. Ketika penyebab susah hamil ini terjadi, jaringan yang salah tempat berkembang menjadi lesi yang merespon siklus menstruasi wanita. Di luar rahim, jaringan ini tidak memiliki tempat untuk pergi dan kembali, menyebabkan pendarahan internal, peradangan, pelekatan, rasa sakit, dan akhirnya, bagi banyak orang, menyebab infertilitas.

Gejala endometriosis bervariasi. Beberapa wanita mengalami gejala ringan, tetapi yang lain dapat memiliki gejala sedang hingga berat. Wanita yang menderita kondisi ini disarankan untuk menemui ahli endokrinologi reproduksi yang dapat merekomendasikan operasi atau bentuk perawatan lain.

Usia

Semakin muda kamu, maka semakin mudah juga kamu hamil. Wanita yang berusia di atas 35 tahun dan pria yang berusia di atas 40 tahun akan lebih lama untuk memiliki anak. Usia yang semakin bertambah akan mengurangi kualitas dan kuantitas sel terlu pada wanita. Usia juga yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas sel sperma seorang pria.

3 dari 5 halaman

Penyebab Susah Hamil

Anovulasi

Anovulasi berarti tidak ada sel telur yang dikeluarkan dari ovarium. Penyebab susah hamil ini dapat menjadi penyebab infertilitas hingga 40 persen wanita infertil. Obat induksi ovulasi seperti Clomid bisa mengobati kondisi ini. Beberapa obat, kondisi, dan faktor eksternal yang memengaruhi kadar hormon dapat menyebabkan anovulasi. Wanita usia subur biasanya tidak mengalami anovulasi kecuali ada sesuatu yang mengganggu kadar hormon tubuh atau merusak indung telur.

Bagi banyak wanita, anovulasi menjadi masalah ketika mereka ingin hamil, atau mereka memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika seorang wanita mencurigai bahwa dia tidak berovulasi, dia harus mengunjungi dokter untuk mengeksplorasi masalah kesehatan potensial dan untuk bekerja menuju keseimbangan hormon yang sehat.

Masalah kesuburan pria

Pria juga bisa menghadapi masalah kesuburan karena faktor hormon atau genetik atau lingkungan. Bisa juga masalahnya di kelenjar pituitari di testis, penghalang di testis, atau paparan zat beracun atau kimia, seperti BPA di pastik, alkohol atau obat-obatan.

Penyebab susah hamil satu ini tentu juga sangat penting diperhatikan. Cara mengatasinya yaitu dengan mendatangi dokter untuk dianalisis semennya. Lalu diet seimbang dan latihan, berhenti merokok dan vape, dan mengonsumsi multivitamin rutin untuk pria.

4 dari 5 halaman

Penyebab Susah Hamil

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah kelainan hormon yang mengurangi kemampuan indung telur untuk matang dan melepaskan telur ke saluran tuba. Wanita dengan PCOS menghasilkan hormon pria dalam jumlah lebih tinggi dari normal. Ketidakseimbangan hormon ini menyebabkan mereka melewatkan periode menstruasi dan menjadi penyebab susah hamil. PCOS adalah masalah yang berkaitan dengan hormon yang mempengaruhi wanita selama masa subur mereka antara usia 15 hingga 44. Perubahan gaya hidup, seperti penurunan berat badan, olahraga, dan diet rendah karbohidrat bisa mencegah kondisi ini.

Fibroid rahim

Fibroid rahim adalah tumor jinak di dalam atau di luar rahim yang dapat menyebabkan perdarahan abnormal dan infertilitas. Kebanyakan wanita tidak tahu mereka memiliki kondisi yang menjadi penyebab susah hamil ini. Lokasi dan ukuran fibroid menentukan apakah fibroid harus diangkat secara operasi atau tidak. Fibroid yang tumbuh di dalam rongga rahim sering kali dapat diangkat selama prosedur bedah rawat jalan, yang pada akhirnya dapat mengarah pada kehamilan yang sehat.

Berat badan tidak sehat

Terlalu gemuk atau kurus dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk hamil, karena bisa mengubah pola ovulasi. PCOS umumnya berkaitan dengan obesitas karena obesitas mempengaruhi kemampuan tubuh meregulasi insulin. Penyebab susah hamil ini perlu diperhatikan, karena mengurangi 5-10% berat badan bisa membuat perubahan dalam kemampuan hamil seseorang.

5 dari 5 halaman

Penyebab Susah Hamil

Kerusakan tuba falopi

Saluran tuba adalah organ reproduksi wanita yang menghubungkan ovarium dan rahim. Setiap bulan selama ovulasi, yang terjadi kira-kira di tengah siklus menstruasi, saluran tuba membawa telur dari ovarium ke rahim. Jika sel telur dibuahi oleh sperma, ia bergerak melalui tabung ke rahim untuk implantasi. Jika saluran tuba tersumbat, jalan bagi sperma untuk sampai ke sel telur, serta jalan kembali ke rahim untuk sel telur yang dibuahi, diblokir. Kerusakan tuba falopi didefinisikan sebagai penyumbatan lengkap atau parsial dan / atau jaringan parut tuba falopi.

Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab susah hamil. Gaya hidup tidak sehat misalnya menggunakan narkoba, mengonsumsi alkohol, atau merokok. Obat-obatan terlarang, seperti kokain dan ganja, diduga dapat menurunkan jumlah dan pergerakan sperma. Sementara itu, tembakau dan alkohol juga dapat menurunkan tingkat pembuahan dan meningkatkan risiko keguguran.

Rendahnya ovarium

Cadangan ovarium yang rendah dikaitkan dengan berkurangnya jumlah dan kualitas telur, menghasilkan lebih sedikit embrio dan tingkat kehamilan yang lebih rendah dengan In vitro fertilisation (IVF). Cadangan ovarium yang berkurang dapat memengaruhi orang dari segala usia. Tes deteksi tingkat hormon dapat menentukan apakah perawatan infertilitas diperlukan. Namun,tes ini harus digunakan untuk membahas prognosis dengan pasien sebelum perawatan infertilitas dimulai.

Olahraga Berat

Olahraga berlebihan atau terlalu berat akan sangat berbahaya, terutama bagi wanita yang ingin segera mendapat kehamilan. Hal ini dapat memengaruhi kesuburan dan pelepasan sel telur. Olahraga berat bisa menjadi penyebab susah hamil. Hal ini disebabkan karena tingkat kesuburan wanita dapat menurun drastis karena aktivitas yang berat. Menurut penelitian Norwegian University of Science and Technology di 2010, olahraga berlebihan menyebabkan wanita menggunakan energi kehamilannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.