10 Wisata Kepulauan Seribu yang Paling Hits, Pesona Lautan yang Indah dan Memesona

Oleh Husnul Abdi pada 18 Agu 2022, 19:50 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 19:50 WIB
Serunya Bermain Jet Ski di Pulau Pramuka
Perbesar
Seorang pemain jet ski SCI melakukan lompatan saat konvoi menuju Pulau Pramuka pada acara SCI Peduli 2017 di Jakarta, Sabtu (17/6). Aksi konvoi tersebut juga menjadi hiburan bagi warga Kepulauan Seribu. (Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. Apalagi, Pulau Seribu merupakan destinasi liburan yang dekat dengan ibu kota. Jadi, bagi kamu yang ingin beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, liburan singkat di Pulau Seribu bisa menjadi pilihan.

Ada sekitar 36 pulau di Kepulauan Seribu. Sejumlah pulau dikembangkan sebagai pulau wisata yang banyak dikunjungi para pelancong. Ada pula banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata ke pulau-pulau ini.

Wisata Kepulauan Seribu biasanya tergantung pada pulau mana yang akan kamu kunjungi. Misalnya Pulau Pari, paket Pulau Pramuka, paket Pulau Harapan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di Kepulauan Seribu, mulai dari berkeliling pantai, snorkeling, diving, hingga mengunjungi tempat konservasi satwa. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022) tentang wisata Kepulauan Seribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wisata Kepulauan Seribu

Menikmati Keindahan Pulau Harapan
Perbesar
Pulau Harapan yang merupakan salah satu gugusan di Kepulauan Seribu ini menyimpan pemandangan yang sungguh menajubkan untuk memanjakan mata, Jakarta, Senin (25/8/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pulau Tidung

Wisata Kepulauan Seribu yang pertama adalah Pulau Tidung. Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung besar merupakan pulau berpenghuni dengan aktivitas warnganya yang cukup tinggi. Sementara Pulau Tidung kecil merupakan pulau tak berpenghuni dan dikhususkan menjadi lokasi budidaya dan pelestarian mangrove.

Di Pulau Tidung kamu akan diajak menyusuri Jembatan Cinta, sebuah jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil. Kamu juga akan diajak menikmati keindahan beberapa pantai seperi Pantai Saung Perawan.

Pulau Harapan

Pulau Harapan berada di wilayah terjau dari bibir pantai Jakarta. Kawasan pulau Harapan memang tak sedekat Pulau Pari atau Pulau Tidung. Namun, Pulau Harapan tetap memiliki banyak peminat. Salah satu wisata Kepulauan Seribu ini menawarkan wisata rekreasi dan konservasi.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Harapan di antaranya adalah menikmati pantai, mengunjungi hutan mangrove, memancing, menjelajah pulau seperti Pulau Genteng, Pulau Macan, Pulau Kusung Perak, Pulau Gosongan, Pulau Kotok, Pulau Kelapa Dua, Pulau Sabira, dan masih banyak lagi. Di sini kamu juga bisa mengunjungi pusat penangkaran penyu di Pulau Kelapa Dua dan penangkaran elang di Pulau Kotok. Kamu juga bisa snorkeling dan diving di sini.


Wisata Kepulauan Seribu

Sunset di Pulau Pari
Perbesar
Warga menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Jakarta pada 3 Agustus 2019. Pulau Pari mempunyai keindahan saat matahari terbenam yang dapat dilihat dari Tanjung Renggae. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan daratan Jakarta. Dari Pulau ini kamu masih bisa melihat gedung-gedung bertingkat yang ada di Jakarta. Pulau ini terkenal sebagai pulau resor di Kepulauan Seribu.

Di salah satu wisata Kepulauan Seribu ini kamu bisa bersantai menikmati eksotisnya pulau. Terdapat juga beragam aktivitas seperti banana boat, bersepeda, atau keliling pulau. Beberapa agen perjalanan juga menawarkan paket keliling 3 pulau yang ada di dekat Pulau Bidadari yaitu Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Khayangan. Ketiga pulau ini terkenal akan daya tarik sejarahnya.

Pulau Pari

Pulau Pari membujur dari ujung Selatan ke Utara di perairan Jakarta. Pulau Pari dapat ditempuh 1,5 jam menggunakan kapal cepat dari Ancol, Jakarta. Destinasi yang ditawarkan pun beragam mulai dari pengunjungi beragam pantai, menikmati sunset, menjelajah hutan mangrove, hingga mengunjungi penangkaran biota laut.

Pulau Pari memiliki jajaran pantai yang menawan seperti Pantai Pasir Perawan, Pantai Bintang, Pantai Tanjung Rengge, dan Pantai Kresek. Salah satu wisata Kepulauan Seribu ini biasanya juga sudah meliputi paket snokeling dan diving.


Wisata Kepulauan Seribu

pulau pramuka
Perbesar
pulau pramuka di jakarta

Pulau Ayer

Wisata Kepulauan Seribu berikutnya yang bisa kamu pilih adalah Pulau Ayer. Pulau Ayer dikenal sebagai pulau yang terbaik, terbersih dan pulau yang paling eksklusif. Di sini terdapat 33 floating cottage dengan 3 katagori yaitu 14 standard, 12 family, dan 7 VIP cottages.

Selain itu juga ada 14 land cottage plus hotel dan ruang karaoke. Fasilitasnya pun juga sudah lengkap, seperti fasilitas restoran, meeting room, drug store dan jogging track. pilihlah paket yang sudah termasuk akomodasi, konsumsi, sewa peralatan watersports, sewa sepeda, atau peralatan outbound. Jadi, kamu bisa mengurangi pengeluaran pribadi.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau ini menjadi tujuan wisata para pelancong yang ingin menikmati indahnya Pulau Seribu. Biasanya wisata Kepulauan Seribu ini meliputi aktivitas mengunjungi pantai, konservasi, snorkeling, dan diving.

Pulau ini juga dikenal akan keindahan bawah lautnya. Selain itu, di pulau ini terdapat penangkaran salah satu satwa langka yang dilindungi, yaitu penyu sisik. Ada juga berbagai budidaya beragam jenis ikan seperti ikan bawal, bandeng, kerapu, hingga hiu. Kamu juga bisa menyusuri kawasan konservasi hutan bakau yang ada di pulau ini.


Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Macan Tawarakan Eco Resort Sebagai Tempat Wisata
Perbesar
Terdapat Eco Resort sebagai tempat wisata di Pulau Macan.

Pulau Onrust

Wisata Kepulauan Seribu yang berikutnya adalah Pulau Onrust. Pulau ini dulunya dikenal sebagai pulau kapal oleh warga lokal pada masa kolonial Belanda. Hal ini karena pada masa itu banyak kapal Belanda yang mengunjungi pulau ini untuk menuju Jakarta. Keindahan pantai dan laut di pulau Onrust sangat menakjubkan, dilengkapi pula dengan rumah bersejarah peninggalan Belanda yang membuat wisata Kepulauan Seribu ini menjadi favorit wisatawan.

Pulau Macan

Pulau Macan merupakan wisata Kepulauan Seribu yang terletak di bagian utara Kepulauan Seribu. Pulau Macan memiliki latar belakang biru kehijauan sehingga pengunjung pasti ingin berlama-lama di pulau ini, yang membuat Pulau Macan ini unik adalah keberadaan tempat yang sederhana di bibir pantai. Meskipun penginapan ini terbilang sederhana namun tetap nyaman.


Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Putri
Perbesar
Suasana Pulau Putri Terlihat Dari Tengah Laut (Liputan6.com/Mohamad Fahrul)

Pulau Putri

Keberangkatan kapal dari Marina Ancol pukul 08.00 dan kembali pukul 14.00 dengan jarak tempuh 90 menit dari pelabuhan. Di wisata Kepulauan Seribu ini kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling, bahkan tanpa snorkeling pun kamu masih bisa melihat alam bawah laut. Caranya yaitu dengan naik kapal untuk melihat dasar laut. Kapal ini berkapasitas 15 orang, pinggir kiri kanan kapal terdapat kaca, sehingga kamu dapat melihat ikan dan terumbu karang di sisi kiri dan kanan kapal. Kapal ini berjalan selama 25 menit dari dermaga pulau.

Pulau Sepa

Wisata Kepulauan Seribu berikutnya adalah Pulau Sepa. Hanya 90 menit dari Marina Ancol. Kondisi air laut yang jernih dan bersih di sini sangat cocok untuk snorkeling. Pantainya yang landai serta pasir putih menjadikan Pulau Sepa begitu memesona. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara berjemur di pinggir pantai. Pulau Sepa terkenal sebagai Paradise for Diver.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya