Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional Serta Komponennya yang Perlu Dipahami

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 18 Agu 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 18:00 WIB
ilustrasi PPN
Perbesar
ilustrasi PPN (sumber: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara pasti memiliki pendapatan nasional. Oleh karena itu, manfaat perhitungan pendapatan nasional menjadi tolak ukur untuk menilai bagaimana kondisi perekonomian yang terjadi. Dengan adanya pendapatan nasional, maka suatu negara akan memperoleh beragam manfaatnya. Seperti yang diketahui, hampir seluruh negara memiliki pendapatan nasional, dan Indonesia termasuk salah satunya. 

Secara rutin setiap tahunnya, Indonesia akan memperoleh penghasilan yang digunakan untuk mendapatkan manfaat dari berbagai sumber. Manfaat perhitungan bisa diperoleh dari pajak, non-pajak, atau hibah.

Jika mengutip dari buku Ensiklopedia Seri Pendapatan Nasional, maka pendapatan nasional secara umum dapat diartikan sebagai pendapatan/penghasilan yang diterima oleh suatu negara selama satu tahun yang diukur dengan nilai uang. Namun selain manfaat perhitungan pendapatan nasional, ada juga tujuan serta gambaran tentang tingkat ekonomi yang telah dicapai.

Berikut ini manfaat perhitungan pendapatan nasional yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pengertian Pendapatan Nasional

Ilustrasi Laporan Keuangan
Perbesar
Ilustrasi Laporan Keuangan.Unsplash/Isaac Smith

Melansir dari vedantu, untuk memahami apa itu Pendapatan Nasional, maka dapat direpresentasikan sebagai Pendapatan Nasional yang mendefinisikan kekayaan suatu negara. Pendapatan ini menggambarkan nilai barang juga jasa yang dihasilkan oleh suatu perekonomian. Hal ini memberikan efek pada hasil bersih dari semua kegiatan ekonomi yang dilakukan di negara tersebut.

Bayangkan bagaimana seseorang dapat mendefinisikan kekayaan suatu negara tanpa istilah ekonomi? Dalam hal ini, tidak akan ada akuntabilitas dan tanggung jawab yang terkait dengan produksi di dalam negeri. Sumber daya akan tidak diperhitungkan dan akan ada suasana ekonomi yang samar-samar. Oleh karena itu, mari kita simak kajian yang membahas tentang Pendapatan Nasional ini.

Pendapatan nasional adalah jumlah total nilai semua barang dan jasa yang diproduksi oleh penduduk negara itu, dalam setahun, di dalam batas-batas domestiknya atau di luarnya. Ini merupakan jumlah pendapatan bersih warga negara dengan produksi dalam setahun.

Lebih tepatnya, pendapatan nasional adalah akumulasi nilai uang dari semua barang dan jasa akhir yang diproduksi di suatu negara selama satu tahun keuangan. Perhitungan Pendapatan Nasional sangat penting karena menunjukkan kesehatan ekonomi kita secara keseluruhan untuk tahun itu.

Kinerja ekonomi agregat suatu negara dapat dihitung dengan bantuan data pendapatan nasional. Tujuan dasar dari pendapatan nasional adalah untuk menyoroti output dan pendapatan agregat dan memberikan dasar bagi pemerintah untuk merumuskan kebijakan, program, untuk memaksimalkan kesejahteraan nasional rakyat. Organisasi Statistik Pusat menghitung pendapatan nasional di India.


Tentang Pendapatan Nasional

Mimpi Menghitung Uang
Perbesar
Ilustrasi Mimpi Menghitung Uang Credit: pexels.com/Olia

Pengertian Pendapatan Nasional terbagi atas dua bagian

 

1. Definisi Tradisional Pendapatan Nasional

Menurut Marshall: “Tenaga kerja dan modal suatu negara yang bertindak atas sumber daya alamnya menghasilkan setiap tahun agregat bersih tertentu dari komoditas, material dan immaterial termasuk layanan dari semua jenis. Ini adalah pendapatan tahunan bersih yang sebenarnya atau pendapatan negara atau dividen nasional.”

2. Definisi Modern

Definisi ini memiliki dua sub bagian

a. Produk Domestik Bruto

Produk Domestik Bruto, disingkat PDB, adalah nilai agregat barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara. PDB dihitung selama interval waktu reguler, seperti seperempat atau satu tahun. PDB sebagai indikator ekonomi digunakan di seluruh dunia untuk mengukur pertumbuhan ekonomi negara.

- Barang dinilai dengan harga pasarnya, jadi semua barang diukur dalam unit yang sama (misalnya, dolar di AS)

- Hal-hal tanpa nilai pasar yang tepat dikecualikan.

- Konstituen PDB

- Upah dan gaji

- Menyewa

- Minat

- Keuntungan yang tidak dibagikan

- Pendapatan campuran

- Pajak langsung

- Dividen

- Rumus Perhitungan PDB

PDB = konsumsi + investasi + pengeluaran pemerintah + ekspor - impor.

b. Produk Nasional Bruto

Produk Nasional Bruto (GNP) adalah perkiraan nilai semua barang dan jasa yang diproduksi oleh penduduk dan bisnis suatu negara. GNP tidak termasuk jasa yang digunakan untuk memproduksi barang-barang manufaktur karena nilainya termasuk dalam harga produk jadi. Termasuk juga pendapatan bersih yang timbul di suatu negara dari luar negeri.

Komponen GNP

- Barang dan jasa konsumen

- Pendapatan domestik bruto swasta

- Barang yang diproduksi atau jasa yang diberikan

- Pendapatan yang berasal dari luar negeri.

- Rumus untuk Menghitung GNP

GNP = GDP + NR (Pendapatan bersih dari aset di luar negeri atau Penerimaan Pendapatan Bersih) - NP (Aliran pembayaran bersih ke aset asing).


Pentingnya Pendapatan Nasional

(Foto: Ilustrasi laporan keuangan. Dok Unsplash/Lukas Blazek)
Perbesar
(Foto: Ilustrasi laporan keuangan. Dok Unsplash/Lukas Blazek)

1. Menetapkan Kebijakan Ekonomi

Pendapatan Nasional menunjukkan status perekonomian dan dapat memberikan gambaran yang jelas tentang pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Statistik Pendapatan Nasional dapat membantu para ekonom dalam merumuskan kebijakan ekonomi untuk pembangunan ekonomi.

2. Kesenjangan Inflasi dan Deflasi

Untuk kebijakan anti-inflasi dan deflasi yang tepat waktu, kita memerlukan data agregat pendapatan nasional. Jika pengeluaran meningkat dari total output, itu menunjukkan kesenjangan inflamasi dan sebaliknya.

3. Persiapan Anggaran

Anggaran negara sangat tergantung pada pendapatan nasional bersih dan konsep-konsepnya. Pemerintah menyusun anggaran tahunan dengan bantuan statistik pendapatan nasional untuk menghindari kebijakan yang sinis.

4. Standar kehidupan

Data pendapatan nasional membantu pemerintah dalam membandingkan standar hidup di antara negara-negara dan orang-orang yang tinggal di negara yang sama pada waktu yang berbeda.

5. Pertahanan dan Pembangunan

Perkiraan pendapatan nasional membantu kita untuk membagi produk nasional antara pertahanan dan tujuan pembangunan negara. Dari angka-angka tersebut, kita dapat dengan mudah mengetahui, berapa banyak yang bisa disisihkan untuk anggaran pertahanan.

Kumpulan metode untuk mengukur Pendapatan Nasional

Ada empat metode untuk mengukur pendapatan nasional. Jenis metode yang akan digunakan tergantung pada ketersediaan data di suatu negara dan tujuan yang diusahakan.

- Metode Pendapatan

Dalam metode ini, kami menambahkan pembayaran pendapatan bersih yang diterima oleh semua warga negara suatu negara pada tahun tertentu. Pendapatan bersih yang menghasilkan semua faktor produksi seperti sewa bersih, upah, bunga, dan keuntungan semuanya dijumlahkan, tetapi pendapatan yang diterima dalam bentuk pembayaran transfer dihilangkan.

- Metode Produk

Menurut metode ini, nilai agregat barang dan jasa akhir yang diproduksi di suatu negara selama tahun keuangan dihitung dengan harga pasar. Untuk mengetahui GNP, data semua kegiatan produktif-produk pertanian, Mineral, produk Industri, kontribusi produksi yang dilakukan oleh transportasi, asuransi, komunikasi, pengacara, dokter, guru. Dll diakumulasikan dan dinilai.

- Metode Pengeluaran

Total pengeluaran masyarakat dalam satu tahun anggaran dijumlahkan dan mencakup pengeluaran konsumsi pribadi, investasi domestik bersih, pengeluaran pemerintah untuk barang dan jasa, dan investasi asing bersih. Konsep ini didukung oleh asumsi bahwa pendapatan nasional sama dengan pengeluaran nasional.

- Metode Nilai Tambah

Perbedaan antara nilai output material dan input material pada setiap tahap produksi adalah Nilai tambah.

 


Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional

Ilustrasi Neraca Keuangan atau Laba Rugi. Freepik
Perbesar
Ilustrasi Neraca Keuangan atau Laba Rugi. Freepik

Setelah membahas pengertian hingga pengelompokan, pendapatan nasional juga memiliki manfaat yang diberikan untuk negara. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Bermanfaat untuk keperluan analisis ekonomi serta perencanaan pembangunan nasional.

2. Sebagai salah satu tolak ukur atau instrumen untuk menilai keberhasilan pembangunan nasional.

3. Untuk mengetahui hasil-hasil pembangunan.

4. Untuk menyusun rencana pembangunan nasional secara lebih rinci.

 

PDB Vs GNP

Produk Domestik Bruto dan Produk Nasional Bruto adalah dua ukuran yang paling banyak digunakan dalam perhitungan unit ekonomi agregat suatu negara.

PDB adalah ukuran nilai barang dan jasa yang diproduksi di dalam batas negara, oleh warga negara dan bukan warga negara. Sedangkan GNP menentukan nilai barang dan jasa yang sedang diproduksi oleh warga negara dalam spektrum domestik dan luar negeri. PDB populer digunakan oleh ekonomi global pada umumnya. Sedangkan Amerika Serikat menghapuskan penggunaan GNP pada tahun 1991, sehingga mengadopsi GDP sebagai ukuran untuk membandingkan perekonomian mereka dengan perekonomian lain.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya