Sukses

16 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan, Dapat Menurunkan Gula Darah

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lidah buaya untuk kesehatan telah lama diketahui secara luas. Lidah buaya sendiri terkenal memiliki beragam khasiat, khususnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Tak salah apabila tumbuhan ini digunakan secara luas sebagai salah satu bahan di beragam produk kecantikan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tidak terlepas dari kayanya kandungan beragam nutrisi yang ada di dalamnya. Di dalam lidah buaya terdapat berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, E, dan B12. Kandungan-kandungan ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang populer ialah untuk perawatan kesehatan, rambut, dan wajah. Lidah buaya terkenal dengan gel yang terdapat di dalam daunnya. Gel lidah buaya ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit dan wajah. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat diolah menjadi jus. Jus lidah buaya ini juga dipercaya memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

1. Melembabkan Kulit

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang pertama ialah membantu untuk melembabkan kulit. 98% kandungan gel lidah buaya terdiri dari air. Gel lidah buaya juga dapat terserap dengan mudah di kulit membuatnya efektif untuk melembabkan kulit yang kering. Di dalam gel ini juga terkandung antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim yang dapat membantumu untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulitmu. Di samping itu, kamu dapat menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi kulit yang berminyak, pasalnya gel ini dapat membantumu untuk menyerap minyak yang berlebih di kulit.

2. Mengatasi Jerawat

Kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah jerawat. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ini tidak terlepas dari kemampuannya untuk menyerap minyak berlebih yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Kandungan ini dapat membantumu untuk mengobati jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Gel lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah timbulnya bekas jerawat, mempercepat waktu penyembuhan luka, serta membatasi jaringan parut. Caranya adalah dengan mengoleskan gel tersebut ke area yang berjerawat sebanyak tiga kali sehari.

3. Mengatasi Sunburn

Sengatan sinar matahari dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki sifat untuk menenangkan kulit serta memberi sensasi dingin pada kulit. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ini dapat membantumu untuk mencegah peradangan dan iritasi akibat sengatan sinar matahari. Selain itu, gel ini juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mencegah penuaan dini. Kandungan zat antioksidan yang terdapat di dalam lidah buaya dapat membantumu untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu untuk melindungi kulit dari serangan zat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Lidah buaya kaya akan kandungan beta karoten, vitamin C, dan E yang dapat membantu untuk mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat merangsang produksi kolagen yang dapat mencegah kerutan dan garis halus, sehingga mencegah penuaan dini.

3 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit

5. Mengatasi Mata Panda

Kurang tidur dapat membuat munculnya lingkaran hitam di kelopak mata yang juga dikenal sebagai mata panda. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi permasalahan ini. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ini tidak terlepas dari kemampuannya untuk mencegah pigmentasi berlebihan pada kulit. Gel lidah buaya juga dapat membantumu untuk melembabkan kulit di sekitar mata yang dapat membuatnya tampak lebih cerah. Caranya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya sebelum tidur lalu biarkan semalaman.

6. Membersihkan Makeup

Membersihkan makeup adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kulit wajah di sekitar mata sangat halus. Apabila kamu tidak membersihkan riasan wajah yang kamu pakai sebelum tidur maka dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit, mulai dari keriput dini hingga infeksi. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang lain adalah dapat kamu gunakan untuk membersihkan makeup. Gel lidah buaya dapat membantumu untuk membersihkan wajah dari riasan yang kamu gunakan secara lembut, alami, dan juga efektif.

7. Menenangkan Kulit Setelah Bercukur

Bercukur dapat menyebabkan kulit menjadi kering hingga menimbulkan iritasi pada kulit. Gel kulit buaya dapat membantumu untuk mengatasi permasalahan ini. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan adalah sebagai pelembab kulit alami membuat gel lidah buaya efektif untuk mencegah kulit kering pasca bercukur. Selain itu, sifat antiinflamasi pada lidah buaya dapat mencegah terjadinya peradangan kulit akibat bercukur.

8. Mengobati Luka Bakar

Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang telah diketahui oleh banyak orang adalah untuk mengobati luka bakar. Gel lidah buaya sangat efektif digunakan untuk mengobati luka bakar. Sifat pelembab alami dan kandungan antioksidan kuat pada lidah buaya dapat melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Dengan demikian, maka regenerasi sel kulit yang rusak akan lebih cepat, membuat waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka tersebut lebih singkat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

9. Meningkatkan Metabolisme

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang selanjutnya ialah untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Vitamin B yang terkandung di dalam lidah buaya dapat membantu untuk menghentikan penumpukan lemak serta mengontrol nafsu makan. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantumu untuk mengatasi berbagai masalah seperti refluks asam serta mengatur pergerakan usus yang membuat pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih cepat.

10. Baik untuk Pencernaan

Lidah buaya memberikan segudang manfaat untuk kesehatan pencernaan. Di dalam lidah buaya terkandung enzim yang dapat membantu proses pemecahan gula dan lemak sehingga sistem pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Dengan sistem pencernaan yang lebih sehat, maka nutrisi yang terkandung dalam makanan bisa diserap dengan lebih efektif dan baik. Di samping itu, manfaat lidah buaya untuk kesehatan pencernaan lainnya adalah sebagai obat pencahar alami.

11. Detoksifikasi Alami

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang lainnya adalah untuk membersihkan racun dari tubuh secara alami. Hal ini tidak terlepas dari kandungan polisakarida dan antioksidan yang memiliki peran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah pertumbuhan zat radikal oksidatif bebas dalam tubuh. Zat radikal bebas sendiri dipercaya dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius seperti kanker. Kemampuan lidah buaya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan zat radikal bebas membuatnya cocok untuk melindungi dan membersihkan tubuh dari racun.

12. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk menurunkan kadar glua darah di dalam tubuh. Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan turunnya kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Dengan demikian, lidah buaya dipercaya dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes di masa yang akan datang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut dan Gigi

13. Mencegah Rambut Rontok

Lidah buaya dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok. Lidah buaya dapat membantu untuk  memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala. Hal ini dapat memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan. Selain itu, kandungan bahan kimia yang serupa dengan keratin yang terdapat di lidah buaya dipercaya dapat membantumu untuk meremajakan rambut. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan ini dapat kamu peroleh dengan memijat kepalamu dengan gel lidah buaya. Hal ini akan memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala sehingga kerusakan dan kerontokan rambut melambat.

14. Memperkuat Rambut

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang selanjutnya ialah dapat membantumu untuk memperkuat rambut. Di dalam lidah buaya sendiri terkandung beragam vitamin dan nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan rambut, seperti vitamin A, C, dan E. Kandungan vitamin ini dapat membantumu untuk memperkuat helai rambut dan mencegah kerusakan ataupun kerontokan. Kandungan vitamin tersebut juga dapat membantu regenerasi sel rambut.

15. Mengurangi dan Mencegah Plak Gigi

Plak gigi yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk membuat gigi berlubang. Oleh sebab itu, plak gigi harus dibersihkan. Sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan jus lidah buaya sama efektifnya dengan berkumur menggunakan  obat kumur standar yang mengandung chlorhexidin untuk mencegah penumpukan plak gigi. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang satu ini tidak terlepas dari kemampuannya untuk membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

16. Mengatasi Sariawan

Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dapat kamu gunakan adalah untuk mengatasi sariawan. Gel lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang tidak hanya dapat mengatasi peradangan di kulit saja, tetapi juga dapat meredakan peradangan akibat sariawan. Selain itu, sensasi dingin yang ditimbulkan oleh gel lidah buaya ini juga dapat membantumu untuk meredakan rasa sakit akibat sariawan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.