Sukses

7 Penyebab HP Bootloop dan Cara Mengatasinya Tanpa Ke Service Center

Penyebab HP Bootloop bisa disebabkan karena beberapa hal baik dari faktor eksternal maupun internal.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab HP bootloop bisa karena faktor internal maupun eksternal. Bootloop merupakan hasil dari file sistem yang tidak berfungsi selama fase start-up awal dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari proses mengunduh aplikasi baru hingga pengubahan file sistem secara tidak sengaja.

Penyebab HP bootloop yang paling umum adalah karena disebabkan perawatan dan penggunaan HP yang tidak benar. Bootloop merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi pada HP, namun jika terjadi terus-menerus akan dapat menyebabkan kerusakan parah pada HP hingga tidak dapat digunakan lagi, sehingga penting juga untuk mengetahui cara mengatasinya.

Terdapat beberapa cara mengatasi bootloop yang harus disesuaikan dengan penyebab HP bootloop. Namun secara umum terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi HP yang mengalami bootloop tanpa perlu membawanya ke service center.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang penyebab HP bootloop dan cara mengatasinya, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab HP Bootloop

Terdapat berbagai kemungkinan penyebab HP bootloop. Namun secara umum ada 7 penyebab HP bootloop yang terjadi karena faktor internal maupun eksternal. Yaitu sebagai berikut:

1. Penyimpanan internal perangkat terlalu penuh atau rusak.

2. Pembaruan sistem gagal diterapkan dengan benar, hal ini berpotensi sebagai akibat dari penyebab nomor satu.

3. Pengguna mencoba menerapkan perangkat lunak khusus (contohnya: ROM khusus) secara tidak benar.

4. Perangkat rusak secara fisik oleh air, listrik, atau faktor eksternal lainnya.

5. Aplikasi pihak ketiga yang tidak berfungsi atau berbahaya mencegah perangkat melakukan booting.

6. Salah mengatur permission pada pengaturan HP.

7. Mengubah isi script di dalam folder sistem atau aplikasi yang ada pada sistem.

Kondisi bootloop perlu untuk segera diatasi karena jika tidak dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada HP hingga dapat menyebabkan kerusakan permanen. Selain membawa Hp ke service center untuk memperbaikinya, terdapat beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasi bootloop pada HP. Yaitu sebagai berikut:

3 dari 5 halaman

Penyebab HP Bootloop dan Cara Mengatasinya

1. Colokan Ke Sumber Listrik

Ini mungkin terlihat seperti langkah yang tidak penting, tetapi seringkali dapat menyelesaikan masalah. Jadi pastikan perangkat Android anda memiliki daya yang cukup. Kemudian sambungkan ke stopkontak. Mungkin sekarang perlu dicolokkan untuk sementara waktu. Pada akhirnya, colokkan ke sumber listrik yang anda miliki.

 

2. Soft Reset Handphone

Mematikan perangkat anda mungkin tampak seperti pengobatan rumahan, tetapi sering kali menyelesaikan masalah dan berhasil. Telepon mendapatkan awal yang baru setelah soft reset, yang dapat membantu anda memperbaiki masalah bootloop.

Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk soft reset perangkat:

- Matikan telepon Anda dan keluarkan baterai telepon.

- Tunggu beberapa saat, lalu matikan baterai. Ini hanya berfungsi jika ponsel anda memiliki baterai yang dapat dilepas.

- Jika anda tidak dapat melepas baterai, mematikan telepon selama tiga hingga lima menit sebelum menghidupkannya kembali.

 

3. Paksa Mulai Ulang Perangkat Handphone

Jika langkah-langkah lain tidak memperbaiki masalah dan ponsel anda terus reboot, anda dapat mencoba untuk memaksa reboot Android anda. Untuk me-restart telepon anda dengan paksa, Tekan dan Tahan tombol 'Power' dan 'Volume down' selama 20 detik dan tunggu hingga perangkat melakukan boot ulang. Langkah ini sering menghapus memori, dan telepon biasanya mulai, jadi itu juga harus memperbaiki masalah anda.

4 dari 5 halaman

Penyebab HP Bootloop dan Cara Mengatasinya

4. Lepaskan Kartu SD Telepon

Terkadang file yang rusak atau tidak diinginkan di ponsel Android dapat menyebabkan loop reboot. Jadi untuk mengetahui apakah kartu SD adalah penyebab masalah ini, keluarkan kartu dan hidupkan ponsel anda. Dan jika telepon menyala tanpa casing, maka kartu SD anda mungkin yang bermasalah, dan anda harus menggantinya dengan yang baru.

 

5. Reboot Sistem dalam Mode Pemulihan

Banyak kesalahan dan masalah pada ponsel Android anda dapat diperbaiki dengan memulai ulang dalam mode pemulihan. Oleh karena itu, mulai ulang ponsel anda dalam mode pemulihan jika anda tidak dapat memulainya secara tradisional atau jika Android anda macet dalam lingkaran reboot.

 

6. Mengaktifkan Safe Mode di Ponsel Android

OS Android memiliki fungsi yang disebut Safe Mode, yang memecahkan masalah dengan ketidakcocokan konfigurasi. Hanya aplikasi inti sistem yang akan dimuat saat perangkat dimulai ulang dalam mode ini saat menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga di Android. Ini akan membantu anda untuk mengetahui apakah ini alasan di balik masalah anda.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

- Nyalakan ulang ponsel anda.

- Tekan lama tombol volume turun saat logo perangkat muncul di layar.

- Setelah itu, ponsel anda akan secara otomatis masuk ke mode Aman.

Sekarang, jika ponsel anda tidak lagi terjebak dalam loop boot, salah satu aplikasi pihak ketiga yang anda muat di dalamnya pasti menjadi akar masalahnya. Untuk mengidentifikasi aplikasi yang salah dan menghapusnya.

5 dari 5 halaman

Penyebab HP Bootloop dan Cara Mengatasinya

7. Reset Pabrik Ponsel Android

Metode ini digunakan untuk menghapus semua pengaturan dan data ponsel. Tetapi pada saat yang sama, itu juga memperbaiki beberapa masalah. Sebelum melangkah lebih jauh dengan metode ini, pastikan anda memiliki cadangan semua data di ponsel anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang pabrik perangkat seluler anda:

- Matikan telepon.

- Tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Naik saat perangkat muncul.

- Kemudian layar pemulihan sistem Android muncul.

- Pilih Hapus data atau reset pabrik dari menu. (Gunakan tombol Daya untuk memilih pilihan dan tombol Volume untuk menavigasi.)

- Klik ya pada layar prompt berikut.

- Setelah prosedur reset pabrik selesai, klik opsi Reboot system now.

- Saat anda menyelesaikan langkah-langkah ini, periksa apakah masalahnya masih ada.

 

8. Gunakan Pemulihan CWM

CWM adalah singkatan dari Clockwork Mod, sistem pemulihan kustom yang terkenal. untuk menggunakan metode ini, ponsel Android harus di-root dengan CWM Recovery System, artinya CWM harus diunduh dan diatur di ponsel anda untuk memperbaiki masalah.

Gunakan langkah-langkah yang diberikan ini untuk menggunakan Pemulihan CWM:

- Untuk membuka layar CWM Recovery, tekan tombol home, power, dan Volume up secara bersamaan.

- Menggunakan tombol volume, gulir ke bawah dan pilih "Lanjutan."

- Sekarang klik "Wipe" dan pilih "Dalvik Cache" yang akan dihapus.

- Kemudian pilih "Mounts and Storage" untuk mengklik "Wipe" atau "Cache."

- ketika anda menyelesaikan langkah-langkah ini, pastikan untuk me-reboot ponsel Android.

Proses ini akan membantu memperbaiki kesalahan tanpa kehilangan data. Namun, penting untuk dicatat di sini bahwa saat memasuki Mode Pemulihan, anda harus menggunakan serangkaian kunci yang berbeda tergantung pada model perangkat anda.

 

9. Hapus Partisi Cache

Metode lain yang bermanfaat untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan menghapus partisi cache dalam mode pemulihan. Itu tidak akan menyebabkan hilangnya data dari perangkat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus partisi cache:

- Langkah pertama adalah mematikan ponsel.

- Sekarang reboot perangkat ke Recovery Mode dengan menekan dan menahan tombol Power, Volume Up, dan Down.

- Kemudian pilih menu Recovery Mode.

- Setelah itu, klik opsi wipe cache partition dengan tombol Power.

- Tunggu beberapa menit untuk menghapus partisi cache.

- Pada langkah terakhir, pilih opsi reboot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.