10 Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami, Ikuti Langkah-Langkahnya

Oleh Woro Anjar Verianty pada 18 Agu 2022, 10:55 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 10:55 WIB
Mengganggu Sistem Pencernaan
Perbesar
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi sakit perut bisa dilakukan secara mandiri di rumah dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Ini bisa dimuulai dari konsumsi jahe hingga kompres air hangat. Sakit perut sendiri merupakan istilah umum yang dipakai untuk mendeskripsikan rasa nyeri tumpul pada abdomen atau kram perut.

Setiap orang bisa mengalami sakit perut dan gangguan pencernaan atau dispepsia, dari waktu ke waktu setelah makan atau minum. Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, dan seringkali cara mengatasi sakit perut ini bisa dilakukan secara mandiri dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Rasa tidak nyaman pada perut ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari gangguan pencernaan hingga makan terlalu cepat. Cara mengatasi sakit perut juga perlu memperhatikan penyebabnya, namun secara umum ada beberapa cara cepat yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Untuk mengetahui cara mengatasi sakit perut dengan mudah secara mandiri di rumah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022). Tentang cara mengatasi sakit perut secara mandiri dengan menggunakan bahan-bahan alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami

Mencegah Tukak Lambung
Perbesar
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/Melanie

1. Air minum

Cara mengatasi sakit perut yang pertama adalah dengan menjaga konsumsi air minum tetap terpenuhi. Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Selain itu, air minum dapat membantu mengurangi mulas. Bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Muntah dan diare dapat dengan cepat menyebabkan dehidrasi, jadi orang dengan gejala ini harus tetap minum air putih.

 

2. Jahe

Sejak jaman dahulu, telah banyak orang yang menggunakan jahe sebagai obat untuk segala hal mulai dari rasa sakit hingga mual. Beberapa penelitian tentang jahe juga telah menunjukkan bahwa jahe bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk beberapa jenis sakit perut.

Mengandung kandungan anti-inflamasi alami, jahe bisa digunakan dalam berbagai bentuk, yang semuanya dapat membantu. Baik dikunyah secara langsung atau dengan suplemen jahe mudah dikonsumsi, jahe juga baik dalam bentuk minuman.

 

3. Hindari Posisi Berbaring

Menghindari berbaring dapat mencegah gangguan pencernaan menjadi mulas. Saat tubuh berada dalam posisi horizontal, asam di perut lebih cenderung bergerak mundur dan bergerak ke atas, yang dapat menyebabkan mulas.

Orang dengan sakit perut harus menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam. Menghindari berbaring mungkin merupakan obat yang nyaman jika seseorang melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, hal ini tidak cocok jika seseorang mengalami sakit perut selama istirahat atau tidur.


Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami

Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan Tubuh
Perbesar
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/pixabay

4. Teh Chamomile

Secangkir teh chamomile yang enak dapat membantu meredakan sakit perut dengan bertindak sebagai anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu otot perut anda rileks, yang dapat mengurangi rasa sakit akibat kram dan kejang.

Chamomile mengandung zat yang dapat melemaskan otot saluran pencernaan bagian atas, mengurangi kontraksi yang memindahkan makanan melalui lambung dan usus kecil; ini akan meredakan kejang dan kram perut.

 

5. Cuka Sari Apel

Cara mengatasi sakit perut yang berikutnya adalah dengan konsumsi cuka sari apel. cobalah mengonsumsi makanan ini dengan takaran satu sendok makan untuk menetralisir sakit perut. Anda juga bisa mencampurkan satu sendok makan cuka dengan secangkir air dan satu sendok teh madu, lalu teguk perlahan.

Asam dalam cuka sari apel dapat membantu mengurangi pencernaan pati, memungkinkan pati masuk ke usus dan menjaga bakteri di usus tetap sehat. Beberapa orang mengambil sesendok setiap hari sebagai tindakan pencegahan.

 

6. Minuman Soda dan Lemon

Konsumsi minuman bersoda dengan campuran lemon menjadi cara mengatasi sakit perut yang berikutnya.campuran minuman soda dan lemon menjadi pilihan yang mudah dan terbaik untuk gangguan pencernaan.

Anda dapat mencampur jus lemon dalam air dengan sedikit air soda yang dapat membantu meredakan keluhan pencernaan. Minuman menghasilkan asam karbonat di perut, menyebabkan pengurangan gangguan pencernaan dan gas. Asam dalam lemon juga mengurangi sekresi asam di perut.


Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami

Mengatasi Diare dan Sakit Perut
Perbesar
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/Demon

7. Mint

Cara mengatasi sakit perut yang berikutnya dengan konsumsi mint. Daun mint mengandung mentol yang membantu menenangkan perut dan mengurangi masalah gangguan pencernaan. Ini juga membantu mengurangi kejang otot di usus dan menghilangkan rasa sakit.

Mint adalah pengobatan tradisional untuk gangguan pencernaan di negara-negara Asia. Daun mint bisa dikonsumsi mentah atau dimasak. Mereka bisa direbus dengan kapulaga dan dibuat teh atau bisa dicampur dengan minuman lain.

 

8. Kayu Manis

Cara mengatasi sakit perut selanjutnya adalah kayu manis. Batang kayu manis kaya akan berbagai antioksidan seperti kamper, cinnamaldehyde, linalool, dan eugenol. Ini membantu perut anda mencerna makanan dengan mudah.

Ini membantu untuk mengobati gejala seperti kembung, mual, dan perut penuh.  Orang dengan sakit perut dapat menambahkan 1 sdt bubuk kayu manis atau satu batang kecil ke makanan mereka untuk meredakannya.

 

9. Jintan

Biji jintan menjadi Cara mengatasi sakit perut yang kesembilan. Biji jintan adalah salah satu solusi terbaik untuk sakit perut saat Anda menginginkan hasil instan. Ini membantu dalam mengurangi hyperacidity, distensi gas perut, dan rasa sakit.

Ambil satu sendok teh biji jintan, sedikit kelapa kering, dan dua siung bawang putih. Campurkan dan konsumsi sekaligus. Campuran ini akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman di perut secara instan.

 

10. Pisang

Cara mengatasi sakit perut yang terakhir adalah dengan mengonsumsi pisang. Pisang mengandung berbagai vitamin, folat, dan potasium. Ini dapat membantu mengurangi asam di perut Anda dan memberi anda kelegaan yang menenangkan dari hyperacidity. Pisang juga dapat membantu dengan menambahkan massa ke tinja yang longgar, yang dapat meringankan diare.


Penyebab Sakit Perut

Ilustrasi sakit perut, keracunan makanan
Perbesar
Ilustrasi sakit perut, keracunan makanan. (Sumber: Pixabay)

Penyebab Sakit Perut 

Terdapat beberapa penyebab sakit perut yang bisa dihindari agar terhindar dari rasa tidak nyaman atau mulas. Di antaranya adalah karena kebiasaan hidup yang tidak sehat atau salah memilih makanan untuk dikonsumsi, berikut hal-hal yang bisa menjadi penyebab sakit perut yang perlu dihindari. Mengetahui penyebab juga bisa menjadi cara mengatasi sakit perut.

- Makan berlebihan atau makan cepat 

- Sakit perut

- Konsumsi alkohol

- Makan makanan cepat saji, makanan pedas

- Merokok 

- Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh obat-obatan seperti antibiotik, obat penghilang rasa sakit, dan lain sebagainya. 

- Penyebab patologis – tukak lambung, gastritis, hyperacidity, dll. 

- Kecemasan 


Waspadai Sakit Perut yang Terus-menerus

Gambar Ilustrasi Wanita Sedang Mengalami Sakit Pada Bagian Dalam Perut
Perbesar
Sumber : Freepik

Waspadai Sakit Perut yang Terus-menerus

Jangan sepelekan sakit perut jika sakit perut yang anda rasakan terjadi terus-menerus tanpa tanda-tanda perbaikan dan berlangsung selama lebih dari beberapa hari. Jika iya cara mengatasi sakit perut sudah semestinya mendapatkan bantuan profesional karena ini mungkin merupakan tanda penyakit yang lebih serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Sakit perut yang tiba-tiba dan parah dapat menjadi akar penyebab masalah serius yang dapat memburuk jika bantuan medis tidak segera dicari. Anda harus segera menemui dokter, terutama jika rasa sakit terkonsentrasi di satu area. Beberapa penyebab sakit perut adalah sebagai berikut:

- Radang usus buntu: Ketika usus buntu di tubuh membengkak, diperparah atau meradang, itu dapat menyebabkan beberapa sakit serius di sisi kanan bawah perut. Dalam kasus seperti itu, usus buntu mungkin harus diangkat dengan metode pembedahan, sehingga perhatian segera dari dokter diperlukan.

- Pendarahan tukak lambung: Luka di lapisan perut atau usus kecil dapat menyebabkan tukak lambung berlubang, yang dapat menyebabkan pendarahan. Jika tidak dirawat di bawah pengawasan medis, kondisinya dapat memburuk.

- Peradangan kandung empedu: Peradangan kandung empedu sering disebabkan oleh batu empedu, yang dapat menyebabkan kolesistitis akut jika perhatian medis segera tidak diberikan. Dalam kasus yang parah seperti itu, kantong empedu mungkin harus diangkat.

- Batu ginjal: Batu ginjal biasanya berupa gumpalan kecil yang sebagian besar lewat, jika anda memilikinya, melalui urin anda. Namun, batu ginjal yang lebih besar dapat menyumbat saluran ginjal, menyebabkan nyeri akut, sakit perut di perut bagian bawah. Sakit perut mungkin menjadi penyebab batu ginjal yang perlu segera diperiksa oleh profesional kesehatan.

- Divertikulitis: Kondisi ini menyebabkan kantong kecil di usus meradang. Dalam kasus seperti itu, mencari obat dari dokter adalah yang paling penting.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya