6 Tradisi Unik Perayaan 17 Agustus di Berbagai Daerah di Tanah Air

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 17 Agu 2022, 10:40 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 10:40 WIB
Ilustrasi lomba 17 Agustusan, hari kemerdekaan RI
Perbesar
Ilustrasi lomba 17 Agustusan, hari kemerdekaan RI. (Image by Yaumil Akbar from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat di berbagai daerah, memiliki cara tersendiri dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Momen perayaan sekali dalam setahun ini, memiliki arti tersendiri untuk setiap orang, khususnya setiap daerah. 

Mengingat akan perjuangan pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan, membuat setiap daerah ingin menjadikan momen bersejarah ini spesial untuk dikenang, dengan menerapkan berbagai tradisi khas daerah tersebut. 

Selain upacara bendera, mengadakan perlombaan, dan menghias tempat tinggal dengan berbagai pernak-pernik khas 17-an, ada banyak tradisi unik perayaan 17 Agustus di Indonesia yang biasanya turut meramaikan momen tahunan ini. Tradisi ini umumnya berlangsung di berbagai provinsi atau daerah, serta telah dilakukan secara turun-temurun.

Berikut ini tradisi unik perayaan 17 Agustus di berbagai daerah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Tirakatan, Yogyakarta

Tirakatan merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta, dan tradisi ini berlangsung sejak pasca kemerdekaan dan masih terus dilestarikan sampai sekarang.


2. Obor Estafet, Semarang

Obor Estafet
Perbesar
Sejumlah perempuan ketika mengikuti lomba lari estafet sambil membawa obor

Obor Estafet merupakan salah satu tradisi perayaan yang berasal dari Semarang. Filosofi dari obor estafet dijadikan simbol bahwa para generasi muda diharapkan terus mencontoh semangat para pahlawan. 


Sepak Bola Durian, Kebumen

Tradisi unik perayaan 17 Agustus lainnya juga dilakukan oleh masyarakat Kebumen, Jawa Tengah, yaitu sepak bola durian, dengan aturan kedua tim akan bertanding dengan menggunakan buah durian untuk pengganti bola.


Pawai Jampana, Bandung

[Bintang] Pawai Jampana
Perbesar
Pawai Jampana | Via: bandungkab.go.id

Bandung memiliki tradisi unik dalam memeriahkan HUT RI, di mana masyarakat melakukan parade untuk memamerkan hasil bumi yang diiringi musik dan tarian kesenian khas Sunda.

 

 

 

 

 


Peresean, Lombok

Peresean
Perbesar
Dua pepadu (petarung) melakukan duel dalam kesenian tradisional peresean di Praya, Lombok Tengah, Selasa (19/2). Mereka bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende). (MOH EL SASAKY/AFP)

Peresean merupakan tradisi unik perayaan 17 Agustus khas dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Peresean adalah permainan tradisional Lombok yang dilakukan oleh dua peserta laki-laki dari Suku Sasak, Lombok. Keduanya akan bertarung menggunakan perisai dan rotan.

 

 

 


Telok Abang, Palembang

Tradisi Berburu Telok Abang di Palembang Jelang Kemerdekaan RI
Perbesar
Mainan pesawat dan gabus telok abang dijajakan setiap bulan Agustus jelang HUT Kemerdekaan RI (Liputan6.com / Nefri Inge)

Tradisi dan kebiasaan yang unik dilakukan setahun sekali setiap 17 Agustus, yaitu telok abang. 'Telok' memiliki arti telur sedangkan 'abang' adalah merah. Tradisi ini menjadi simbol perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya