20 Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Tiada Tara

Oleh Ayu Rifka Sitoresmi pada 17 Agu 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 09:00 WIB
20 Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Tiada Tara
Perbesar
Waduk Cacaban, Tegal.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Tegal wajib Anda kunjungi saat sedang berlibur ke sana. Kabupaten Tegal terkenal dengan wisata kulinernya yang menggugah selera dan bahasa ngapaknya. Namun, dibalik itu semua, Tegal menyimpan beragam destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat wisata di Tegal cocok untuk berwisata bersama keluarga ataupun teman. Banyak destinasi wisata di Tegal yang cocok untuk berwisata edukasi hingga outbond. Selain itu, ada juga tempat wisata di Tegal yang lainnya, mulai dari air terjun, pantai, hingga pegunungan.

Tempat wisata di Tegal tersebut sangat menyuguhkan panorama alam yang pasti memesona dan indah sekali. Tempat wisata di Tegal cocok pula untuk unting atau berburu foto estetik nan instagramable.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Tegal yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan

20 Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Tiada Tara
Perbesar
Ilustrasi Pemandian Air Panas Guci

1. Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah adalah tempat wisata di Tegal yang sayang dilewatkan. Pantai wisata Tegal ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal, serta tidak jauh dari jalur Pantura. Wisatawan yang ingin berkunjung di tempat wisata di Tegal ini bisa mengaksesnya dengan kendaraan apapun. Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang memesona. Tak heran jika pantai ini menjadi kawasan wisata di Tegal yang favorit bagi para pelancong yang hobi fotografi saat matahari tenggelam.

2. Air Terjun Kembar (Air Hangat)

Air Terjun Jedor atau Curug Jedor adalah tempat wisata di Tegal. Tempat wisata di Tegal ini terletak dekat dengan wahana outbond atau camping. Wisatawan harus berjalan di jalanan menurun yang agak curam.

Setelah berjalan beberapa meter melewati sawah, wisawatan sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini. Posisinya yang cukup tersembunyi, membuat tempat ini cocok bagi yang menyukai suasana yang tenang, di mana yang terdengar hanyalah suara air terjun.

3. Jeep Adventure

Jeep Adventure adalah tempat wisata di Tegal yang penuh tantangan. Wisatawan di tempat wisata di Tegal ini, akan diajak berkeliling menyusuri hutan dan medan yang menantang sejauh sekitar 10 km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang hijau. Wisatawan di tempat wisata di Tegal akan diajak melewati berbagai rintangan yang akan memacu adrenalin. Tak perlu khawatir, setiap wisatawan akan dibekali dengan fasilitas pemandu wisata, helm/safety riding, dan asuransi.

4. Outbound dan Camping Guci

Camping Guci adalah tempat wisata di Tegal yang sayang dilewati. Ada panjat tebing mini yang bisa dimainkan anak-anak maupun dewasa. Ada pula jaring laba-laba yang dapat dilintasi setelah menaiki panjat tebing.

Permainan di tempat wisata di Tegal ini menantang pengunjung agar cermat melangkah jika tak mau tercebur ke kolam. Wisatawan bisa bersenang-senang dengan teman maupun keluarga dengan kegiatan outbond ini.

5. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Guci adalah tempat wisata di Tegal. Terdapat beberapa pemandian umum, yaitu pancuran 13, pancuran 7, dan pancuran 5. Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran ini dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Ketika pertama kali menyentuh air tersebut, wisatawan di tempat wisata di Tegal ini akan langsung merasakan panas, ketika sudah beradaptasi akan terasa hangat. Badan serta pikiran menjadi semakin rileks dan nyaman. Terlebih lagi sumber mata air di wisata Guci ini jernih, tidak berwarna, dan yang terpenting tidak berbau belerang.


Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan

20 Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Tiada Tara
Perbesar
Curug Cantel Bumijawa, Tegal.

6. Curug Cantel

Curug Cantel menawarkan panorama air terjun eksotis serta asri. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 60 meter.  Nama Curug Cantel berasal dari bahasa Jawa yaitu Canthel yang artinya diikat atau dirangkul. Konon, bila ada pasangan yang cuci muka atau berwudhu di air terjun ini, mereka akan berjodoh selamanya. 

Untuk mencapai lokasi curug, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 400 meter dari area parkir. Curug Cantel dikelilingi pepohonan hijau yang masih alami. Lokasinya berada di Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. 

7. Wadas Kelir

Wadas Kelir adalah tempat wisata di Tegal yang sayang dilewatkan. Ini kumpulan bebatuan yang memiliki motif unik. Wadas Kelir sebagai tempat wisata di Tegal, memiliki spot foto yang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri.

Dari jauh pun perbukitan yang ada memiliki lanskap yang luar biasa. Tempat yang dulunya adalah tempat penggalian pasir ini menjadi terkenal dengan banyaknya orang yang berfoto di sini. Motif-motif unik dari batunya tersebut yang menjadi daya tarik utama.

8. Purwahamba Indah

Purwahamba Indah adalah tempat wisata di Tegal, fasilitasnya lengkap. Ini berupa tempat rekreasi seperti kolam renang, waterboom, arena bermain, dan wahana-wahana lainnya. Selain itu, tempat wisata di Tegal ini juga menawarkan keindahan alam wisata pantainya, yaitu Pantai Purwahamba Indah. Tempat ini memiliki luas 13,5 hektare dan jarak tempuh dari Kota Slawi sekitar 20 km ke arah timur.

9. Curug Penganten

Curug Penganten adalah tempat wisata di Tegal yang sayang dilewatkan. Lokasi tempat wisata di Tegal ini tak jauh dari Curug Luhur. Tidak seperti Curug Luhur yang ketinggiannya mencapai 25 m, Curug Penganten memiliki tinggi hanya 14 m saja. Tempat wisata di Tegal ini memiliki dua mata air terjun yang berdampingan, layaknya pasangan pengantin, sehingga dinamai Curug Penganten.

10. Curug Luhur

Curug Luhur adalah tempat wisata di Tegal. Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini memiliki kolam yang landai, sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi bermain air di bawah air terjun.

Tempat wisata di Tegal seperti Curug Luhur, memiliki ketinggian 25 meter dengan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi wisatawan memulai petualangan di wisata Tegal.


Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan

20 Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Tiada Tara
Perbesar
Wana Wisata Prabalintang, Tegal.

11. WKJ Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung adalah tempat wisata di Tegal. Ini tempat wisata untuk mengenal berbagai jenis jamu. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sawah cantik serta sungai kecil yang suara airnya mampu menenangkan jiwa. Di tempat wisata di Tegal ini wisatawan bisa mengetahui banyak hal tentang jamu dari dokter atau apoteker yang ada.

12. Pasar Tradisional Slumpring

Pasar Tradisional Slumpring adalah tempat wisata di Tegal. Bagi wisatawan yang ingin jajanan atau makanan zaman dulu, bisa ke Slumpring. Slumpring merupakan tempat wisata di Tegal yang terkenal dan selalu hits, dengan kuliner tradisional yang menarik.

Tempat wisata di Tegal ini hanya buka tiap Minggu pukul 07.00-12.00 di Desa Cempaka, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tiket masuk tempat wisata di Tegal ini tidak akan dikenai biaya. Aneka makanan yang dijual, harganya pun murah.

13. Wana Wisata Prabalintang

Wana Wisata Prabalintang adalah tempat wisata di Tegal. Jika suka mencari spot foto yang menggambarkan alam, maka tempat ini jangan sampai terlewat. Tempat wisata di Tegal seperti Wisata Prabalintang menyajikan spot-spot foto natural yang dapat menjadi latar belakang selfie atau wefie wisatawan yang datang.

Bahkan, ada juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk foto pre-wedding. Jika tertarik berkunjung ke tempat wisata di Tegal ini, datanglah ke Jl. Raya Danasari, Ladang, Danasari, Bojong, Tegal, Jawa Tengah.

14. Rita Park

Rita Park adalah tempat wisata di Tegal yang sayang dilewatkan. Ini tempat wisata keluarga di Kota Tegal yang menawarkan berbagai wahana permainan. Rita Park sebagai tempat wisata di Tegal disebut-sebut sebagai wahana bermain terbesar di Jawa Tengah, jadi pasti rugi jika Anda tidak mampir ke sini. Wahana permainan yang ada di sini diantaranya Bom-bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride, dan lain-lain.

15. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari adalah tempat wisata di Tegal. Tempat ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, terdapat spot foto bagus dan menarik yang dapat menghiasi akun media sosial pengunjung.

Danau Beko sebagai tempat wisata di Tegal ini sebenarnya cekungan yang terbuat dari hasil aktivitas tambang. Cekungan tersebut terisi oleh air hujan yang lama-kelamaan penuh dan akhirnya terbentuklah Danau Beko.

Danau Beko sebagai tempat wisata di Tegal ini berlokasi di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Lokasinya dari Perempatan pasar Margasari, ambil jalan ke utara sekitar 4 KM.


Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan

20 Tempat Wisata di Tegal yang Sayang Dilewatkan, Keindahan Alamnya Tiada Tara
Perbesar
Jembatan Gantung Danawarih, Tegal.

16. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih adalah tempat wisata di Tegal. Lagi-lagi ini wisata di Tegal yang sangat cocok untuk berswafoto. Jembatan Gantung Danawarih ini merupakan spot yang sangat menarik dan unik.

Semua sudut Jembatan gantung sebagai tempat wisata di Tegal ini dijamin memiliki lokasi atau spot yang Instagramable. Dari atas hingga bawah, satu ujung jembatan ke ujung lainnya, terbukti memiliki nilai sentimentilnya sendiri. Jembatan sebagai tempat wisata di Tegal ini melintasi sungai Kali Gung, yang penuh dengan batu kali besar nan eksotik, memiliki panjang lebih dari 270 meter dan berada di lanskap yang luar biasa.

17. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban adalah tempat wisata di Tegal. Lokasi ini dulunya diresmikan oleh Presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno, pada tahun 1952. Destinasi wisata Tegal ini memiliki luas 40 hektare dengan ketinggian antara 85 m – 600 m dpl.

Waduk Cacaban sebagai tempat wisata di Tegal sudah dilengkapi warung makan apung, areal pemancingan, wisata air, perahu dayung, kapal motor, musala, dan gardu pandang, sehingga wisatawan dapat menikmati hamparan luas pemandangan indah Waduk Cacaban.

Terdapat empat pulau di tengah waduk sebagai tempat wisata di Tegal ini. Ada Pulau Kenanga, Pulau Winong, Pulau Gendu, dan Pulau Rayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kapal motor. Di waduk ini wisatawan dapat menikmati suasana yang tenang dan asri, untuk menenangkan jiwa.

18. Gua Lawa

Gua Lawa adalah tempat wisata di Tegal yang sayang dilewatkan. Gua Lawa ini berupa tumpukan batu yang begitu eksotik dan tersusun secara alami, dengan puncaknya yang menjulang. Dari puncak batu tersebut, wisatawan di tempat wisata di Tegal akan disuguhkan dengan pemandangan alam Tegal yang begitu hijau.

Banyak juga spot-spot foto lainnya yang dapat dijelajahi di Gua Lawa ini, selain di puncaknya. Bahkan, banyak juga yang berfoto di jalan menuju puncak, yang menampakkan posisi bebatuan di jalanan yang berbentuk gua.

19. Agro Wisata Kebun Teh Tegal

Tempat wisata di Tegal yang selanjutnya adalah Agro Wisata Kebun Teh Tegal. Produksi teh asal Tegal diklaim punya kualitas terbaik. Tampak dari salah satu kebun teh, yakni Agro Wisata Kebun Teh Tegal yang memiliki pohon teh yang segar. Meski jarang terekspos, kamu harus coba ke sini, buat cari spot foto atau refreshing. 

20. Pantai Purin

Tempat wisata di Tegal yang selanjutnya adalah Pantai Purin. Berbeda dengan pantai di bagian selatan, Pantai Purin yang berada di utara punya ombak lebih tenang. Kamu bisa menikmati keindahannya sembari berjalan ke dermaga kayu di tengah laut. Tak hanya itu, pantai ini dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti kebun binatang mini, waterboom, hingga kolam renang. 

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya