9 Manfaat Daun Ungu Bagi Kesehatan, Dapat Mengatasi Diabetes

Oleh Bimo Bagas Basworo pada 15 Agu 2022, 16:25 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 16:25 WIB
Daun Ungu
Perbesar
Ilustrasi Daun Ungu (Sumber: https://commons.wikimedia.org/)

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai manfaat daun ungu yang telah dikenal oleh masyarakat luas. Daun ungu juga banyak dikenal sebagai Daun Handeuleum.

Daun ungu memiliki nama ilmiah Graptophyllum pictum. Tumbuhan ini awalnya berasal dari wilayah Papua Nugini dan Polinesia. Pada perkembangannya, tanaman ini kemudian diperkenalkan dan menyebar ke wilayah Indochina, Semenanjung Malaya, Filipina, dan tentu saja Indonesia. Di wilayah Jawa sendiri tanaman ini tumbuh sampai pada ketinggian 1250 mdpl.

Daun ungu banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias, khususnya yang memiliki daun berwarna merah. Warna daunnya yang cantik membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya sebagai hiasan guna mempercantik rumah dan halaman mereka. Akan tetapi, daun ungu juga merupakan salah satu tanaman obat. Ada berbagai manfaat daun ungu bagi kesehatan yang sebenarnya sudah diketahui secara luas.

Manfaat daun ungu telah banyak diketahui sebagai obat berbagai macam penyakit. Biasanya tanaman obat ini digunakan untuk meredakan ambeien atau wasir. Akan tetapi, masih ada banyak manfaat daun ungu lainnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Berkut ini dirangkum dari beberapa sumber, Senin (15/08/2022), manfaat daun ungu bagi kesehatan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Mengatasi Ambeien, Peradangan, dan Sembelit

Ilustrasi ambeien
Perbesar
Ilustrasi ambeien. (Photo by atlascompany on Freepik)

1. Mengatasi Ambeien

Daun ungu telah lama terkenal dan digunakan untuk mengatasi ambeien atau wasir. Di dalam tumbuhan ini terdapat kandungan berbagai zat seperti flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid yang dapat membantumu untuk meredakan masalah kesehatan yang satu ini. Di samping itu, kandungan senyawa anti-inflamasi dan analgesik yang terdapat di dalam daun ungu juga dapat membantumu untuk meringankan rasa nyeri di tubuh yang kamu rasakan akibat ambeien.

Akan tetapi, mengkonsumsi daun ungu dapat menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping yang ditimbulkan biasanya bersifat ringan, seperti demam, gatal, anemia, nafsu makan menurun, dan sulit tidur. Oleh sebab itu, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi daun ungu secara rutin.

2. Meredakan Peradangan

Manfaat daun ungu yang selanjutnya ialah untuk meredakan peradangan. Peradangan sendiri merupakan salah satu bagian dalam sistem imunitas atau kekebalan tubuh manusia. Peradangan bisa menjadi kronis (menetap lama). Bila tidak cepat ditangani, sistem imunitas tubuh bisa menyerang jaringan yang sehat.

Di dalam daun ungu terdapat kandungan ekstrak etanol. Zat tersebut disebut-sebut memiliki kemampuan anti-inflamasi dan anti-nyeri. Ekstrak etanol yang terkandung di dalam daun ungu akan membantu tubuh untuk melawan dan meredakan peradangan yang terjadi. Dengan demikian, daun ungu cocok kamu gunakan untuk mengatasi peradangan.

3. Mengatasi Sembelit

Selain dapat membantumu untuk mengatasi ambeien, manfaat daun ungu juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi sembelit. Pasalnya, di dalam daun ungu terdapat kandungan yang memiliki sifat diuretik dan laksatif. Hal ini membuat daun ungu dapat membantumu untuk melunakkan tinja dan mengatasi peradangan pembuluh vena.

Selain itu, daun ungu juga dapat membantumu untuk memperlancar BAB. Kandungan yang bersifat laksatif yang yang terdapat di dalam daun ungu berguna membuat usus untuk berkontraksi sehingga kotoran-kotoran yang ada di dalam perut dapat dengan mudah bergerak di usus.


Menjaga Ginjal dan Kolesterol serta Mengatasi Pembengkakan

ilustrasi ginjal
Perbesar
ilustrasi ginjal (sumber: freepik)

4. Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat daun ungu yang berikutnya ialah baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Mengutip dari artikel yang dilansir di situs web Merdeka.com, di dalam daun ungu memiliki kandungan yang dapat memicu efek nephroprotective. Efek nephroprotective ini memiliki kemampuan untuk melindungi fungsi ginjal. Sebuah penelitian yang mengamati aktivitas nephroprotective dari daun ungu mengungkapkan bahwa aktivitas tersebut dapat engurangi tingkat kreatinin dan urea yang bisa menjaga kerja ginjal.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi merupakan salah satu hal yang ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya, kolesterol tinggi dipercaya dapat menyebabkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung ataupun stroke. Akan tetapi, daun ungu dapat membantumu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Manfaat daun ungu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah tidak terlepas dari kandungan fitosterol yang terdapat di dalam tumbuhan ini. Kandungan fitosterol ini dapat membantu tubuh untuk menekan penyerapan kolesterol dari makanan berlemak yang masuk ke tubuh.

6. Mengatasi Pembengkakan

Pembengkakan adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Pembengkakan sendiri terjadi karena tubuh terlalu banyak menyimpan cairan. Pembengkakan sering terjadi di bagian kaki, tangan, dan wajah. Pembenkakan bisa disebabkan karena terlalu lama berada dalam posisi berdiri ataupun duduk.

Manfaat daun ungu dapat digunakan untuk mengatasi pembengkakan secara efektif. Selain itu, daun ungu juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi karena benturan keras seperti memar.


Mengatasi Diabetes dan Rematik serta Menjaga Kesehatan Gigi

Rematik
Perbesar
Ilustrasi Rematik Credit: pexels.com/Karolina

7. Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang menyerang banyak orang. Penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah keehatan.

Salah satu manfaat daun ungu lainnya bagi kesehatan adalah untuk mengatasi diabetes. Menurut sebuah penelitian dari Institut Pertanian Bogor, daun ungu dapat digunakan sebagai obat diabetes karena mampu membantu tubuh untuk memecah rantai polisakarida dan enzim amilase. Hal tersebut dapat membuat proses pencernaan pati di dalam tubuh menjadi lebih lambat. Selain itu, proses penyerapan glukosa ke dalam sirkulasi darah juga akan semakin lambat.

8. Mengatasi Rematik

Rematik adalah salah satu penyakit yang menyerang tulang atau sendi. Penyakit ini disebabkan oleh penyakit autoimun. Rematik dapat menyebabkan peradangan sendi dalam jangka waktu panjang. Hal ini membuat para penderitanya akan merasakan sakit dan nyeri di persendiannya.

Salah satu manfaat daun ungu bagi kesehatan ialah untuk mengatasi rematik. Cara menggunakan daun ungu untuk mengatasi rematik juga cukup mudah. Kamu hanya perllu menumbuknya sampai halus lalu mengoleskannya pada persendian yang terasa sakit dan nyeri.

9. Baik Bagi Kesehatan Gigi

Munculnya plak gigi adalah suatu kondisi yang umum terjadi. Plak gigi sendiri merupakan lapisan tipis di gigi yang sering kali terbentuk dari sisa makanan yang tertinggal di mulut. Selain itu, plak gigi juga dapat terbentuk karena adanya asupan glukosa yang bereaksi dengan pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans di mulut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menemukan bahwa daun ungu dapat membantu untuk mencegah terbentuknya plak gigi. Hal ini tak terlepas dari kandungan tanin dan flavonoid yang terdapat di dalam daun ungu yang dapat menghambat penyerapan glukosa. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut dan gigi yang menyebabkan plak semakin sulit terbentuk; membuat gigimu lebih cantik dan sehat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya