8 Cara Memakai Eyeliner Mudah Untuk Pemula dan Bentuk Mata yang Cocok

Oleh Woro Anjar Verianty pada 15 Agu 2022, 15:05 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 15:05 WIB
[INFOGRAFIS] Serba Serbi Eyeliner, si Hitam Penghias Mata
Perbesar
Eyeliner, yang menghasilkan garis hitam di sekeliling mata untuk membuat mata seakan bertambah besar dan tajam.

Liputan6.com, Jakarta Cara memakai eyeliner bisa dilakukan dengan melalui beberapa cara tergantung dengan jenis eyeliner yang digunakan. Eyeliner sendiri merupakan salah satu kosmetik yang jadi andalan dalam mempercantik riasan mata, hal ini karena eyeliner berfungsi untuk membuat tampilan mata terlihat lebih besar dan tegas.

Namun sayangnya beberapa orang kesulitan dalam menggunakan eyeliner, terlebih jika anda merupakan seorang pemula yang baru mulai belajar merias wajah. Untuk mengatasinya terdapat beberapa tips cara memakai eyeliner yang bisa dicoba untuk membuat mata terlihat lebih cantik dengan mudah.

Namun sebelum langsung mempraktekan cara memakai eyeliner yang mudah untuk pemula, perlu diperhatikan terlebih dahulu jenis eyeliner yang digunakan. Apakah akan menggunakan pencil eyeliner, liquid eyeliner, atau gel eyeliner.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022). Tentang tips cara memakai eyeliner yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Memakai Eyeliner Mudah dan Tips Praktisnya

Perawatan Kecantikan Berbahaya
Perbesar
Membuat sayap eyeliner menggunakan selotip. Sumber : independent.co.uk.

1. Mulai Dari Tepi Luar

Cara memakai eyeliner yang pertama adalah dengan memulai menggambar dari tepi luar. Pertama, pilih titik di sudut luar mata anda. Mulailah menggambar liner dari sana dan kerjakan dengan ketebalan yang anda inginkan. Mulailah dengan goresan kecil dengan terlebih dahulu membuat batas. Kemudian hubungkan titik ke garis bulu mata bagian atas dan kerjakan ke sudut dalam mata.

 

2. Gambar dan Isi

Ini adalah salah satu cara paling umum tentang bagaimana pemula biasanya menerapkan eyeliner. Alih-alih berakhir seperti panda saat mencoba mencocokkan ketebalan di kedua sisi mata, gambarlah garis luarnya. Setelah anda puas dengan garis tepi pada kedua mata, baru mulai mengisinya. Dengan cara ini, anda tidak perlu berurusan dengan kekacauan saat menghapus kesalahan apa pun.

 

3. Sambukan dan Putuskan

Cara memakai eyeliner yang berikutnya adalah dengan metode sambung dan putus. Sebelum anda mulai, aplikasikan primer agar eyeliner hasil jerih payah anda tidak hilang dalam beberapa jam. Selanjutnya, ambil eyeliner anda dan tambahkan tiga hingga empat titik di atas garis bulu mata bagian atas. Hubungkan mereka untuk membuat garis besar dan isi bagian yang belum terkena eyeliner.

 

4. Mengikuti Garis Bulu Mata

Mengikuti Garis Bulu Mata merupakan metode paling mudah untuk mengaplikasikan eyeliner dalam cara memakai eyeliner dengan mudah. Ambil eyeliner pensil , pegang pelipis anda dengan kuat dengan tangan lain yang tidak digunakan untuk memegang eyeliner. Kemudian anda cukup mengikuti garis bulu mata dengan sapuan kecil menggunakan eyeliner.


Cara Memakai Eyeliner Mudah dan Tips Praktisnya

Eyeliner Tebak Wings dari Chanel Beauty untuk Riasan Wajah Menyambut Tahun Baru
Perbesar
Mata para model didandan liner hitam berlebihan dan sapuan bayangan seperti matahari terbenam. Dengan eyeshadow campuran bronze dan peach, memberikan latar belakang untuk mata kucing yang tajam. Garis grafik dibuat menggunakan LE LINER DE CHANEL di Noir Profond dan STYLO YEUX WATERPROOF. @chanel

5. Gunakan Alat

Tip cara memakai eyeliner yang selanjutnya adalah dengan menggunakan alat. Anda dapat memakai tape dari sudut luar mata ke ujung alis dan menjiplaknya dengan eyeliner. Anda juga bisa menggunakan pinset, sendok atau bahkan penggaris sebagai penggaris agar gambar garis sayap pada mata anda tetap lurus saat menggunakan eyeliner.

  

6. Mulailah dengan Garis Tipis

Cara memakai eyeliner yang berikutnya adalah dengan menggambar 1 garis tipis. Ambil liner cair dan aplikasikan garis tipis sedekat mungkin dengan garis bulu mata bagian atas dari sudut dalam mata keluar. Terus buat dengan garis tipis sampai anda puas dengan ketebalan eyeliner anda.

 

7. Perkuat Genggaman Tangan

Tangan yang gemetar sering mengacaukan eyeliner yang telah dibuat. Jadi pastikan dahulu genggaman tangan anda agar bisa stabil dan tidak gemetar. Letakkan tangan anda di atas meja agar rileks dan tetap stabil, baru kemudian gunakan untuk mengaplikasikan eyeliner.

 

8. Gunakan Eyeliner yang Tepat

Terkadang, yang dibutuhkan untuk mendapatkan mata yang indah hanyalah eyeliner yang tepat. Jika anda menginginkan eyeliner yang halus dan dramatis, pensil tidak akan berfungsi dengan baik. Jika anda menginginkan liner yang sederhana dan tipis, anda mungkin membuat lebih banyak kesalahan dengan liner cair daripada dengan pensil. Pilih liner cair untuk sayap dan pensil berpigmen jika anda menginginkan efek smudge.


Cara Memakai Eyeliner Sesuai dengan Bentuk Mata

Inglot One Move Liquid Eyeliner Eyeliner
Perbesar
Inglot luncurkan ONE MOVE Liquid Eyeliner, untuk bingkai mata dengan mudah dan presisi.

Cara Memakai Eyeliner Sesuai dengan Bentuk Mata

Untuk mendapatkan hasil eyeliner yang sesuai dan cocok dengan wajah anda, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bentuk mata anda. Berikut ini tips cara memakai eyeliner yang sesuai dan cocok dengan jenis bentuk mata.

 

1. Untuk Mata Almond

Jika anda memiliki mata berbentuk almond, tampilan eyeliner apa pun akan terlihat bagus untuk anda. Ingatlah untuk menjaga garis tipis anda di bagian dalam dengan menempel dekat garis bulu mata anda dan lebih tebal di bagian luar dengan secara bertahap membangun ketebalan setelah anda mencapai pupil mata Anda.

  

2. Untuk Mata Bulat

Untuk bentuk mata yang lebih bulat, Anda bisa memanjangkan eyeliner melewati garis mata dan mengaplikasikan eyeshadow warna terang atau eyeliner putih untuk membuka area tersebut. Eyeliner dengan alas tebal yang mengikuti seluruh garis bulu mata juga bisa membuat mata anda terlihat menonjol.


Cara Memakai Eyeliner Sesuai dengan Bentuk Mata

Inglot One Move Liquid Eyeliner Eyeliner
Perbesar
Inglot luncurkan ONE MOVE Liquid Eyeliner, untuk bingkai mata dengan mudah dan presisi.

Untuk Mata Monolid

Cara memakai eyeliner untuk mata monolid sedikit berbeda karena ruang kelopak yang terbatas, perlu menerapkan garis yang lebih tebal agar terlihat. Pertahankan sapuan eyeliner anda dekat dengan garis bulu mata anda dan isi celah apa pun. Lebih baik lagi jika anda dapat membuka mata saat mengaplikasikan liner sehingga anda dapat melihat tampilannya yang sebenarnya di kaca.

 

Untuk Mata Berkerudung

Mirip dengan mereka yang memiliki mata monolid, orang dengan mata berkerudung harus fokus membuat eyeliner mereka terlihat dengan garis panjang dan miring. Jaga agar eyeliner anda tetap rapat ke garis bulu mata anda, lalu goreskan dengan kuas atau ujung pensil anda, sebelum membuat ujung bersudut tajam. Anda juga dapat mengoleskan lapisan maskara yang banyak untuk membantu mencerahkan mata anda.

 

Untuk Mata Turun

Jika anda memiliki mata yang turun, anda perlu menyeimbangkannya dengan tampilan eyeliner yang terangkat. Jaga agar bagian dalam kelopak mata anda tetap tipis dan secara bertahap menebalkannya ke arah ujung. Buat ujung eyeliner memanjang ke atas pada suatu sudut untuk mendapatkan tampilan yang lebih terangkat. Alih-alih memulai eyeliner anda di sepanjang garis bulu mata Anda, aplikasikan hanya ke bagian luar kelopak mata anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya