13 Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan, Memiliki Kandungan Serat Tinggi

Oleh Silvia Estefina Subitmele pada 15 Agu 2022, 14:35 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 14:35 WIB
Manfaat Okra
Perbesar
(sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Buah okra merupakan jenis buah yang sangat lunak juga berlendir. Tanaman ini memiliki bentuk yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya, mirip dengan jari-jari lentik wanita. Oleh karena itu, okra juga dikenal dengan sebutan nama Lady's Finger. Buah okra memiliki bentuk seperti cabai, namun memiliki rasa seperti terung. Buah okra terdiri dari dua varian yakni okra hijau dan okra merah. Kedua varian okra ini memiliki rasa yang sama namun berbeda warna. Tanaman ini umumnya tumbuh di negara yang beriklim tropis, serta berasal dari daerah sekitar Ethiopia dan Asia Selatan. Salah satu manfaat buah okra untuk kesehatan, dapat mencegah anemia juga meningkatkan fungsi ginjal. 

Selain manfaat buah okra yang baik untuk kesehatan, kandungan vitamin, mineral, serta  protein memiliki manfaat untuk kesehatan organ tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan untuk mengonsumsi, karena tekstur okra yang cenderung berlendir dan lengket, terutama ketika dipanaskan, menjadi salah satu alasan mengapa okra kurang diminati.

Manfaat buah okra juga membantu menjaga kesehatan ibu hamil, karena okra memiliki berbagai macam mineral, seperti kalium, magnesium, tembaga, seng, fosfor dan kalsium. Juga mengandung berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, hingga vitamin K. Dalam 100 gram okra yang mentah, kalori yang terkandung di dalamnya adalah 30 kalori, 3 gram serat, 2 gram protein, 7,6 gram karbohidrat, 0,1 gram lemak, 21 mg vitamin C, 88 mcg folate, serta 57 gram magnesium. 

Berikut ini manfaat buah okra yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022). 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Manfaat Buah Okra

ilustrasi mata sehat/pexels
Perbesar
ilustrasi mata sehat/pexels

 

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah okra untuk kesehatan berikutnya, mampu menjaga kesehatan mata. Hal ini berkat kandungan beta karoten, lutein dan xanthin yang ada pada okra. Okra kaya akan beta karoten, lutein, dan xanthin yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah okra lainnya juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Hal ini terkait dengan jumlah vitamin C serta zat antioksidan okra yang tinggi. Vitamin C sendiri dapat merangsang produksi sel darah putih yang menjadi komponen penting dalam sistem kekebalan tubuh. Sementara, zat antioksidan yang dimiliki berperan baik dalam menghancurkan semua radikal bebas yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

3. Menjaga kesehatan rambut

Buah okra merupakan tanaman obat sejenis sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan K. Selain itu, manfaat buah okra juga sangat baik bagi kesehatan rambut dan kulit karena mengandung tembaga, seng, kalium, folat, dan tiamin sehingga rambut akan menjadi lebih berkilau secara alami. Tidak hanya itu, pemakaian okra secara teratur pada rambut juga akan membuat kulit kepala terbebas dari ketombe serta dapat menjaga kelembapan kulit kepala.

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat buah okra diketahui mampu menurunkan kadar gula darah, serta mencegah penyakit diabetes. Serat yang terkandung dalam okra mampu mengendalikan kadar gula atau indeks glikemiks dalam tubuh. Manfaat buah okra juga meningkatkan sensitivitas insulin yang merupakan hormon pengendali gula darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Poorva Dubey and Sunita Mishra dari University (A Central University) Vidya Vihar Lucknow, India pada tahun 2017 menyebutkan bahwa okra memiliki efek anti-diabetik yang mampu menurangi kadar gula dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. 


Manfaat Buah Okra

Menjaga Kesehatan Tulang
Perbesar
Ilustrasi Tulang Kuat Credit: pexels.com/Dominika

5. Menguatkan tulang

Manfaat buah okra untuk kesehatan berikutnya, dapat membantu menguatkan tulang. Hal ini karena okra tinggi folat, serta diketahui bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Sayuran yang kaya Vitamin K seperti Okra juga mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, serta  membantu tubuh menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang dengan lebih baik. Dengan kata lain, mereka yang mengkonsumsi sayuran hijau seperti okra memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit Osteoporosis dan patah tulang.

6. Menurunkan kolesterol

Selain bermanfaat untuk penderita diabetes, manfaat buah okra juga bisa dirasakan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kadar kolesterol tinggi. Serat larut yang ada dalam okra membantu menurunkan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan tingginya risiko stroke dan penyakit jantung. Menurut Harvard Health Publications, serat dapat mengikat lemak di dalam tubuh sehingga lemak tersebut ikut dicerna bersama dengan makanan lainnya. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi buah okra, dapat menurunkan kolesterol. 

7. Mencegah penyakit pada sistem pencernaan

Okra merupakan makanan yang baik untuk diet karena kaya akan serat alami sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Manfaat buah okra untuk kesehatan juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Lendir okra dapat membantu mencegah konstipasi atau sembelit. Tidak hanya itu saja, namun kandungan senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada okra juga bermanfaat untuk mencegah penyakit lambung atau maag dengan mengurangi infeksi akibat bakteri Helicobater Pylori. 


Manfaat Buah Okra

tumis okra orek telur
Perbesar
ilustrasi okra/Photo by Buenosia Carol from Pexels

8. Bersifat anti kanker

Manfaat buah okra juga sebagai sumber antioksidan yang sangat baik serta bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Sifat sehatnya bisa untuk melindungi tubuh dari radikal bebas serta dapat mencegah mutasi sel kanker.

9. Melindungi hati dan jantung

Buah okra juga dikenal memiliki efek hepatoprotektif yang dapat melindungi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas. Senyawa antioksidan juga serat yang terkandung pada okra mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik juga terhindar dari masalah.

10. Mengurangi asma

Manfaat buah okra untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengurangi asma. Hal ini karena okra mengandung akan sejumlah vitamin C serta zat antioksidan. Dengan kandungan tersebut, bisa membantu untuk mengurangi serangan asma secara aktif.


Manfaat Buah Okra

Pengaruh Anemia
Perbesar
Ilustrasi Anemia Credit: pexels.com/Yunalya

11. Mencegah gangguan fungsi ginjal

Manfaat buah okra untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsi okra secara teratur. Cara ini terbukti mampu mencegah gangguan terhadap fungsi ginjal. Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak okra secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memakan okra.

12. Mencegah anemia

Manfaat okra untuk kesehatan juga bisa untuk mencegah anemia. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi buah okra. Kebiasaan seperti  ini akan membantu dalam memproduksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

13. Menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat buah okra selanjutnya juga bisa diperoleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Kandungan folat pada okra mampu membantu perkembangan janin dalam rahim, serta menurunkan risiko cacat ketika lahir. Mengonsumsi okra saat hamil bisa jadi salah satu alternatif untuk memenuhi asupan folat harian dimana dalam 100 gram okra terkandung sekitar 60 mcg folat dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya