12 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

Oleh Woro Anjar Verianty pada 15 Agu 2022, 13:55 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 13:55 WIB
Makanlah Kuaci dan Dapatkan 7 Manfaat Ini
Perbesar
Kuaci dari biji bunga matahari

Liputan6.com, Jakarta Manfaat biji bunga matahari diperoleh dari kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Biji bunga matahari kaya akan serat dengan vitamin seperti Thiamine, Riboflavin, Niacin, asam pantotenat, Folat, Kolin, vitamin B6, vitamin C dan vitamin E yang baik untuk sistem tubuh.

Dibalik ukurannya yang kecil terdapat banyak manfaat biji bunga matahari yang bisa didapatkan dan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikemas dengan banyak nutrisi, biji bunga matahari sebenarnya adalah buah dari bunga matahari (Helianthus annuus). Biji berwarna putih kecil ini terbungkus dalam cangkang hitam keabu-abuan.

Mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, seng dan lain-lain. Manfaat biji bunga matahari yang dikonsumsi juga dapat memberikan senyawa flavonoid dan asam fenolik yang merupakan antioksidan kuat dan dapat mencegah penuaan dini.

Untuk mengetahui dengan lebih baik pemanfaatan biji bunga matahari, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022). Tentang manfaat biji bunga matahari yang baik bagi kesehatan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

biji bunga matahari
Perbesar
ilustasi kuaci/Image by Csaba Nagy from Pixabay

1. Mengurangi Peradangan

Manfaat biji bunga matahari yang pertama adalah untuk mengurangi peradangan. Orang yang menderita peradangan kronis dapat mengonsumsi biji bunga matahari baik secara langsung atau dengan menambahkannya ke sereal sarapan.

Manfaat kesehatan dari biji bunga matahari termasuk sifat anti-inflamasi seperti flavonoid, Vitamin E dan senyawa lainnya. Para ahli telah menemukan bahwa mengonsumsi biji bunga matahari sebagai bagian dari makanan 3-5 kali seminggu secara signifikan menurunkan kerentanan terhadap kondisi akibat peradangan kronis seperti radang sendi atau nyeri sendi.

 

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat biji bunga matahari yang selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Biji bunga matahari kaya akan protein dan serat. Biji bunga matahari membuat kita merasa kenyang untuk waktu yang lama, mengurangi asupan makanan kita dan akhirnya mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi. Hal ini dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan.

 

3. Menjaga Diabetes

Biji bunga matahari bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang menyebabkan kadar gula darah tinggi dalam tubuh anda karena sel-sel tidak merespon insulin sebagaimana mestinya. Beberapa gejala termasuk peningkatan rasa haus dan lapar, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelelahan dan penglihatan kabur. 

 

4. Mengurangi Kolesterol

Manfaat biji bunga matahari berikutnya adalah mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat biji bunga matahari menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Niasin atau vitamin B3 yang ada dalam biji bunga matahari mengurangi kadar kolesterol total dan risiko penyakit jantung. Vitamin B5 atau asam pantotenat dalam biji bunga matahari meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kadar kolesterol total serum.


Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

[Bintang] 9 Makanan dan minuman berkafein yang wajib kamu tahu
Perbesar
Kuaci bunga matahari | Via: plus.google.com

5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Biji bunga matahari kaya akan asam oleat dan linoleat serta rendah lemak jenuh dan natrium. Mereka juga mengandung magnesium, kalium dan serat. Biji bunga matahari membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serum. Mengkonsumsinya juga mengurangi terjadinya aritmia. Semua efek ini membantu melindungi tubuh kita dari terjadinya gangguan penyakit kardiovaskular.

 

6. Mengurangi Risiko Kanker

Beta-sitosterol, fitosterol yang ada dalam biji bunga matahari membantu mencegah kanker payudara. Biji bunga matahari menghambat pertumbuhan sel tumor, mengurangi ukuran tumor dan juga mencegah metastasis. Kehadiran antioksidan kuat dalam biji bunga matahari juga mengurangi risiko kanker. Konsumsi biji ini juga mengurangi kemungkinan kanker usus besar.

 

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Efek meningkatkan kekebalan dari biji bunga matahari adalah karena adanya vitamin E, seng dan selenium di dalamnya. Vitamin E meningkatkan respon imun dan melindungi terhadap beberapa penyakit menular. Ini juga merupakan antioksidan kuat dan mencegah radikal bebas merusak sel-sel sehat dalam tubuh kita.

Seng melindungi tubuh kita dari peradangan, alergi dan patogen yang menyerang, sehingga mencegah infeksi dan meningkatkan kekebalan secara keseluruhan. Selenium mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan. Ini juga membantu mengurangi stres oksidatif dari radikal bebas.

 

8. Sumber Energi

Manfaat biji bunga matahari yang selanjutnya adalah sebagai sumber energi. Biji bunga matahari merupakan sumber tiamin (vitamin B1) yang baik. Tiamin membantu memecah karbohidrat, protein, dan lemak yang ada dalam makanan kita menjadi energi. Mereka juga membantu dalam membangun otot. Segenggam biji bunga matahari bisa memberi anda energi instan saat dikonsumsi.


Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

20150824-6 Makanan Untuk Bantu Detoksifikasi Tubuh Secara Alami-Kuaci
Perbesar
Camilan kaya vitamin E ini ternyata termasuk herbal yang efektif membersihkan organ hati. Biji bunga matahari, atau yang lazim disebut kuaci, juga bisa menyingkirkan racun berbahaya yang beredar di dalam tubuh. (istimewa)

9. Baik Untuk Kulit

Baik untuk kulit adalah manfaat biji bunga matahari yang selanjutnya. Mengkonsumsi biji bunga matahari membuat kulit kita bersinar. Aktivitas antibakteri dan antijamur dari biji ini juga mencegah infeksi, sehingga menjaga kulit kita tetap bersih. Asam oleat dan linoleate dalam biji bunga matahari membantu dalam pembentukan kolagen dan elastin, serta mempercepat penyembuhan luka.

 

10. Menjaga Kehamilan

Manfaat biji bunga matahari juga bisa bermanfaat untuk ibu hamil, Biji bunga matahari sarat dengan Vitamin E, yang merupakan nutrisi yang dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan prenatal. Artinya, Vitamin E membantu perkembangan bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu, biji bunga matahari merupakan sumber nutrisi yang efektif untuk ibu hamil dan bayinya.

 

11. Meringankan Sembelit dan Diare

Makanan berserat tinggi seperti biji bunga matahari dan biji-bijian lainnya berfungsi sebagai pencahar untuk membantu meringankan sembelit . Anda bisa memakannya sendiri atau menambahkannya ke smoothie, sereal sarapan, atau yogurt.

Sifat anti-inflamasi dari biji bunga matahari dapat meredakan sindrom iritasi usus besar. Perlu diperhatikan juga untuk menjaga asupan minum air saat mengonsumsi biji bunga matahari. Karena tanpa air, serat biji bisa lebih berbahaya dan memperburuk sembelit atau diare.

 

12. Mengatur Ketidakseimbangan Estrogen

Biji bunga matahari adalah salah satu sumber fitoestrogen terkaya. Fitoestrogen adalah metabolit nabati. Fitokimia ini secara struktural dan fungsional mirip dengan hormon, terutama estrogen dan testosteron.

Studi mengungkapkan bahwa fitoestrogen, lignan, dan isoflavon memiliki beberapa sifat bermanfaat yang dapat membantu mencegah kanker payudara, kanker prostat, osteoporosis, dan berbagai gangguan pascamenopause. Prekursor tanaman ini juga mengikat reseptor estrogen dalam tubuh Anda dan secara positif dapat mempengaruhi fungsi otak, tulang, hati, jantung, dan reproduksi.


Manfaat Biji Bunga Matahari dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

20150721-6 Makanan Ini Bisa Bantu Sembuhkan Patah Hati 5
Perbesar
Manfaat yang terkandung pada biji-bijjian yang Anda komsumsi, seperti biji bunga matahari atau biji wijen, tidak hanya dapat memenuhi karbohidrat dalam tubuh, melainkan pula kaya akan kandungan kalsium dan zat besi. (Istimewa)

Efek Samping Biji Bunga Matahari:

Banyaknya manfaat biji bunga matahari yang bisa didapat, bukan berarti anda dapat mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena konsumsi biji bunga matahari secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan tubuh diantaranya:

- Kelebihan konsumsi biji bunga matahari dapat menyebabkan muntah, sakit perut dan sembelit.

- Orang yang alergi terhadap biji bunga matahari dapat menunjukkan gejala seperti muntah, ruam, masalah pernapasan, bengkak dan gatal di sekitar mulut, dan lain-lain.

- Biji bunga matahari kaya akan kalori. Mengkonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan penambahan berat badan.

- Biji bunga matahari mengandung jejak kadmium. Makan terlalu banyak biji-bijian bisa berbahaya bagi ginjal kita.

- Makan biji kecambah yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi bakteri (Salmonella).

 

Untuk mendapatkan manfaat biji bunga matahari secara maksimal tanpa menyebabkan efek samping yang membahayakan tubuh, disarankan untuk tidak mengonsumsi biji bunga matahari lebih dari 1 cangkir kecil atau sekitar 30 gram per hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya