Taman Wisata Matahari Bogor: Tiket Masuk, Lokasi, dan Wahana

Oleh Bimo Bagas Basworo pada 15 Agu 2022, 12:50 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 12:50 WIB
Taman Wisata Matahari
Perbesar
Taman Wisata Matahari Bogor (sumber: https://www.tamanwisatamatahari.id/)

Liputan6.com, Jakarta Pergi berekreasi bersama dengan keluarga adalah salah satu kegiatan favorit untuk mengisi hari libur. Berekreasi dengan keluarga tidak hanya dapat membantu untuk berelaksasi dan beristirahat dari kejenuhan serta keletihan yang menumpuk akibat tuntutan pekerjaan ataupun pendidikan saja. Menghabiskan waktu bersama keluarga juga dapat meningkatkan hubungan harmonismu dengan anggota keluarga yang lain.

Salah satu destinasi wisata favorit untuk berekreasi dan berlibur bersama keluarga ialah taman wisata. Taman wisata menyediakan berbagai aktivitas yang membuatnya cocok untuk kamu kunjungi dengan keluarga. Untuk kamu yang tinggal di wilayah Jabodetabek atau yang berlibur ke daerah ini, ada berbagai taman wisata yang dapat kamu kunjungi, di antaranya adalah Taman Wisata Matahari Bogor.

Taman Wisata Matahari Bogor adalah taman wisata yang terletak tidak jauh dari ibu kota. Taman wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang terletak di daerah Bogor. Taman Wisata Matahari Bogor menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap yang dapat menghibur para wisatawan yang berkunjung.

Berikut ini berbagai informasi terkait dengan Taman Wisata Matahari Bogor yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, (15/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Lokasi Taman Wisata Matahari Bogor

Taman Wisata Matahari
Perbesar
Taman Wisata Matahari (sumber: https://www.tamanwisatamatahari.id/)

Taman Wisata Matahari Bogor menjadi salah satu tempat wisata yang populer di masyarakat karena letaknya yang strategis dan mudah untuk di jangkau. Taman wisata ini berada tepat di tepi jalan raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Daerah Puncak sendiri merupakan salah satu destinasi wisata favorit, khususnya bagi para penduduk ibu kota dan sekitarnya. Daerah ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan setiap hari libur.

Kalau kamu ingin berkunjung ke Taman Wisata Matahari Bogor pada hari libur, seperti pada akhir pekan atau tanggal merah, kamu sebaiknya berangkat sedini mungkin. Hal ini perlu untuk kamu lakukan supaya terhindar dari macetnya jalanan menuju puncak yang selalu dipadati dengan para wisatawan pada setiap hari libur.

Untuk mencapai Taman Wisata Matahari Bogor, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa langsung menuju ke arah Ciawi dengan melalui Tol Jagorawi. Keluarlah di gerbang tol Gadog lalu arahkan kendaraan pribadimu menuju ke arah Jalan Raya Puncak. Biasanya jalanan masih cukup lenggang dan tidak macet apabila kamu tiba di daerah ini sebelum pukul 6 pagi.

Taman Wisata Matahari Bogor juga cukup mudah untuk kamu capai dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa menggunakan KRL Commuter Line dan turun di Stasiun Bogor. Setelah itu, kamu bisa langsung menuju ke taman wisata tersebut dengan menggunakan taksi online.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan angkot untuk menuju ke Taman Wisata Matahari Bogor. Kamu bisa naik angkot jurusan terminal Baranangsiang yang biasanya mangkal di Jalan Kapten Muslihat (di samping Taman Topi). Setelah itu, turunlah di seberang terminal dan naik angkot jurusan Cisarua. Kamu bisa turun tepat di depan gerbang utama Taman Wisata Matahari Bogor.


2. Harga Tiket dan Jam Buka

Taman Wisata Matahari
Perbesar
Taman Wisata Matahari (sumber: https://www.tamanwisatamatahari.id/)

Harga tiket masuk Taman Wisata Matahari Bogor juga cukup terjangkau; membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu. Mengutip dari situs milik pengelola, wisatawan lokal hanya perlu membayar sebesar Rp. 60.000,- per orang. Sementara itu, harga tiket untuk wisatawan asing dipatok sebesar Rp. 150.000,- per orang. Anak-anak dengan tinggi badan di atas 80 cm harus membayar tiket masuk.

Dengan membayar tiket masuk tersebut, kamu sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di Taman Wisata Matahari Bogor. Dengan membayar tiket tersebut, kamu dapat menikmati 6 wahana yang ada secara gratis, yang meliputi Perahu Dayung Naga, Mobil Warawiri, Kereta Klasik, Fantasy Land, Taman Rusa, dan Taman Kelinci. Selain itu, para pengunjung juga mendapatkan nasi goreng, air mineral, dan es krim yang termasuk di dalam tiket tersebut.

Pengelola juga menyiapkan berbagai macam paket bagi wisatawan yang ingin berkunjung dengan kelompok besar. Di sini, pengelola menyediakan beragam paket seperti paket Family Gathering, Outbound, Paket Perpisahan Sekolah, dan lainnya. Harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp. 185.000,- hingga Rp. 650.000 per orangnya.

Taman Wisata Matahari Bogor buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Jam buka ini berlaku setiap hari, termasuk pada akhir pekan dan juga hari libur lainnya.


3. Fasilitas Taman Wisata Matahari Bogor

Taman Wisata Matahari
Perbesar
Taman Wisata Matahari (sumber: https://www.tamanwisatamatahari.id/)

Taman Wisata Matahari Bogor menyediakan berbagai wahana yang dapat dikunjungi dan dinikmati oleh para wisatawan yang datang ke sini. Wahana yang disediakan oleh para pengelola juga cukup lengkap, mulai dari wahana edukasi, wisata air, permainan, hingga petualangan. Berikut ini adalah beberapa wahana yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di taman wisata ini:

A. Wahana Edukasi

Wahana pertama yang tersedia di Taman Wisata Matahari Bogor ialah wahana edukasi. Ada berbagai wahana edukasi yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan di taman wisata ini. Pertama ialah wahana edukasi agro sawah, di mana para pengunjung akan diajak untuk belajar dan mengenal berbagai aktivitas menanam padi. Di sini para pengunjung dapat ikut merasakan membajak sawah dengan kerbau, menanam padi, menumbuk padi, hingga memandikan kerbau.

Selain belajar cara menanam padi, para pengunjung juga dapat belajar cara menanam sayur dan buah-buahan di wahana edukasi agro sayur. Di sini para pengunjung dapat belajar berbagai kegiatan seperti mengenal berbagai jenis jamur dan sayuran, membuat pupuk kompos, praktik menanam dan memanen sayuran, hingga memberi makan kelinci dan kambing.

Di Taman Wisata Matahari Bogor juga terdapat berbagai wahana edukasi lainnya seperti wahana edukasi penerbangan, di mana para wisatawan dapat masuk ke dalam pesawat Boeing 737-200 dan berkeliling di dalamnya. Para wisatawan juga dapat belajar berbagai hal mengenai lalu lintas di taman lalu lintas. Pengelola juga menyediakan Taman Burung dan Taman Reptil sebagai wahana di mana para pengunjung dapat mengenal berbagai jenis burung dan reptil. Selain itu, di sini juga terdapat wahana Outbound untuk anak-anak di mana mereka diajak belajar banyak hal, seperti melatih kerjasama kelompok, keberanian, petualangan, dan kemampuan berpikir cepat.

B. Wahana Air

Wahana berikutnya yang tersedia di Taman Wisata Matahari ialah Wahana Air. Di sini pengunjung dapat mencicipi beragam wahana air, mulai dari Water Park, Bumper Boat, Paddle Boat, Perahu Dayung Naga, Perahu Karet, Perahu Kayak, Speed Boat, Sepeda Air, Perahu Naga dan lain-lain.

Untuk fasilitas Perahu Dayung Naga dapat kamu nikmati secara gratis karena sudah termasuk di dalam tiket masuk. Akan tetapi, untuk menikmati fasilitas wahana air lainnya para pengunjung harus mengeluarkan biaya lebih. Biaya yag harus kamu lakukan untuk menikmati wahana lainnya berkisar antara Rp. 10.000,- hingga Rp. 30.000,- per wahana.

C. Wahana Permainan

Wahana selanjutnya yang dapat kamu kunjungi di Taman Wisata Matahari Bogor ialah wahana permainan. Ada sederet wahana permainan yang tersedia di taman wisata ini, mulai dari Fantasy Land, X-Dimo, Citra Play Park, Wahana Trampolin, Roller Coaster Mini, dan juga Glow in the Dark.

Di dalam wahana-wahana tersebut terdapat berbagai wahana lain yang cocok untuk kamu nikmati bersama dengan keluargamu. Untuk menikmati berbagai wahana permainan yang tersedia, para pengunjung juga harus mengeluarkan biaya tambahan.

D. Wahana Petualangan

Wahana terakhir yang terdapat di Taman Wisata Matahari Bogor ialah wahana petualangan. Di sini terdapat berbagai wahana yang dapat kamu nikmati, beberapa di antaranya juga dapat memicu adrenalinmu.

Di sini kamu dapat berkeliling Taman Wisata Matahari Bogor dengan menggunakan wahana Wara-Wiri dan Kereta Safari. Selain itu, kamu juga dapat bermain Flying Fox, Motor ATV, hingga melakukan arung jeram di Sungai Ciliwung.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya