10 Dollar Berapa Rupiah? Tergantung Kurs, Simak Penjelasannya

Oleh Mabruri Pudyas Salim pada 15 Agu 2022, 11:30 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 11:30 WIB
Rupiah Stagnan Terhadap Dolar AS
Perbesar
Teller tengah menghitung mata uang dolar AS di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta 10 Dollar berapa Rupiah? Tentu saja jawabannya bisa berubah-ubah tergantung kurs yang berlaku. Terlebih lagi, Bank Indonesia sebagai bank sentral menerapkan sistem kurs mengambang. Artinya, nilai kurs diserahkan pada mekanisme pasar.

Dengan menyerahkan kurs pada mekanisme pasar, penawaran dan permintaan, 10 Dollar berapa Rupiah bisa memiliki nilai yang berbeda. Hari ini nilai 10 Dollar berapa Rupiah, tidak akan sama nilainya dengan kemarin atau besok.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami lebih dalam mengenai nilai tukar dan sistem kurs untuk mengetahui nilai 10 Dollar berapa Rupiah.

Beberapa website termasuk website resmi Bank Indonesia (BI) sebenarnya menyediakan fitur di mana kita bisa melihat kurs atau nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing lainnya, termasuk Dollar.

Berikut ini adalah pengertian kurs, sistem kurs, jenis kurs, dan cara mengecek kurs, seperti yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kurs

Kurs sederhananya adalah nilai tukar. Kurs adalah sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat ini atau di kemudian hari, antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah.

Menurut BI, kurs merupakan suatu sistem yang digunakan sebagai acuan transaksi BI dengan pihak ketiga, seperti pemerintah. Kurs Transaksi BI diumumkan sekali setiap hari kerja pada pukul 08.00 WIB.

Kurs juga bisa diartikan sebagai rasio/perbandingan nilai mata uang dalam negeri dan mata uang luar negeri. Kurs valuta asing sering digunakan pada perdagangan internasional sehingga suatu negara sebelum melakukan transaksi pada perdagangan internasional maka akan melihat dan mengamati perkembangan kurs valuta asing.


Sistem Kurs

Rupiah Stagnan Terhadap Dolar AS
Perbesar
Teller menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (10/7/2019). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup stagnan di perdagangan pasar spot hari ini di angka Rp 14.125. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seperti yang dibahas sebelumnya, 1 USD berapa Rupiah ini nilainya tergantung sistem kurs yang diterapkan oleh suatu negara yang diatur oleh bank sentral. Ada tiga jenis kurs, sistem kurs tetap, sistem kurs bebas atau mengambang, dan sistem kurs mengambang terkendali.

Kurs Tetap

Sistem kurs tetap adalah suatu sistem nilai tukar mata uang yang bersifat tetap atau harus mengikuti aturan-aturan yang sudah dibuat oleh bank sentral (pemerintah).

Dalam sistem kurs ini, bank sentral atau pemerintah memiliki peran dalam pasar valuta asing dengan membeli atau menjual valuta asing jika nilai kurs tidak sesuai dengan standar atau aturan yang sudah ditetapkan.

Kurs Mengambang

Sistem kurs mengambang adalah suatu sistem yang nilai tukar mata uangnya dipengaruhi atau ditentukan oleh kekuatan-kekuatan pasar. Penawaran dan permintaan pada mata uang asing akan menentukan nilai mata uang itu sendiri.

Sistem ini bersifat bebas atau akan selalu berubah sehingga bagi para peserta pasar valuta asing harus terus mengamati perkembangan yang terjadi pada kurs mata uang asing.

Sistem kurs inilah yang diterapkan di Indonesia. Karena itulah, 1 USD berapa Rupiah nilainya tidak selalu sama setiap hari. Oleh karena itu kita harus mengeceknya setiap hari untuk mengetahui perubahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar.

Kurs Mengambang Terkendali

Sistem kurs mengambang terkendali adalah suatu sistem nilai valuta asing yang di mana pemerintah dan pasar sama-sama mempunyai hak untuk menentukan nilai tukar valuta asing.


Jenis Kurs

Kurs Rupiah terhadap Dolar
Perbesar
Karyawan bank menunjukkan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Senin (2/11/2020). Nilai tukar rupiah pada perdagangan Senin (2/11) sore ditutup melemah 0,1 persen ke level Rp14.640 per dolar AS, dari perdagangan sebelumnya yaitu Rp14.690 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jenis kurs pun masih dibagi menjadi tiga, yakni kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah. Kurs Jual adalah kurs yang digunakan jika Anda akan menukarkan Rupiah dengan mata uang asing. Sementara Kurs Beli adalah kurs yang digunakan saat Anda hendak menukarkan mata uang asing dengan Rupiah.

Sedangkan kurs tengah adalah salah satu jenis perhitungan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing, di mana nilainya berada di antara kurs jual dan kurs beli. Metode perhitungannya adalah dengan menjumlahkan kurs jual dan kurs beli, yang kemudian hasilnya dibagi dua.


10 Dollar Berapa Rupiah?

Ilustrasi pendanaan, investasi, dolar
Perbesar
Ilustrasi pendanaan, investasi, dolar. Kredit: pasja1000 from Pixabay

Untuk mengecek nilai tukar Rupiah terhadap dolar, sederhananya bisa melalui website yang terpercaya. Karena yang mengatur mengenai sistem kurs adalah bank sentral yang tak lain adalah BI, maka salah satu situs resmi BI bisa dibilang cukup terpercaya untuk mengecek 10 dollar berapa Rupiah.

Pada Senin, 15 Agustus 2022, 1 USD berapa Rupiah, ada dua nilai kurs yang ditampilkan di laman resmi BI, yakni kurs jual dan kurs beli. Berdasarkan kurs jual 1 USD berapa Rupiah adalah Rp14.761,44.

Dengan kata lain, jika ingin menukarkan Rupiah dengan dolar, maka kurs yang berlaku adalah Rp14.761,44. Jika Anda ingin membeli 10 dollar, maka Anda perlu membayar Rp147.614,40.

Berdasarkan kurs jual, 1 USD berapa Rupiah adalah Rp14.614,56. Dengan kata lain, Anda memiliki 10 dollar dan ingin ditukarkan dengan ditukarkan dengan Rupiah, maka yang Anda terima adalah Rp146.145,60.

Nilai tersebut hanya berlaku hari ini saja ketika artikel ini ditulis, yakni pada Senin, 15 Agustus 2022. Untuk mengetahui 10 dollar berapa rupiah pada esok hari, Anda perlu mengecek kurs lagi di website resmi BI.

Dengan kata lain, 10 dollar berapa Rupiah, pada Senin, 15 Agustus 2022, 10 dollar sama dengan Rp147.614,40 berdasarkan kurs jual, dan Rp146.145,60 berdasarkan kurs beli.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya