12 Cara Menumbuhkan Kumis dan Jenggot Dengan Cepat, Secara Alami hingga Medis

Oleh Woro Anjar Verianty pada 15 Agu 2022, 11:20 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 11:20 WIB
[Bintang] Ilustrasi Kumis
Perbesar
Lantas siapa saja artis Indonesia yang memelihara kumis dan jenggot? (foto: liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Cara menumbuhkan kumis dengan cepat bisa dilakukan dengan melalui cara alami atau dengan cara medis. Memiliki kumis yang tebal kerap menjadi keinginan banyak kaum pria, hal ini karena lebatnya kumis yang tumbuh diwajah dianggap dapat membuat diri menjadi terlihat lebih berkharisma dan jantan.

Namun sayangnya tidak semua orang dapat menumbuhkan rambut dengan mudah baik kumis ataupun jenggot karena beberapa faktor seperti hormone atau genetik. Sehingga mereka biasanya mencoba mengakalinya dengan mencari cara menumbuhkan kumis baik secara alami atau dengan medis.

Cara menumbuhkan kumis secara alami bisa dilakukan dengan cara sederhana mulai dari mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur hingga melakukan diet dan mengonsumsi beberapa makanan yang dipercaya memiliki khasiat dapat membantu proses pertumbuhan kumis dan jenggot.

Sedangkan untuk cara menumbuhkan kumis secara medis bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat atau melakukan operasi. Lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang tips cara menumbuhkan kumis, Senin (15/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Cara Menumbuhkan Kumis dan Jenggot Dengan Cepat Secara Medis

Ilustrasi Pria Berjenggot
Perbesar
Selain menjadi simbol kedewasaan, memiliki jenggot atau brewok kini bisa menambah penampilah lebih ganteng dan maskulin.

1. Implan Kumis dan Jenggot

Cara menumbuhkan kumis dan jenggot yan dengan cepat yang pertama adalah melalui implant kumis dan jenggot. Prosedur ini disarankan untuk anda yang memiliki keberanian dan hati yang kuat, hal ini karena meskipun menjamin hasil dengan pertumbuhan janggut yang mengarah ke janggut yang penuh dan rata, implant masih merupakan prosedur pembedahan yang memiliki serangkaian masalah sendiri seperti nyeri lokal, kemerahan, bengkak dan sensitivitas.

 

2. Terapi Hormon

Hormon memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut dan kepadatan folikel rambut. Dihidrotestosteron, turunan dari testosteron, bertanggung jawab atas regresi dan kematian folikel rambut anda. Kebanyakan perawatan hormon, baik dalam bentuk tablet, salep atau injeksi, menargetkan hormon ini.

Dengan terapi hormone anda dapat mendapatkan rambut yang lebih tebal, namun perlu diingat bahwa setiap perubahan dalam keseimbangan hormon Anda dapat memiliki efek negatif pada kesehatan anda. anda harus hati-hati mempertimbangkan risiko dan keuntungan dari jenis perawatan ini dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

3. Minoksidil

Cara menumbuhkan kumis dan jenggot yang selanjutnya adalah dengan minoksidil. Minoxidil pertama kali diperkenalkan sebagai pengobatan untuk hipertensi, dan efek sampingnya yang umum adalah hipertrikosis, yang berarti peningkatan pertumbuhan rambut. Penelitian juga menemukan bahwa menggunakannya langsung pada kulit dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut.

Meskipun umumnya digunakan pada kulit kepala, tampaknya memiliki hasil positif pada rambut wajah yang secara teori akan menyebabkan pertumbuhan janggut dan kumis yang lebat juga. Yang perlu diingat adalah bahwa sama seperti halnya dengan semua jenis obat, Anda mungkin mengalami beberapa efek samping. Sehingga sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

4. Microneedling

Microneedling dilakukan dengan menusuk lubang kecil di wajah anda dengan jarum yang sangat kecil. Microneedling dimaksudkan untuk membantu pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aliran darah ke folikel anda dan mendorong rambut yang lebih sehat.

Dalam penelitian lain menemukan bahwa menggabungkan microneedling dengan penggunaan minoxidil (Rogaine) dapat membantu mengurangi kebotakan pada pria dalam waktu sekitar 12 minggu. Hal ini juga bekerja untuk pertumbuhan janggut dan kumis.


Cara Menumbuhkan Kumis dan Jenggot Dengan Cepat Secara Alami

Ilustrasi Pria Berjenggot
Perbesar
Ilustrasi Pria Berjenggot (pixabay.com)

5. Tetes Minyak Kayu Putih Dicampur Dengan Wijen atau Minyak Zaitun

Minyak kayu putih dapat merangsang pertumbuhan rambut. Tapi, karena kandungannya yang kuat, minyak ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh karena itu, disarankan agar dicampur dengan minyak pendingin apa pun, misalnya minyak wijen atau minyak zaitun.

Ambil setengah cangkir minyak pembawa dan tambahkan setidaknya 20 tetes minyak kayu putih. Pijat minyak jenggot buatan sendiri ini ke kulit anda dan biarkan selama 30 menit, diikuti dengan mencuci dengan air dingin dan dengan sabun lembut.

 

6. Minyak Kelapa

Cara menumbuhkan kumis dan jenggot yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Oleskan dan pijat minyak kelapa pada kumis dan jenggot anda adalah salah satu cara terbaik yang bisa dicoba, anda juga dapat menggabungkannya dengan minyak rosemary.

Anda cukup memijat jenggot anda dengan minyak kelapa saja. Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat, cukup hangatkan minyak sedikit. Oleskan dengan bantuan bola kapas dan diamkan setidaknya selama 15 menit. Untuk hasil terbaik, lakukan ini selama tiga kali seminggu.

 

7. Campuran Lemon Kayu Manis

Lemon kaya akan asam sitrat, kalsium, dan Vitamin C yang membantu mengurangi ketombe pada jenggot sementara kayu manis meningkatkan aliran darah yang kaya nutrisi ke folikel rambut. Keduanya memiliki sifat yang membantu pertumbuhan jenggot.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil kayu manis bubuk dan mencampur beberapa sendok makan jus lemon ke dalamnya. Aduk rata dan biarkan campuran tersebut menempel pada rambut wajah anda setidaknya selama 30 menit. Gunakan air dingin untuk membilasnya.

 

8. Berhenti Merokok

Berhenti merokok menjadi salah satu cara menumbuhkan kumis dan jenggot yang dapat dilakukan untuk anda yang merupakan seorang perokok. Kebiasaan merokok baik aktif maupun pasif telah banyak dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Banyak bahan kimia dalam asap tembakau menyebabkan peradangan dan kerusakan DNA pada pembuluh darah yang menyuburkan folikel rambut. Berhenti merokok memungkinkan kumis dan jenggot anda tumbuh dengan mengurangi kerusakan pembuluh darah dan peradangan.


Cara Menumbuhkan Kumis dan Jenggot Dengan Cepat Secara Alami

Transplantasi jenggot (2)
Perbesar
Ilustrasi transplantasi jenggot (MEDIGO)

9. Konsumsi Protein dan Lemak Jenuh

Protein dan lemak jenuh adalah dua nutrisi penting yang mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan cepat, termasuk pertumbuhan rambut wajah. Ikan dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang bagus. Lemak hewani dan telur juga merupakan bagian dari sumber makanan ini.

Jadi, mengonsumsi lebih banyak makanan sehat ini dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Meskipun demikian, anda juga perlu membatasi asupan lemak ini karena dapat menjadi penyebab masalah peredaran darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

10. Asupan Vitamin Seimbang

Cara menumbuhkan kumis dan jenggot yang selanjutnya adalah menjaga asupan vitamin. Kekurangan mineral bisa menyebabkan lambatnya pertumbuhan rambut. anda membutuhkan keseimbangan vitamin A, C, dan E untuk mendorong pertumbuhan rambut wajah hingga tingkat tertentu.

Vitamin ini membantu menjaga folikel dan sebum untuk meningkatkan sirkulasi serta menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi kumis dan janggut anda untuk tumbuh. Anda dapat menemukannya dalam buah jeruk, tomat, kentang, paprika hijau, dan sayuran hijau berdaun gelap lainnya.

 

11. Minyak Bawang

Menggunakan bawang adalah cara menumbuhkan kumis alami lain yang bisa anda coba. Bawang mengandung banyak belerang yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah kulit, yang mengarah pada peningkatan pertumbuhan rambut janggut.

Jus bawang juga membantu memperkuat rambut dan mencegah kerusakan serta penipisan rambut. Buat campuran madu dan jus bawang. Campur bersama dan konsumsi secara rutin setiap hari. anda juga dapat mengoleskan campuran ini pada kumis anda dan pijat selama 15 menit setiap hari.

 

12. Minyak Jarak

Cara menumbuhkan kumis dan jenggot secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak jarak. Minyak jarak adalah salah satu solusi alami terbaik untuk merangsang pertumbuhan jenggot. Minyak ini juga dapat melindungi wajah dan rambut dari kerusakan lebih lanjut.

Minyak jarak menghidrasi dan menutrisi rambut dari akarnya. Ini juga menebalkan helai rambut. Oleskan beberapa tetes minyak jarak pada jenggot anda dan gosok secara merata. Biarkan semalaman, lalu bilas dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya