Manfaat Vitamin C yang Benar dan Salah, Mencegah Penyakit Kronis

Oleh Laudia Tysara pada 13 Agu 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 18:00 WIB
Gambar Ilustrasi Sumber Vitamin C
Perbesar
Ilustrasi vitamin C. Sumber: Freepik

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui manfaat vitamin C yang benar dan salah, akan memahamkan seberapa penting mengonsumsi vitamin esensial ini. Vitamin C adalah jenis vitamin yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia.

Asupan vitamin C bisa didapatkan dari konsumsi makanan kaya vitamin C dan suplemen vitamin C. Ahli di bidang Nutrisi, Ryan Raman, MS, RD melansir dari Health Line, pada Sabtu (13/8/2022) menjelaskan ada tujuh manfaat vitamin C yang benar. Manfaat vitamin C adalah pada intinya mampu mencegah risiko penyakit kronis seperti infeksi serius, kemudian mencegah masalah jantung hingga demensia.

Selain wajib memahami manfaat vitamin C yang benar, kemudian ketahui manfaat vitamin C yang salah. Manfaat vitamin C yang salah, dijelaskan vitamin C tidak mampu mencegah penyakit flu biasa hingga mengurangi tingkat keparahan dan mempercepat pemulihannya.

Kemudian vitamin C tidak mampu mengurangi risiko kanker, vitamin C tidak mampu melindungi penyakit mata, dan vitamin C tidak mampu mengobati masalah keracunan timbal. Asupan vitamin C harian yang direkomendasikan bagi wanita adalah 75 mg, sementara pria 90 mg.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tujuh manfaat vitamin C yang benar bagi kesehatan, Sabtu (13/8/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Manfaat Vitamin C yang Benar dan Penjelasannya

Hipertensi
Perbesar
Ilustrasi kontrol tekanan darah. Credits: pexels.com by Pavel Danilyuk

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat vitamin C yang benar adalah dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh manusia. Antioksidan adalah molekul yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Inilah mengapa manfaat vitamin C yang benar adalah mampu mengurangi risiko penyakit kronis. Antioksidan dari manfaat vitamin C, melakukannya dengan melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Dijelaskan, studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak vitamin C atau manfaat vitamin C yang benar adalah dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

2. Membantu Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Manfaat vitamin C yang benar adalah mampu membantu mengelola masalah tekanan darah tinggi. Sekitar sepertiga orang dewasa Amerika memiliki tekanan darah tinggi. Padahal, tekanan darah tinggi berisiko menyebabkan penyakit jantung hingga kematian.

Diungkap, penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C atau manfaat vitamin C yang benar dapat membantu menurunkan tekanan darah baik pada mereka yang memiliki dan tanpa tekanan darah tinggi.

Selain itu, analisis terhadap 29 orang ditemukan mengonsumsi suplemen vitamin C mengurangi tekanan darah sistolik (nilai atas) sebesar 3,8 mmHg dan tekanan darah diastolik (nilai yang lebih rendah) sebesar 1,5 mmHg, rata-rata, pada orang dewasa yang sehat.

Sementara, manfaat vitamin C yang benar pada orang dewasa dengan tekanan darah tinggi, ini mampu mengurangi tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan tekanan darah diastolik rata-rata sebesar 1,7 mmHg

Meskipun hasil penelitian manfaat vitamin C ini menjanjikan, tidak jelas apakah efeknya pada tekanan darah bersifat jangka panjang. Selain itu, penderita tekanan darah tinggi tidak boleh mengandalkan vitamin C saja untuk pengobatan.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat vitamin C yang benar adalah mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit jantung berisiko bagi pemilik masalah tekanan darah tinggi, kadar trigliserida atau kolesterol LDL (jahat) yang tinggi, dan kadar kolesterol HDL (baik) yang rendah.

Percaya atau tidak, manfaat vitamin C yang benar dapat membantu mengurangi faktor risiko ini, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Diungkap, analisis dari 9 studi dengan 293.172 peserta gabungan menemukan bahwa setelah 10 tahun, orang yang mengonsumsi setidaknya 700 mg vitamin C setiap hari memiliki risiko penyakit jantung 25% lebih rendah daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

Singkatnya, memang mengonsumsi setidaknya 500 mg vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Akan tetapi, jika sudah mengonsumsi makanan kaya vitamin C, maka suplemen mungkin tidak memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan jantung.

4. Mengurangi Kadar Asam Urat Darah dan Membantu Mencegah Serangan Asam Urat

Manfaat vitamin C yang benar adalah mengurangi kadar asam urat darah dan membantu mencegah serangan asam urat di masa mendatang. Asam urat adalah jenis radang sendi yang mempengaruhi sekitar 4% orang dewasa Amerika.

Asam urat adalah produk limbah yang diproduksi oleh tubuh. Pada tingkat tinggi, sangat berisiko mengkristal dan mengendap di sendi hingga menyebabkan penyakit asam urat.

Menariknya, beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat vitamin C yang benar adalah mampu membantu mengurangi asam urat dalam darah dan, sebagai hasilnya, melindungi dari serangan asam urat.

Meskipun memang ada hubungan yang kuat antara asupan vitamin C atau manfaat vitamin C dan kadar asam urat, studi lebih lanjut tentang efek vitamin C pada asam urat masih sangat diperlukan.


Manfaat Vitamin C yang Benar Selanjutnya

Mengalami Anemia
Perbesar
Ilustrasi anemia/credit: pexels.com/Andrea

5. Membantu Mencegah Kekurangan Zat Besi

Manfaat vitamin C yang benar adalah mampu membantu mencegah kekurangan zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Dijelaskan, suplemen vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin C membantu mengubah zat besi yang diserap dengan buruk, seperti sumber zat besi nabati, menjadi bentuk yang lebih mudah diserap.

Diungkap, sebuah penelitian pada 65 anak dengan anemia defisiensi besi ringan diberi suplemen vitamin C. Para peneliti menemukan bahwa suplemen itu atau manfaat vitamin C mampu membantu mengendalikan anemia mereka.

Bagi yang memiliki kadar zat besi yang rendah, mengonsumsi lebih banyak makanan kaya vitamin C atau mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu meningkatkan kadar zat besi darah. Inilah manfaat vitamin C yang benar.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat vitamin C yang benar adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diungkap, studi menemukan manfaat vitamin C yang benar mampu membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Kemudian, manfaat vitamin C yang benar adalah mampu membantu sel darah putih ini berfungsi lebih efektif sekaligus melindunginya dari kerusakan oleh molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas.

Terakhir, manfaat vitamin C yang benar merupakan bagian penting dari sistem pertahanan kulit. Ini secara aktif diangkut ke kulit, di mana ia dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperkuat penghalang kulit. Itu artinya vitamin C baik untuk kesehatan kulit.

Penelitian yang diungkap, juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mempersingkat waktu penyembuhan luka. Terlebih lagi, kadar vitamin C yang rendah telah dikaitkan dengan hasil kesehatan yang buruk.

7. Melindungi Ingatan dan Akal Sehat

manfaat vitamin C yang benar adalah mampu melindungi ingatan dan akal sehat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Demensia adalah umum menggambarkan gejala pemikiran dan ingatan yang buruk. Ini mempengaruhi lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia dan biasanya terjadi di antara orang dewasa yang lebih tua.

Diungkap, sebuah studi menunjukkan manfaat vitamin C yang benar adalah mampu berperan sebagai antioksidan kuat. Rendahnya tingkat vitamin ini telah dikaitkan dengan gangguan kemampuan berpikir dan mengingat.

Selain itu, asupan manfaat vitamin C yang benar dengan konsumsi yang tinggi dari makanan atau suplemen telah terbukti memiliki efek perlindungan pada pemikiran dan memori seiring bertambahnya usia.

Suplemen vitamin C dengan manfaat vitamin C, dapat membantu melawan kondisi seperti demensia bagi mereka yang tidak mendapatkan cukup vitamin C dari makanan. Namun, sebenarnya penelitian tambahan pada manusia diperlukan untuk memahami efek suplemen vitamin C pada kesehatan sistem saraf.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya